Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Oily Skin 

Berpotensi menimbulkan jerawat

Aulia Fitria

Oily skin atau kulit berminyak merupakan salah satu dari sekian banyak masalah kulit yang cukup mengganggu. Selain menimbulkan rasa yang tidak nyaman, oily skin juga rentan terhadap timbulnya jerawat lantaran pori-pori tersumbat sehingga minyak serta sel-sel kulit mati menumpuk di folikel rambut.

Minyak berlebih pada kulit juga membuat wajah menjadi berkilap. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir, sebab kamu bisa mengontrolnya agar tidak mengganggu penampilan dan kenyamanan kamu selama beraktivitas. Untuk mencari tahu lebih lanjut tentang oily skin, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Wajah terlihat lebih mengkilap dan cenderung lengket

Prettyblooming.com

Jika kamu mendapati kulitmu mengkilap terutama di area dahi, hidung, dan dagu, maka kulitmu tengah berminyak. Di samping itu, oily skin atau kulit berminyak juga terasa lebih lengket jika dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Lantas, apa yang terjadi ketika kamu memakai riasan?

Usut punya usut, seseorang yang kulitnya berminyak akan kesulitan mempertahankan riasannya sepanjang hari sebab sebum berlebih membuat riasan menjadi cepat luntur. Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab kamu bisa menggunakan riasan wajah yang diformulasikan untuk kulit berminyak.

2. Lingkungan bukan satu-satunya faktor pemicu kulit berminyak

freepik.com

Kulit berminyak ini dipicu oleh berbagai faktor dan kondisi lingkungan seperti cuaca yang panas dan lembap memang memicu kulit untuk memproduksi sebum berlebih. Namun, lingkungan bukan satu-satunya faktor pemicu kulit berminyak. Ketika orang tuamu memiliki kulit berminyak maka ada kemungkinan kamu mengalami hal yang sama.

Kulit berminyak juga bisa disebabkan oleh ketidakcocokan kulitmu dengan produk perawatan kulit atau kosmetik yang kamu gunakan. Di samping itu,perubahan hormon yang terjadi ketika menstruasi dan masa kehamilan juga berpengaruh terhadap perubahan kondisi kulit seseorang. Stres juga bisa membuat kulit berubah menjadi berminyak. Hal ini terjadi lantaran terdapat perubahan hormon di dalam tubuh.

3. Mudah berjerawat

Pinterest

Buat kamu yang memiliki kulit berminyak pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa kulitmu mudah berjerawat? Perlu kamu ketahui bahwa produksi sebum berlebih dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Sebum yang terjebak di dalam pori-pori bersama sel-sel kulit mati dan kotoran dapat membentuk komedo.

Apabila kamu tidak merawat kulitmu, maka komedo ini berpotensi menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak sehingga berubah menjadi jerawat. Untuk itu, kamu perlu membersihkan kulitmu dengan teratur dan yang tak kalah penting adalah pilih produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk kulit berminyak.

4. Agar tidak semakin berminyak, cari produk perawatan kulit yang ringan

Pexels.com/ rawpixel

Dibutuhkan produk perawatan kulit tertentu untuk merawat kulit yang berminyak. Pasalnya, seperti yang kamu ketahui apabila kamu tidak menggunakan produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk kulit berminyak kulitmu bisa tambah berminyak.

Untuk itu, kamu bisa gunakan produk perawatan kulit yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori. Untuk pelembap, kamu bisa pilih produk yang tektsurnya gel atau lotion yang bisa mengontrol produksi minyak.

5. Sempurnakan perawatan kulit berminyak dengan eksfoliasi

freepik.com

Membersihkan sel-sel kulit mati serta merawat komedo pada kulit berminyak merupakan hal yang penting untuk kamu lakukan lantaran jika kamu mengabaikan itu, maka kulitmu bisa berjerawat. Agar hasilnya optimal, kamu bisa menyempurnakan perawatan kulit berminyak dengan eksfoliasi.

Tak hanya mengangkat sel-sel kulit mati dan komedo saja, eksfoliasi kulit juga bisa mengontrol produksi minyak pada kulit. Di sisi lain, eksfoliasi juga nantinya akan mengoptimalkan penyerapan produk perawatan kulit yang kamu aplikasikan sehingga manfaatnya akan sangat terasa untuk kulitmu.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin