Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal Petroleum Jelly dan Manfaatnya

Menyembuhkan luka hingga membuat aroma parfum tahan lama

Aulia Fitria

Petroleum jelly merupakan campuran antara minyak mineral dan lilin sehingga memiliki bentuk yang padat. Bukan produk yang asing bagi masyarakat, petroleum jelly banyak digunakan oleh masyarakat untuk merawat kulit dan menjaganya agar tetap lembap sepanjang hari. 

Lebih dari itu, petroleum jelly juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka, mencegah kulit kemerahan akibat penggunaan popok, menghapus riasan mata, mengurangi tampilan rambut bercabang, hingga menjaga aroma parfum agar tahan lama. Untuk mencari tahu informasi lengkapnya, simak informasi di bawah ini!

1. Menyembuhkan luka

freepik.com/freepik

Melansir dari Healthline, petroleum jelly bisa digunakan untuk menyembuhkan luka. Namun, petroleum jelly hanya bisa diaplikasikan pada luka yang tergolong ringan saja.

Sebelum mulai mengaplikasikan petroleum jelly di atas lukamu, pastikan bahwa lukamu sudah dibersihkan. Apabila tidak, bakteri yang menempel di atas luka ini bisa terperangkap dan malah mengganggu proses penyembuhan.

2. Mencegah ruam akibat penggunaan popok

https://www.blogmashendra.com

Seperti yang kamu ketahui bahwa bayi kerap kali mengalami ruam akibat penggunaan popok. Hal ini terjadi lantaran terdapat gesekan antara kulit dengan popok, infeksi jamur, dan juga bakteri.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab ruam popok ini bisa dicegah dengan mengaplikasikan petroleum jelly. Petroleum jelly akan membentuk lapisan pelindung guna menjaga kulit dari paparan kelembapan secara terus menerus.

3. Menghapus riasan mata

makeup.com

Siapa bilang bahwa petroleum jelly ini hanya mampu menjaga kelembapan serta menyembuhkan luka pada kulit saja? Petroleum jelly ini bisa kamu gunakan untuk menghapus riasan terutama di area mata, lho. Ya, petroleum jelly aman diaplikasikan di area mata.

Caranya juga mudah. Cukup aplikasikan petroleum jelly di atas riasan yang ingin kamu hapus, lalu tekan perlahan menggunakan kapas. Perlu diingat, saat menghapus riasan mata, kamu disarankan untuk menutup mata, ya!

4. Mengurangi tampilan rambut bercabang

pexels.com

Petroleum jelly tak hanya digunakan pada kulit saja, tetapi juga bisa diaplikasikan di area rambut yang bermasalah, seperti rambut bercabang misalnya.

Seperti yang kamu ketahui bahwa rambut bercabang ini bisa terjadi lantaran kerap terpapar panas sinar matahari, alat styling, serta bahan kimia. Namun, kamu tidak perlu khawatir sebab produk perawatan multifungsi yang satu ini bisa membantu mengurangi tampilan rambut yang bercabang.

Untuk pengaplikasiannya, ambil sedikit petroleum jelly kemudian ratakan di area telapak tangan, lalu aplikasikan di bagian rambut paling ujung.

5. Menjaga agar aroma parfum tahan lama

freepik.com/freepic.diller

Selain mengaplikasikan pelembap tubuh sebelum menggunakan parfum di atasnya, kamu juga bisa menjadikan petroleum jelly sebagai alternatif pelembap tubuhmu agar aroma parfum menjadi lebih tahan lama.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Health