Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Polyglutamic Acid dan Manfaatnya untuk Kulit

Jauh bisa melembapkan kulit dibandingkan hyaluronic acid

Aulia Fitria

Ada banyak sekali kandungan yang ditemukan di dalam produk perawatan kulit yang berfungsi membuat kulit menjadi lembap, salah satunya adalah polygultamic acid. Polyglutamic acid adalah asam amino yang diperoleh dari hasil fermentasi bakteri bernama bacillus subtilis.

Cara kerja kandungan yang satu ini mirip dengan kandungan yang mampu melembapkan kulit lainnya, yakni hyaluronic acid, namun polyglutamic acid disebut-sebut mampu memberi kelembapan yang lebih pada kulit jika dibandingkan dengan hyaluronic acid. Apabila digunakan bersamaan, kulit akan terasa jauh lebih lembap.

Tak hanya melembapkan kulit, polyglutamic acid punya manfaat lain untuk kulit.

1. Mengurangi kerutan

pexels.com/RODNAE Productions

Melansir dari Healthline, garis halus dan kerutan tampak begitu jelas ketika kulit mengalami kekeringan. Peran kandungan polyglutamic acid diketahui dapat mengurangi kerutan pada kulit dengan menjaganya agar tetap terhidrasi. 

Tidak hanya itu, berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2014 kandungan polyglutamic acid diketahui jauh lebih mampu melembapkan kulit jika dibandingkan dengan hyaluronic acid.

2. Mengurangi tanda-tanda penuaan

freepik.com/senivpetro

Tanda-tanda penuaan seperti kulit kendur juga bisa diminimalisir dengan penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung polyglutamic acid

Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2017, polyglutamic acid dapat menghambat enzim yang disebut sebagai hyaluronidase, sehingga kulit lebih banyak menghasilkan hyaluronic acid dan hal ini membuat kulit tampak lebih elastis.

3. Mempercepat penyembuhan luka

freepik.com/freepik

Polyglutamic acid juga dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal ini sudah dibuktikan lewat sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 dan kandungan ini terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka pada hewan.

Penelitian pada tahun 2016 terkait ini sudah dilakukan pada manusia dan hasilnya menunjukkan bahwa kandungan ini berpotensi memberi manfaat untuk penyembuhan luka manusia. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui penggunaan yang lebih tepat.

4. Meminimalisir tampilan pori-pori

pexels.com

Polyglutamic acid bekerja melembapkan kulit dan hal ini membuat kulit tampak lebih plump. Tidak berhenti sampai di sana, kulit yang terhidrasi dengan baik juga membuat tampilan pori-pori menjadi lebih kecil.

Hal ini membuat pengaplikasian riasan menjadi lebih mudah dan hasilnya juga tampak begitu sempurna!

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin