Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah yang Aman dan Efektif

Memudarkan bekasnya

Nafi' Khoiriyah

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah kulit ialah dengan mengidentifikasi permasalahannya. Salah satu masalah kulit yang sering dialami adalah bekas jerawat merah. 

Bekas jerawat merah itu merupakan salah satu Post Inflammatory Erythema atau PIE. Jenis bekas jerawat semacam ini akan menimbulkan kemerahan dan keunguan karena membesarnya pembuluh darah akibat inflamasi.  

Nah, cara menghilangkan bekas jerawat merah atau PIE itu antara lain bisa dengan beberapa opsi di bawah ini. 

1. Vitamin C

pexels.com/Antoni Shkraba

Cara menghilangkan bekas jerawat merah yang pertama bisa dengan vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang ada pada kulit manusia.

Kandungan skincare ini diperlukan untuk pembentukan kolagen, mengurangi pigmentasi, dan menetralisir stres oksidatif akibat polusi, radiasi, dan lainnya.

Manfaat dari vitamin C tersebut juga bisa memperkuat dinding kapiler yang berguna untuk mengatasi PIE. Kamu bisa menggunakan serum vitamin C dan membuatnya meresap ke dalam kulit untuk mengatasi bekas jerawat yang kemerahan. 

2. Niacinamide

pexels.com/SHVETS production

Niacinamide selain bisa membuat kulit tetap terhidrasi juga bisa mengendalikan minyak dan menangkal munculnya jerawat mengganggu. Adapun untuk masalah bekas jerawat yang kemerahan atau PIE, kandungan ini memberikan efek anti radang dan memfasilitasi perbaikan serta pemulihan lapisan kulit.

Noda bekas jerawat yang kemerahan pun bisa memudar setelah menggunakan niacinamide. Di sisi lainnya, niacinamide juga bisa mengurangi bintik-bintik jerawat, mencerahkannya, dan membersihkan pori-pori dari bakteri. Kamu bisa menggunakan niacinamide dalam bentuk serum, toner, ataupun dalam pelembap. 

3. Perawatan laser

pexels.com/Anna Shvets

Para ahli dermatologi menggunakan berbagai jenis laser untuk mengatasi masalah kulit, di antaranya adalah intense pulsed light laser dan pulsed dye laser untuk mengatasi PIE atau bekas jerawat yang kemerahan. 

Cara menghilangkan bekas jerawat merah ini bekerja dengan cara menghilangkan area pembuluh darah yang rusak di bawah kulit. Selain itu, perawatan laser tersebut juga mengurangi peradangan dan berperan dan memudarkan warnanya.

Namun, hasil dari perawatan laser untuk mengatasi bekas jerawat kemerahan bisa dilihat dari beberapa kali perawatan. 

4. Microneedling

Freepik.com

Selain perawatan laser, microneedling juga menjadi opsi treatment lainnya untukmu yang mengalami masalah bekas jerawat kemerahan. Microneeding ini menggunakan dermaroller yang berupa jarum-jarum kecil untuk menghasilkan luka kulit yang dangkal. 

Luka pada kulit itu nantinya mendorong kulit untuk memproduksi jaringan baru yang kaya akan kolagen. Bintik dan bekas kemerahan di permukaan wajah pun menjadi hilang setelah prosedur ini. 

Supaya makin maksimal, microneedling bisa dikombinasikan dengan penggunaan serum vitamin C atau tretinoin. Namun perlu diingat, metode microneedling hanya bisa dilakukan di bawah pengawasan dermatologist atau dokter kulit. 

5. Chemical peeling

freepik.com/freepik

Terakhir, cara menghilangkan bekas jerawat merah juga bisa dengan chemical peeling. Seperti namanya, prosedur ini dilakukan dengan cara mengelupas kulit untuk meningkatkan produksi kolagen. Manfaat lainnya dari chemical peeling tentu bisa memperbaiki tampilan PIE.

Chemical peeling dilakukan dengan menggunakan glycolic atau salicylic acid untuk menghilangkan lapisan luar kulit. Namun, perawatan ini tidak boleh digunakan untuk jaringan yang sangat dalam. 

Demikian 5 cara menghilangkan bekas jerawat merah yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa memulainya dari menggunakan bahan skincare tertentu hingga tindakan di bawah pengawasan dermatologist. 

IDN Channels

Latest from Skin