Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Apa Itu Henna? Manfaat dan Cara Menggunakannya 

Jadi alternatif tato sementara

Shavira Annisa

Henna merupakan pewarna alami yang telah digunakan selama berabad-abad untuk berbagai kebutuhan, mulai dari menghias tubuh hingga perawatan rambut. Meski sudah ada sejak dulu, namun pengunaan henna masih eksis sampai saat ini. 

Lewat artikel ini, Popbela akan membahas apa itu henna, manfaat, dan cara menggunakannya. Penasaran? Simak baik-baik, ya!

Apa itu henna?

itselixir.com/Apa Itu Henna

Henna berasal dari tanaman lawsonia inermis yang tumbuh di daerah panas seperti Afrika Utara, Timur Tengah, dan India. Daunnya dikeringkan dan digiling menjadi bubuk yang kemudian dicampur dengan cairan seperti air atau jus lemon sehingga menjadi tekstur pasta. Henna terkenal karena menghasilkan warna merah-orange yang khas, tetapi kini juga tersedia dalam variasi warna lainnya seperti hitam dan coklat. 

Manfaat henna

osheaherbals.com/Apa Itu Henna
  • Pewarna rambut alami
    Henna sering digunakan sebagai pewarna rambut alami yang aman. Tidak hanya memberikan warna yang cantik, tetapi juga membantu menutrisi rambut, menjadi lebih kuat, bahkan berkilau. Henna juga dapat mengatasi masalah ketombe dan kulit kepala gatal, lho. 
  • Tato sementara
    Henna sering digunakan untuk membuat tato sementara pada kulit. Tato henna biasanya bertahan selama satu hingga tiga minggu, tergantung pada jenis kulit dan perawatan setelah aplikasi. Tato henna adalah alternatif yang aman dan tidak permanen. 
  • Perawatan kuku
    Henna juga dapat digunakan untuk memperkuat dan menghias kuku. Mengaplikasikan henna pada kuku tidak hanya memberikan warna, tetapi juga membantu melindungi kuku. 

Cara menggunakan henna

goodhousekeeping.com/Apa Itu Henna
  • Persiapan pasta henna
    Untuk membuat pasta henna, campurkan bubuk henna dengan cairan asam seperti jus lemon hingga membentuk pasta kental. Diamkan pasta selama beberapa jam atau semalaman agar warna henna sudah optimal. 
  • Aplikasi pada rambut
    Sebelum mengaplikasikan henna pada rambut, pastikan rambut bersih dan kering. Bagilah rambut menjadi beberapa bagian untuk memudahkan aplikasi. Oleskan pasta henna secara merata dari akar hingga ujung rambut. Setelah itu tutup dengan shower cap dan biarkan selama 1-4 jam. Lalu, bilas rambut hingga bersih dengan air.
  • Aplikasi pada kulit
    Untuk tato henna, pastikan kulit dalam keadaan bersih dan kering. Gunakan alat aplikator lain untuk menggambar desain pada kulit. Biarkan pasta henna mengering selama beberapa jam atau semalaman. Setelah pasta mengering dan mulai retak, gosok pasta dengan lembut tanpa menggunakan air untuk menghapusnya.
  • Perawatan setelah aplikasi 
    Setelah mengaplikasikan henna pada rambut atau kulit, hindari mencuci area tersebut dengan sabun atau sampo selama setidaknya 48 jam. Hal ini akan membantu warna henna bertahan lebih lama dan lebih intens.

Menggunakan henna adalah cara yang alami dan aman untuk melengkapi penampilan kamu. Jadi, tertarik untuk mencobanya, Bela? 

IDN Channels

Latest from Skin