Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cuma Kamu yang Single di Circle? Jangan Takut, Ini Cara Menyikapinya!

Nggak perlu merasa minder atau rendah diri ya, Bela!

Elga Windasari

Memang sedang nggak mau pacaran atau belum ketemu laki-laki yang tepat, menjadi satu-satunya orang yang single di circle pertemanan memang bisa menjadi tantangan dan kadang sedikit menjengkelkan.

Merasa ditinggalkan karena teman mungkin lebih sibuk dengan pacarnya dan terus-menerus ditanya tentang “kapan punya pacar?” bisa membuatmu jadi malas berteman dengan mereka.

Padahal, menjadi satu-satunya yang jomblo dalam circle pertemanan nggak harus memengaruhi hubungan yang kamu miliki dengan teman-teman atau bahkan dengan diri sendiri.

Berikut adalah beberapa tips, saran, dan perubahan pola pikir yang dapat membantumu tetap seru berteman dengan teman-teman yang sudah punya pasangan dan hanya kamu sendiri yang single.

1. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

pexels.com/olia danilevich

Jika kamu pernah bertanya-tanya "Kenapa aku masih jomblo?" setelah menghabiskan terlalu banyak waktu di media sosial dan melihat foto-foto teman dan pasangannya, ingatlah ini: Berhentilah membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain.

Perbandingan akan mengalihkan perhatianmu dari apa yang sebenarnya kamu inginkan dan butuhkan dalam hidup. Dengan membandingkan diri sendiri, kamu akan berpikir tentang apa yang orang lain miliki yang tidak kamu miliki.

Ini justru bisa berdampak negatif terhadap kesehatan mentalmu, yang bisa membuatmu benci kepada orang-orang yang kamu kenal dan cintai. Akhirnya, kamu akan frustrasi dengan diri sendiri karena nggak punya apa yang mereka punya.

2. Ajak dirimu berkencan

Pexels.com/Nataliya Vaitkevich

Hubungan yang paling penting adalah hubungan yang kamu miliki dengan diri sendiri. Jadi, kamu harus memprioritaskan hal tersebut!

Tak perlu mencari teman untuk menghabiskan Jumat malam atau malam Minggu-mu. Jadwalkan kencan solo dengan pergi makan di restoran yang selama ini ingin kamu coba atau menonton film yang ingin kamu tonton.

Kamu dapat melakukan semua hal ini sendirian dan menikmatinya, bahkan bukan nggak mungkin lebih menyenangkan dibandingkan bersama dengan orang lain.

2. Bersenang-senang saat “berkencan” dengan orang baru

Pexels/Shvets Production

Bertemu dengan orang baru—di aplikasi kencan, misalnya—dan memutuskan “berkencan” atau bertemu secara langsung dengannya, sebenarnya bisa sangat menyenangkan. Asalkan kamu nggak memberi tekanan agar “kencan” tersebut berjalan sempurna.

Jadi, bersenang-senanglah saat “berkencan” dengan orang baru. Siapa tahu, dengan bersenang-senang ini, kamu akan bertemu orang yang cocok denganmu, tanpa adanya tekanan untuk menjadi cocok.

3. Manfaatkan kehidupan single-mu

freepik.com/tonefotografia

Daripada berfokus pada seberapa menyedihkannya kamu tanpa pacar, ubah pola pikir agar kamu bisa melihat seberapa banyak yang dapat kamu lakukan dengan menjadi single.

Meskipun memiliki pasangan terasa menyenangkan, tetapi temanmu pasti pernah mengeluh karena harus lebih pengertian dengan pacarnya yang nggak peka, bergaul dengan teman pacar yang nggak disuka, atau nggak punya banyak waktu untuk diri sendiri.

Sementara kamu, si jomblo ini, nggak punya masalah tersebut.

Jadi, fokuskan diri pada tujuan karier atau pendidikanmu, mulai menabung (karena pacaran menghabiskan banyak uang), memulai hobi baru, makan apa pun yang kamu inginkan tanpa harus berkompromi, dan banyak lagi. Manfaatkan kehidupan single-mu selagi kamu bisa!

4. Tetapkan batasan

Pexels.com/Katya Wolf:

Janjian dengan teman dan ternyata dia muncul bersama pacarnya, bisa terasa sangat menyebalkan. Ini bisa membuatmu merasa seperti orang ketiga di antara mereka.

Jika ini sering terjadi dan mulai mengganggumu atau mempengaruhi hubunganmu dengan si teman, mungkin sudah sekarang saatnya untuk mulai menetapkan beberapa batasan.

Kamu bisa bilang, “Kayaknya kita sudah lama nggak pergi cuma berdua saja, ya” atau sebagainya. Dengan begitu, teman jadi tahu kalau kamu hanya ingin menghabiskan waktu berdua dengannya.

Lalu, kamu juga bisa menyarankan untuk melakukan kegiatan bersama yang nggak bisa melibatkan pasangannya.

5. Bersedia jadi orang ketiga

unsplash.com/Felix Rostig

Maksudnya orang ketiga di sini bukan selingkuhan, ya. Namun, pergi bertiga dengan teman dan pacarnya atau bahkan berlima dengan kedua temanmu dan pacarnya.

Sisi positif dari hal ini adalah kamu bisa semakin mengenal pacar teman dan menambah teman. Selain itu, semakin banyak orang biasanya akan semakin menyenangkan karena semakin ramai.

6. Cari teman jomblo lainnya

Pexels.com/Mikhail Nilov

Jika kamu satu-satunya si jomblo dalam circle pertemanan, mungkin sudah saatnya untuk mulai mencari lebih banyak teman yang juga jomblo sepertimu. Bukan berarti kamu meninggalkan circle yang kamu miliki, tetapi hanya memperluas pertemanan.

Kamu bisa memulai hobi baru, mengambil kelas kursus atau kerajinan, atau menjadi sukarelawan. Di sana, kamu mungkin akan bertemu teman baru, yang sama-sama single, dan memiliki kesamaan denganmu.

7. Jangan memaksa pacaran hanya untuk menyesuaikan diri

Freepik.com

Jika kamu sebenarnya sudah ingin punya pacar, tetapi belum menemukan yang cocok, jangan memaksakan diri berpacaran dengan siapa saja hanya demi menyesuaikan diri dengan circle pertemananmu.

Ini karena memiliki pacar tidak akan langsung membuatmu bahagia, apalagi jika kamu melakukannya dengan orang yang nggak tepat dan dilakukan hanya supaya kamu nggak jadi yang satu-satunya jomblo.

Selain membuang-buang waktu, cara ini juga akan terasa nggak adil untuk pacarmu yang mungkin benar-benar menyukaimu. Jadi, jangan malu menjadi satu-satunya single dalam circle pertemanan ya, Bela.

IDN Channels

Latest from Single