Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Cara Membantu Pasangan agar Merasa Aman dalam Hubungan

Tunjukan bahwa kamu bisa diandalkan!

Raden Putri

Menciptakan rasa aman dalam suatu hubungan sangat penting agar kedua pasangan merasa dicintai, dipahami, dan nyaman saat menjalin hubungan. Ini tentang memupuk kepercayaan, komunikasi terbuka, dan hubungan emosional satu sama lain. 

Ketika pasangan merasa aman, mereka akan cenderung mengungkapkan pikiran, perasaan, dan kerentanannya tanpa takut dihakimi atau ditolak. Landasan kepercayaan ini yang memungkinkan adanya keintiman dan pemahaman yang lebih dalam, sehingga mendorong hubungan menjadi lebih kuat. 

Di sisi lain, hubungan yang aman juga akan lebih mampu menghadapi tantangan dan menyelesaikan konflik secara damai. Oleh karena itu, setiap orang perlu membantu pasangannya agar merasa aman dalam hubungan yang dijalani.

Melansir dari Times of India, berikut cara membantu pasangan agar merasa aman dalam hubungan. Yuk, simak!

1. Komunikasi yang efektif

Pexels.com/Andres Ayrton

Salah satu pilar hubungan yang aman adalah komunikasi terbuka dan jujur kepada pasangan. Penting untuk memprioritaskan mendengarkan pasangan secara aktif dan menunjukkan minat yang tulus pada apa yang pasanganmu ungkapkan. Dukung dia untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan kekhawatirannya tanpa takut dihakimi. Dengan memupuk lingkungan di mana si dia merasa didengarkan dan dipahami, kamu dapat membangun landasan kepercayaan dan keamanan yang kuat satu sama lain.

2. Konsisten dalam berupaya

Pexels.com/Jep Gambardella

Konsisten dalam tindakan dan perkataan adalah kunci untuk membuat pasangan merasa aman. Tunjukkan tanggung jawabmu dengan menepati janji dan komitmen yang telah dibuat. Mulai dari makan malam bersama, hingga menonton film santai di rumah. 

Apa pun kegiatannya, komitmen harus tetap dipatuhi. Selain itu, konsisten juga dapat membantu pasangan percaya bahwa kamu adalah seseorang yang tepat dan dapat diandalkan. Jadi, rasa aman dalam hubungan pun akan tercipta.

3. Mengekspresikan cinta dan kasih sayang

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Menunjukkan cinta dan kasih sayang secara teratur sangat penting untuk membuat pasangan merasa aman. Hal ini dapat mencakup penegasan cinta secara verbal, gerakan fisik seperti sentuhan dan pelukan, atau perilaku baik yang mengejutkan. Perilaku tersebut dapat berupa mencuci piring, melipat baju, atau melakukan pekerjaan rumah lainnya. Hal ini akan membantu meyakinkan perasaan pasanganmu dan menciptakan suasana yang lebih nyaman dalam hubungan.

4. Buat batasan yang sehat

Pexels.com/DARKMODE CINEMA

Menghormati batasan dan individualitas satu sama lain sangat penting untuk hubungan yang aman. Biarkan pasanganmu memiliki ruang pribadi, minat, dan persahabatan. Percayalah bahwa pasanganmu akan berbagi denganmu tentang apa yang membuatnya nyaman. Hal ini juga, akan memberi dia kebebasan untuk membuat pilihan tanpa merasa dikendalikan. Selain itu, mengakui dan menghormati pasangan akan menjamin perasaan aman dan saling menghormati satu sama lain.

5. Selesaikan konflik

Pexels.com/Vera Arsic

Konflik adalah bagian alami dari hubungan apa pun. Tetapi, cara kamu menanggapinya sangat memengaruhi rasa aman terhadap pasangan dan hubungan. Oleh karena itu, dekati konflik dengan empati, pengertian, dan kemauan untuk mencari solusi bersama. 

Hindari bermain-main dengan saling menyalahkan atau memanfaatkan rasa tidak aman orang lain untuk memenangkan perdebatan. Yakinkan pasanganmu bahwa perbedaan pendapat tidak akan melemahkan cinta dan komitmen satu sama lain. Sebaliknya, permasalahan yang segera dibicarakan justru bisa memperkuat rasa aman dalam hubungan.

6. Apresiasi dan terima kasih

Pexels.com/Vlada Karpovich

Ungkapkan penghargaan dan rasa syukur secara rutin atas kehadiran pasangan di hidupmu. Akui upaya si dia, baik besar maupun kecil, memengaruhi hidupmu. Selain itu, beri tahu juga bahwa kamu menghargainya. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri pasangan dalam hubungan, sehingga membuatnya merasa dihargai dan aman dalam cinta yang kamu berikan.

Itulah rangkuman informasi mengenai cara membantu pasangan agar merasa aman dalam hubungan. Semoga bermanfaat, ya, Bela!

IDN Channels

Latest from Dating