Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Melindungi Rambut dari Panas Matahari dan Alat Styling

Mengaplikasikan heat protectant hingga masker rambut

Aulia Fitria

Selain mengaplikasikan riasan wajah yang apik kamu juga bisa menata rambutmu dengan berbagai macam gaya apabila ingin penampilan tampak maksimal. Namun, diperlukan alat styling untuk menata rambut agar hasilnya kian sempurna. Tetapi, penggunaan alat styling ini perlu diperhatikan lantaran penggunaan yang salah dan berlebihan bisa membuat rambut kering dan parahnya bisa rusak.

Di samping penggunaan alat styling, panas matahari juga bisa membuat rambutmu rusak. Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang rambut rusak. Pasalnya kamu bisa melindungi rambutmu dari panas akibat paparan sinar matahari dan alat styling dengan berbagai tips sederhana di bawah ini, Bela!

1. Aplikasikan heat protectant

Pexels.com/Element5 Digital

Heat protectant adalah perawatan rambut yang dirancang untuk melindungi rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh panas, baik itu panas yang datang secara alami yakni paparan sinar matahari dan juga penggunaan alat styling. Tak hanya melindungi rambut dari panas, heat protectant juga bisa melembapkan rambut.

Lantas, kapan kamu bisa menggunakan heat protectant? Kamu bisa mengaplikasikan produk perawatan rambut yang satu ini sesaat ingin menggunakan alat styling rambut.

2. Gunakan shampo dan conditioner yang menghidrasi rambut

pexels.com/Polina Tankilevitch

Selanjutnya, kamu bisa mulai menggunakan shampo dan conditioner yang berfungsi menghidrasi rambut. Selain memilih shampo dan conditioner yang mampu menjaga hidrasi rambut, kamu tetap harus menggunakan shampo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambutmu.

Pasalnya, rambut bisa kehilangan kelembapan alaminya ketika terpapar panas secara berlebihan sehingga penting bagi kamu untuk menggunakan shampo dan conditioner yang bekerja mengunci kelembapan rambutmu.

3. Tak perlu keramas terlalu sering

freepik.com/tonefotografia

Kamu juga tak perlu keramas terlalu sering. Sebab semakin sering kamu keramas semakin sedikit waktu bagi kulit kepala untuk mengisi kembali minyak alaminya. Kamu juga bisa menyempurnakan proses pencucian rambut dengan mengaplikasikan minyak rambut sebelum keramas.

Namun bukan berarti kamu harus benar-benar jarang keramas. Pasalnya, ketika kamu tidak segera keramas padahal sebenarnya rambut kamu berminyak maka akan terjadi penumpukan minyak yang mana bisa membuat rambut menjadi gatal dan berketombe. Oleh karena itu, keramaslah saat rambutmu sudah mulai berminyak.

4. Hindari kandungan pada hair product yang keras

Shutterstock/Anna Berdnik

Perlu kamu ketahui bahwa pewarna rambut bisa merusak rambut. Hal tersebut bisa bertambah semakin parah apabila kamu kerap kali menggunakan alat styling untuk menata rambut. Pasalnya, bahan kimia dalam pewarna rambut yang keras berpotensi menghilangkan kelembapan rambut dan membuatnya mudah rapuh.

Namun bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan pewarna rambut. Hanya saja ketika memilih pewarna rambut, pilih pewarna rambut dengan kandungan yang aman untuk kesehatan rambut. 

5. Gunakan masker rambut

evalectric.com

Masker rambut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan keindahan rambut. Kandungan pelembap yang ada di dalamnya membuat rambut menjadi terhidrasi. Di samping itu, masker rambut juga bisa membuat rambut tampak halus sehingga mudah untuk ditata. Apabila kamu memiliki masalah rambut yang lain seperti rambut rontok, maka tak ada salahnya untuk mulai mengaplikasikan masker rambut satu hingga dua kali dalam seminggu, tergantung jenis dan kondisi rambutmu saat itu.

IDN Channels

Latest from Hair