Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Mengatasi Eyeliner Spidol Kering, Jangan Segera Dibuang!

Ternyata masih bisa dipakai lagi, lho

Shavira Annisa

Biar sorot mata kamu makin tajam, pengunaan eyeliner menjadi salah satu cara yang menjadi favorit banyak orang. Eyeliner juga hadir dengan beberapa jenis, salah satunya adalah spidol. Ya, eyeliner spidol dikenal akan kemudahan dalam pengunaannya dan bisa menghasilkan garis yang tajam. 

Namun, masalah yang sering muncul adalah tutup eyeliner yang terbuka, sehingga menyebabkan kering. Untuk itu, Popbela akan berbagai tips mengatasi eyeliner spidol yang kering agar bisa digunakan kembali. Yuk, simak baik-baik, ya!  

1. Rendam ujung eyeliner dalam air hangat

eyeko.co.uk

Salah satu cara paling mudah dan cepat untuk mengatasi eyeliner spidol yang kering adalah dengan merendam ujungnya ke dalam air hangat. Air hangat dapat membantu melarutkan formula eyeliner yang mengeras dan membuatnya kembali cair. Kamu cukup siapkan secangkir kecil air hangat, lalu rendam ujung spidol eyeliner ke dalam air selama sekitar 5-10 menit. Keringkan ujungnya dengan tisu dan eyeliner bisa nyata kembali. 

2. Gunakan cairan pembersih lensa kontak

aoa.org

Cairan pembersih lensa kontak memiliki formula yang lembut dan aman untuk digunakan pada makeup. Cairan ini bisa membantu mengencerkan eyeliner yang sudah mengental atau mengering. Caranya lepaskan bagian ujung spidol dari eyeliner dengan hati-hati. Kamu bisa cabut dengan bantuan pinset.

Tambahkan satu hingga dua tetes cairan pembersih lensa ke dalam tabung eyeliner. Kocok dengan lembut agar cairan tercampur merata. Pasang kembali ujung spidol dan biarkan selama beberapa menit agar cairan benar-benar menyerap. Hasilnya, eyeliner akan kembali cair dan mudah diaplikasikan.

3. Menyimpan eyeliner dengan posisi terbalik

holikaholika.co.id

Penyimpanan eyeliner juga memengaruhi kualitas dan umur penggunaannya. Untuk menjaga agar eyeliner spidol tetap cair dan siap pakai, coba simpan dengan posisi terbalik, yaitu dengan bagian ujung spidol menghadap ke bawah. Posisi ini akan membantu tinta selalu mengalir ke ujungnya dan mencegah eyeliner cepat kering.

4. Menggunakan setting spray

byrdie.com

Setting spray yang biasa digunakan untuk mengunci makeup juga dapat membantu mengencerkan eyeliner yang kering, lho. Kamu bisa menambahkan satu hingga dua tetes setting spray ke dalam tabung eyeliner, lalu kocok agar cairan setting spray merata. Cara  ini akan membantu formula eyeliner lebih cair dan mudah diaplikasikan.

5. Tuang sedikit alkohol

metro.style

Jika eyeliner kamu sangat kering dan air hangat tidak cukup untuk mengatasinya, saatnya mencoba menggunakan sedikit alkohol. Alkohol isopropil 70% atau lebih rendah biasanya aman untuk digunakan dalam jumlah yang sangat sedikit.

Caranya, tambahkan satu tetes alkohol ke dalam tabung eyeliner lalu kocok untuk mencampurnya. Biarkan selama beberapa menit sebelum menggunakannya. Namun, perlu diperahatikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan alkohol, ya. 

Cara mengatasi eyeliner spidol kering sebenarnya cukup mudah dengan beberapa cara sederhana seperti di atas. Jadi, ketika eyeliner kering, jangan buru-buru di buang, ya! 

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Make Up