Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Mengasah Intuisi, Suara Hati yang Bawa Pesan Penting

Agar kamu mahir mengambil setiap keputusan dalam hidup

Astri Amalia

Bela, pernahkah kamu mengalami situasi di mana muncul perasaan akan ada hal buruk terjadi, lalu nggak lama setelahnya kejadian buruk benar-benar terjadi?

Apabila jawabannya 'pernah', itulah yang disebut dengan sebuah firasat atau intuisi.

Intuisi diartikan sebagai sebuah 'pengetahuan' atau 'pemahaman' yang dimiliki seseorang tentang sesuatu hal yang akan terjadi di masa depan. Intuisi biasanya datang ketika kamu berdiam diri dan dalam keadaan yang rileks.

Bukan hanya sebagai 'pesan' untuk menebak kejadian di masa depan, intuisi juga berarti ketika seseorang bisa dengan cepat menyesuaikan diri dengan berbagai energi di sebuah ruangan dan memahami perasaan orang lain.

Beberapa orang ada yang terlahir dengan intuisi yang kuat. Namun bukan berarti mereka yang kurang intuitif nggak bisa mengasahnya.

Nah, kali ini Popbela sudah siapkan 8 cara mengasah intuisi khusus untukmu. Yuk, langsung simak poin-poin selengkapnya berikut ini.

1. Meditasi

pexels.com/Felipe Borges

Cara mengasah intuisi yang pertama adalah meditasi. Mengutip laman Skill Share, ketika kamu sibuk mengerjakan sesuatu, maka sulit bagimu untuk terhubung dengan intuisimu. Hal ini disebabkan karena intuisi hanya akan muncul di saat kamu merasa tenang.

Untuk itulah, meditasi atau menghabiskan waktu dalam keheningan dapat membantumu semakin peka dengan intuisimu. Meditasi bisa sesederhana duduk rileks selama lima menit sembari mengatur napas. Jika merasa kesulitan untuk melakukannya sendiri, maka kamu bisa pilih meditasi dengan panduan suara yang tersedia di beberapa platform media sosial.

2. Cek firasatmu

Pexels.com/ANTONI SHKRABA production

Punya firasat grup sepak bola mana yang akan menang? Merasa bahwa besok akan turun hujan meskipun ramalan cuaca mengatakan tidak akan turun hujan? Atau kamu merasa bahwa pacar baru sahabatmu punya red flag meski kamu baru satu kali bertemu dengannya?

Jika firasat semacam ini kerap muncul, cobalah tuliskan firasatmu. Setelahnya kamu bisa melihat apakah firasatmu ini memang benar atau tidak.

3. Habiskan waktu di alam

artilux.com.au

Penelitian menunjukkan bahwa dengan menghabiskan waktu di alam, mampu meningkatkan hormon kebahagiaan, meningkatkan perasaan rileks, mengembalikan kapasitas untuk konsentrasi, hingga mengasah intuisi.

Yup, dengan berada di alam, kamu mampu melepaskan tekanan, menjernihkan pikiran-pikiran yang mengganggu, dan menjadi lebih sadar tentang apa yang kamu rasakan. Hal tersebut yang akan membantu intuisimu semakin tajam.

4. Sadari sensasi tubuhmu

Pexels.com/Vlada Karpovich

Di dunia yang serba cepat, banyak orang yang kesulitan untuk menyadari sensasi tubuhnya. Demi mempertajam intuisi, luangkanlah waktu untuk benar-benar memindai tubuhmu. Sadari dan rasakan setiap sensasi yang dialami tubuhmu, termasuk ketegangan otot yang mungkin hadir karena stres yang belum dilepaskan.

Dengan demikian, kamu akan mampu memahami pesan-pesan halus yang mungkin dikirimkan tubuh kepadamu. 

5. Latih dirimu untuk lebih banyak merasa

Pexels.com/alan-retratos

Manusia modern dituntut untuk terus berpikir dan mengenyampingkan kemampuan super mereka, yakni merasa. Intuisi hanya bisa dipertajam apabila kamu lebih banyak merasa.

Mungkin beberapa orang akan cukup merasa aneh saat mulai belajar merasa atau bahkan takut karenanya. Sebab dengan merasa, kemungkinan ingatan akan kejadian nggak menyenangkan di masa lalu akan hadir.

Jika kamu mengalami hal ini, yakinkan diri bahwa kamu dalam keadaan yang aman lalu biarkan perasaan itu datang dan pergi.

6. Amati orang lain

Pexels.com/RODNAE Productions

Kamu juga bisa, lho, mengasah intuisimu dengan mengamati orang lain. Caranya cukup mudah, yakni dengan merasakan ciri atau kepribadian mereka sebelum kamu berbicara dengannya. Semakin lama kamu memperhatikan mereka, lambat laun kamu akan mampu mengetahui hal-hal yang nggak mungkin kamu bisa pahami dengan pikiran logismu alias semakin intuitif.

7. Menulis jurnal

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Faktanya, menulis jurnal bisa jadi cara ampuh untuk mempertajam intuisimu. Yup, menulis jurnal dapat membantumu terhubung dengan alam bawah sadar dan membiarkan segala perasaan yang terpendam untuk muncul ke permukaan.

Untuk memulainya, cobalah luangkan waktu 10 hingga 15 menit sehari untuk menuangkan segala pikiran yang muncul kala itu di dalam sebuah jurnal. Tulislah secara bebas dan tanpa sensor. Kamu juga bisa menuliskan kejadian apa pun yang mungkin menganggumu di masa lalu atau kekhawatiranmu di masa depan.

8. Buat vision board

Freepik.com/freepik

Cara mengasah intuisi yang terakhir adalah membuat vision board atau papan impianmu. Coba tanyakan pada dirimu, seperti apa gambaran masa depanmu? Jika nggak ada yang menghalangimu, apakah impian terbesar yang ingin kamu wujudkan di masa depan?

Tulislah secara merinci kemudian kamu bisa jabarkan langkah nyata untuk mewujudkannya.

Namun, apabila kamu merasa kesulitan atau merasa nggak nyaman dalam menjelaskan langkah untuk mewujudkan impianmu, besar kemungkinan masih ada mental blocks atau rasa ketidakyakinan dalam diri yang berasal dari pikiran bawah sadar yang perlu kamu bersihkan.

Mental blocks bisa berasal dari trauma di masa lalu, seperti halnya ketika kamu tumbuh besar di sekitar orang-orang yang kerap meremehkan impianmu. Hal ini bisa menghalangimu untuk mewujudkan impianmu di masa kini.

Untuk mulai membersihkannya, dalam keadaan rileks, cobalah berdamai dengan hal tersebut, lalu yakinkan dirimu bahwa apa yang orang lain katakan di masa lalu bukanlah sebuah kebenaran dan kamu punya kekuatan untuk mengubahnya.

Jadi itulah 8 cara mengasah intuisi. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, Bela!

IDN Channels

Latest from Single