Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Mengeringkan Kutek Gel Tanpa UV, Mudah & Praktis

Ternyata ada cara lainnya, lho

Shavira Annisa

Kini, kutek gel semakin populer karena daya tahannya yang lebih lama dan tampilan yang lebih rapi. Namun, sisi buruknya, kutek gel ini susah dikeringkan, sehingga harus menggunakan lampu UV. Untuk itu, lampu UV selalu digunakan ketika kamu menggunakan kutek gel di salon kecantikan. 

Tapi, ternyata ada juga cara-cara efektif lain untuk mengeringkan kutek gel tanpa bantuan lampu UV. Sehingga kamu bisa menggunakan kutek gel sendiri. Apa saja caranya? Yuk, simak baik-baik cara mengeringkan kutek gel tanpa UV!

1. Menggunakan lampu LED

instyle.com

Meskipun tidak seefektif lampu UV, lampu LED dapat menjadi alternatif yang lebih aman. Beberapa produk kutek gel dirancang untuk bisa mengering dengan bantuan cahaya LED. Lampu LED lebih aman untuk kulit dan lebih hemat energi. Selain itu, keuntungan utama menggunakan lampu LED adalah kecepatannya dalam mengeringkan kutek gel, meski mungkin membutuhkan waktu sedikit lebih lama daripada lampu UV.

2. Spray pengering kuku

beautyandtheprince.weebly.com

Spray pengering kuku bisa menjadi solusi yang praktis. Spray ini dirancang khusus untuk mempercepat pengeringan kutek, termasuk kutek gel. Caranya juga mudah sekali, setelah mengaplikasikan kutek gel, semprotkan spray pengering kuku dari jarak sekitar 15-20 cm dan biarkan kutek mengering. Sekarang ini, spray pengering kuku sudah tersedia di berbagai toko kecantikan dan cukup mudah digunakan.

3. Kipas angin atau hair dryer

instyle.com

Jika kamu tidak memiliki lampu LED atau spray pengering, kipas angin atau hair dryer bisa menjadi alat bantu yang efektif. Meskipun cara ini mungkin membutuhkan waktu lebih lama, angin dari kipas atau panas dari pengering rambut akan membantu mempercepat proses pengeringan kutek gel. Atur panas hair dryer menjadi mode dingin untuk menghindari panas berlebihan yang dapat merusak kutek, ya. 

4. Minyak zaitun atau minyak kelapa

womansworld.com

Minyak alami seperti minyak zaitun atau minyak kelapa ternyata juga dapat membantu mengeringkan kutek gel lebih cepat sekaligus melembapkan kuku dan kulit di sekitarnya. Minyak ini dapat membantu mempercepat pengeringan dengan menciptakan lapisan pelindung pada kutek gel. Kamu cukup oleskan lapisan tipis minyak zaitun atau minyak kelapa pada kuku yang telah dilapisi kutek gel. Diamkan selama 10-15 menit untuk memastikan kutek gel mengering dengan baik.

5. Menghindari lapisan tebal

self.com

Salah satu penyebab utama kutek gel sulit kering tanpa UV adalah aplikasi yang terlalu tebal. Oleh karena itu, penting untuk mengaplikasikan lapisan tipis kutek gel agar lebih mudah kering. Mengaplikasikan beberapa lapisan tipis akan jauh lebih efektif daripada satu lapisan tebal.

Meskipun lampu UV sering digunakan untuk mengeringkan kutek gel, ada banyak alternatif yang dapat kamu coba di rumah, nih. Jadi penasaran untuk mencobanya, Bela? 

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Make Up