Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jadi Tulang Punggung Keluarga, Ini 6 Fakta Keluarga Dara ‘The Virgin’

Jadi sandwich generation dan biayai keluarga

Natasha Cecilia Anandita

Dara Rizki Ruhiana mulai dikenal publik saat berkarier dengan grup band The Virgin. Sempat meredup, akhir-akhir ini namanya kembali naik setelah bercerita tentang kehidupannya menjadi tulang punggung keluarga. 

Bekerja sejak usia 16 tahun, Dara disebut tak bisa menikmati hasil kerja kerasnya sendiri. Ia harus membiayai keluarganya bahkan adiknya yang juga sudah menikah. Berikut fakta keluarga Dara 'The Virgin' yang kisahnya mencuri perhatian.

1. Keturunan Sunda yang lahir di Tasikmalaya

instagram.com/darathevirgin

Dara Rizki Ruhiana yang lebih dikenal dengan Dara 'The Virgin' adalah seorang artis keturunan Sunda. Ia lahir pada 9 Agustus 1991 di Tasikmalaya, Jawa Barat dari pasangan Asep Ruhiat dan Nunung Mardiana.

2. Sulung dari 3 bersaudara

instagram.com/lutvybilkis

Dara adalah anak sulung dari tiga bersaudara. Ia memiliki satu adik perempuan bernama Lutvy Bilkis dan satu adik laki-laki bernama Salman Alfarizi. Dara terlihat sangat menyayangi adik-adiknya. Banyak foto kebersamaan yang diunggah di media sosial, seperti saat liburan bareng.

Dengan adik laki-lakinya pun, Dara tak ragu untuk skinship dan kerap disangka pacar. Sama dengan Dara, Salman juga suka bernyanyi sambil bermain gitar dan memiliki suara yang bagus. Salman sudah menikah dan memiliki satu orang anak.

3. Orang tuanya sudah berpisah

instagram.com/salmann_r

Orang tua Dara dikabarkan sudah berpisah dan memiliki keluarga masing-masing sejak usianya masih 16 tahun. Ayahnya sudah memiliki istri dan anak dari perkawinan yang baru. Begitu juga sang ibu yang telah berkeluarga lagi. Meski demikian, Dara tetap menjalin hubungan baik dengan kedua orang tuanya. Ia bahkan masih membiayai mereka.

“Soalnya aku dari (umur) 16 tahun, Mama udah punya keluarga lagi, Papa juga udah, adik udah (menikah)," kata Dara dalam sebuah bincang bincang di kanal YouTube Sophie Navita TV.

4. Jadi tulang punggung keluarga di usia belia

instagram.com/darathevirgin

Sejak usia 16 tahun, Dara mengaku sudah menjadi tulang punggung keluarga. Awalnya, saat bergabung ke The Virgin, ia tak ada beban untuk menjadi tulang punggung. Pendapatannya dari panggung ke panggung ia kumpulkan untuk ditabung dan investasi. Tak jarang, ia juga turut membereskan masalah ibu dan ayahnya.

"Cuma (umur) 16 tahun itu, aku sudah jadi tulang punggung keluarga," kata Dara.

"Awalnya sih, nggak, ya Teh pas The Virgin keluar tuh nggak ada beban sama sekali. Cuma ada masalah-masalah yang akhirnya tuh aku, ya itu, ternyata aku kerja tuh yang harus untuk keluarga, ya. Akhirnya aku kumpulin kan dari panggung ke panggung, inves segala macam. Nah, aku kumpulin-kumpulin akhirnya bisa ngebantu tuh dulu Mama sama Papa ada masalah, aku yang beresin masalahnya," cerita Dara.

5. Turut membiayai ibu, ayah, adiknya, dan adik sambungnya

instagram.com/darathevirgin

Dara juga bercerita bagaimana ia menjadi generasi sandwich. Dara mengatakan kalau ia seperti merasa memiliki tiga keluarga yang ia urus. Pertama keluarga ibunya, lalu keluarga ayahnya, dan adik-adiknya.

"Aku biayain Mama, Papa, dan adikku yang cowok sudah punya istri dan anak. Ketika adikku lahiran, aku yang biayain. Aku punya tiga keluarga sekarang. Aku harus biayain adik-adikku, Mama, dan Papa juga," cerita Dara. 

"Pas papaku punya anak dari istri yang ini, aku juga yang biayain," sambungnya.

Dara juga mengatakan ia sempat membiayai kuliah adik perempuannya di Jakarta serta biaya hidupnya. Hingga suatu saat, Dara marah kepada sang adik dan ingin memperlihatkan bagaimana kehidupan yang sesungguhnya. Dara pun mengajak adiknya untuk pindah ke Bali dan bekerja di sana. 

6. Sempat sakit hati karna hasil kerja kerasnya habis di tangan orang tuanya

instagram.com/darathevirgin

Dara diketahui sudah bisa mendapatkan penghasilan sendiri sejak masih 16 tahun. Ketika debut di The Virgin, artis yang juga membuka usaha seblak ceker itu mulai mengumpulkan tabungan dan investasi untuk dipakai kelak saat butuh. 

Namun, ia baru tahu pada 2020 lalu kalau semua investasi dan tabungannya sudah habis. Ia menginvestasikan uangnya dalam bentuk sawah, tanah, dan kolam di Tasikmalaya. Saat ia butuh dan bertanya kepada orang tuanya untuk menjual asetnya tersebut, ternyata tidak ada karena sudah dijual. 

Dara mengaku sedih dan sakit hati kenapa orang tuanya bisa melakukan itu, tapi pelantun "Cinta Terlarang" itu sudah ikhlas. Ia menganggapnya sebagai bakti pada orang tua. Kini, Dara pun sedikit demi sedikit kembali merintis kariernya di dunia musik dan mendirikan usaha di Bali.

Ia juga mulai mengurangi membiayai keluarga ibunya, ayahnya, dan adiknya yang telah menikah. Bukan karena durhaka, tapi menurutnya seharusnya mereka sudah bisa bertanggung jawab untuk keluarga mereka sendiri, dan tiba saatnya ia menikmati hidupnya sendiri juga.

Itulah fakta keluarga Dara 'The Virgin' yang menarik perhatian akhir-akhir ini. 

IDN Channels

Latest from Single