Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Titik Pijat untuk Sesak Nafas Karena Batuk

Menyembuhkan sesak nafas secara alami

Audia Natasha Putri

Pernahkah kamu mengalami sesak napas? Biasanya gejala ini dialami oleh seseorang yang mempunyai gangguan pernapasan, seperti asma dan batuk. Namun tak menutup kemungkinan gangguan kesehatan ini dipicu oleh penyebab lain, seperti batuk, kebiasaan merokok, dan penyakit jantung.

Gejala sesak napas karena batuk digambarkan dengan rasa sesak yang intens di dada, kesulitan bernapas, hingga perasaan tercekik. Kondisi ini tentu membuat rasa tidak nyaman di tenggorokan dan dada, serta sensasi seperti kehabisan oksigen.

Selain minum obat-obatan, terdapat cara alami untuk mengatasi sesak akibat batuk yaitu menggunakan pijat refleksi. Metode pijat refleksi, terutama pada bagian tangan diyakini dapat membantu mengurangi gejala sesak napas.

Beralih ke cara alami dan lebih aman, mari simak 4 titik pijat sesak napas karena batuk yang bisa kamu praktikkan di bawah ini!

1. Titik Hegu (LI4)

freepik.com

Titik pijat sesak napas karena batuk yang pertama adalah titik hegu (LI4). Lokasi pijat ini terletak pada di cekungan antara ibu dan jari telunjuk. Selain menyembuhkan sesak napas, titik pijat ini juga dapat mengatasi flu yang disertai batuk.

Kamu bisa nemulai pijatan dengan menekan titik ini dengan ibu jari dan telunjuk. Selanjutnya, urut bagian ini dengan cukup kuat sampai terasa agak sakit. Lakukan selama 1–2 menit atau sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain mengobati flu dan batuk, pijatan di titik hegu juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit lain. Misalnya, asam lambung, nyeri ulu hati dan maag.

2. Titik Tiantu (REN 22)

reminisceclinic.com

Untuk mengurangi sesak napas akibat batuk, kamu bisa mengatasinya dengan memijat titik Tiantu atau REN22. Titik pijat ini berlokasi di pangkal leher serta cekungan antara tulang selangka kiri dan kanan. 

Saat memijat titik Tiantu, tentu kamu akan merasa tidak nyaman dan ada rasa sedikit sakit. Kamu bisa melakukan pijat Tiantu dengan menggunakan telunjuk dan jari tengah selama 1–2 menit. Selain mengobati batuk, ttitik Tiantu atau REN22 juga membantu meredakan nyeri dada, sakit tenggorokan, dan suara serak.

3. Titik Yingxiang (LI20)

www.pexels.com/Anete Lusina

Beralih ke titik Yingxiang LI20 yang terletak di garis senyum wajah. Tepatnya, titik akupresur LI20 ini berada pada kedua sisi hidung, tepatnya di ujung lipatan nasolabial.

Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat memijat titik ini secara bersamaan dengan menggunakan jari telunjuk. Tekan selama 1–2 detik dan angkat, lalu ulangi gerakan tersebut beberapa kali.

Memijat titik refleksi ini bisa membantumu mengobati penyakit pernapasan, seperti mengatasi hidung tersumbat, sesak nafas, serta mempercepat pemulihan dari batuk dan pilek.

4. Tenggorokan

pexels.com/Yan Krukov

Gejala sesak napas karena batuk juga bisa diatasi dengan memijat titik tenggorokan yang berada di bagian leher. Tepatnya di tengah pangkal antara dada dan leher. Kalau kurang paham, titik ini berada di bawah jakun.

Pijat titik tenggorokan menggunakan jari telunjuk dan berikan sedikit tekanan padanya. Tahan titik ini selama 5 menit untuk meredakannya. Refleksi sederhana ini diyakini dapat meredakan berbagai penyakit tenggorokan dan membantu melancarkan pernapasan.

Memahami titik-titik pijat sesak napas akibat batuk menjadi pertolongan pertama selain mengonsumi obat-obatan. Namun, jika gejala sesak napas tidak kunjung mereda, jangan ragu untuk mencari pertolongan medis, ya!

IDN Channels

Latest from Health