Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 5 Manfaat Plank Sebelum Tidur, Wajib Tahu!

Aman dilakukan kapan saja, termasuk malam hari

Aulia Fitria

Plank merupakan latihan kekuatan otot yang memiliki fokus berupa menguatkan otot di area perut serta punggung bagian atas. Plank menjadi salah satu latihan kekuatan otot yang banyak dilakukan lantaran meningkatkan stabilitas tubuh, mencegah cedera terutama di area bagian belakang, bahu, hingga pinggul, plank juga dipercaya mampu memperbaiki postur tubuh seseorang.

Lantas, kapan waktu terbaik melakukan plank? Kamu bisa melakukan plank di pagi hari, bahkan malam hari sebelum tidur. Jika kamu melakukan plank di pagi hari, kamu bisa menjalani aktivitas sepanjang hari dengan fokus. Kalau dilakukan sesaat sebelum tidur, otot tubuhmu menjadi rileks sehingga tidurmu menjadi berkualitas.

Untuk mencari tahu lebih lanjut tentang manfaat plank sebelum tidur, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

1. Tidur menjadi berkualitas

freepik.com/Racool_studio

Plank merupakan salah satu olahraga yang boleh dilakukan sebelum tidur. Usut punya usut, latihan kekuatan otot yang satu ini jika dilakukan sebelum tidur akan membuat tidurmu menjadi berkualitas. Meski diperbolehkan, kamu disarankan untuk melakukan plank beberapa jam sebelum tidur.

Ya, kamu bisa melakukannya satu hingga dua jam sebelum tidur. Langkah ini dilakukan untuk menurunkan suhu tubuh sebelum tidur. Pasalnya, suhu tubuh juga berpengaruh terhadap kenyamanan dan kualitas tidur seseorang.

2. Mengurangi rasa cemas

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tahukah kamu bahwa plank dapat memperbaiki suasana hati? Hal ini terjadi lantaran plank membuat saraf orang yang melakukannya menjadi relaks. Di samping itu, latihan yang satu ini juga dapat melepas hormon endorfin sehingga kamu bebas dari rasa cemas.

Perlu kamu ketahui bahwa rasa cemas membuat seseorang kesulitan untuk tidur lantaran rasa cemas ini memicu terjadinya peningkatan aktivitas pada otak. Rasa cemas juga dapat meningkatkan produksi hormon stres yang mana membuat tubuh berada di dalam keadaan siaga.

3. Mengurangi nyeri punggung

Pexels.com/Karolina Grabowska

Ada beberapa hal yang membuat punggungmu menjadi nyeri, seperti cedera atau ketegangan otot lantaran habis melakukan aktivitas fisik secara berlebihan, berdiri atau duduk dalam waktu yang lama, serta dihadapkan oleh kondisi tertentu seperti skoliosis. Nyeri punggung ini bisa diatasi dengan plank. Ya, ketika kamu melakukan plank dengan rutin maka nyeri punggung perlahan-lahan akan berkurang.

4. Menjaga kesehatan tulang belakang

Pexels/ Karolina Grabowska

Ketika kamu rutin melakukan plank sebelum tidur maka tak hanya kualitas tidurmu saja yang meningkat, tetapi kesehatan tulang terlebih di area tulang belakang juga ikut meningkat, dengan syarat latihan kekuatan otot yang satu ini dilakukan secara rutin dan benar.

Selain itu, kamu juga bisa melengkapi rutinitas olahragamu agar area tulang belakang semakin sehat dengan melakukan stretching dan yoga. Namun, sebelum melakukannya pastikan kamu sudah pemanasan terlebih dahulu. Langkah ini dilakukan agar kamu tidak cedera.

5. Memperbaiki postur tubuh

Freepik.com/zinkevych

Buat kamu yang ingin memiliki postur tubuh nan baik, maka rutinkan untuk melakukan plank. Sebab, plank ini dipercaya mampu memperbaiki postur tubuh seseorang, terlebih bagi kamu yang bekerja di depan laptop atau komputer sepanjang hari.

Tak hanya mengatasi bungkuk, latihan kekuatan otot yang satu ini juga kerap dilakukan oleh seseorang yang memperkuat otot bagian tubuh lainnya seperti punggung atas, bahu, perut, hingga ke kaki.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Health