Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Mengatasi Kulit Kepala yang Berminyak dan Gatal

Rambut yang sehat dan berkilau bukan impian!

Mila Fitri Chairunisa

Bagi perempuan, kulit kepala yang berminyak dan terasa gatal bisa menjadi masalah yang menggangu. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelebihan produksi minyak kulit kepala, kebersihan yang buruk, dan ketidakseimbangan hormon. Selain itu, kulit kepala yang berminyak dan terasa gatal membuat penampilanmu tampak tidak segar.

Namun tak perlu khawatir, terdapat berbagai cara yang bisa kamu jadikan solusi untuk mengatasi masalah rambut seperti ini. Nah, Popbela akan membahas lima cara untuk atasi kulit kepala berminyak dan gatal. Simak artikel ini sampai bawah, ya.

1. Pilihlah sampo yang tepat

freepik.com/volodymyr-t

Pilihlah sampo yang diformulasikan khusus untuk mengatasi kulit kepala yang berminyak dan gatal. Gunakan sampo yang mengandung bahan-bahan seperti salisylic acid, ketoconazole, atau zinc pyrithione yang membantu mengurangi produksi minyak dan juga dapat mengatasi ketombe.

2. Keramas dengan benar dan teratur

freepik.com

Cara mencuci rambut atau keramas juga dapat memengaruhi kondisi kulit kepala. Pastikan untuk tidak terlalu sering melakukan keramas, karena akan menghilangkan minyak alami kulit kepala dan membuat rambut menjadi lepek. Selain itu, hindari menggosok kulit kepala terlalu keras yang dapat menyebabkan produksi minyak rambut secara berlebih.

3. Aplikasikan kondisioner secukupnya

freepik.com/gpointstudio

Jika kamu menggunakan kondisioner, pastikan hanya mengaplikasikannya pada ujung rambut dan hindari menyentuh bagian kulit kepala. Apabila kamu menggunakannya secara berlebihan atau terlalu dekat kulit kepala, kondisioner bisa membuat tampilan rambut lebih cepat lepek.

4. Gunakan produk perawatan kulit kepala

freepik.com/sergio_pulp

Terdapat berbagai produk perawatan kulit kepala yang dirancang khusus untuk mengatasi ketombe, gatal-gatal, dan kulit kepala berminyak. Kamu bisa memilih produk yang memiliki kandungan salicylic acid atau tea tree oil yang dapat membantu mengurangi ketombe dan rasa gatal di kulit kepala.

5. Hindari penggunaan produk haircare berbasis minyak

freepik.com

Produk penataan rambut seperti minyak atau gel berbasis minyak, akan membuat kulit kepala semakin berminyak, menyumbat pori-pori kulit kepala, dan menyebabkan iritasi hingga gatal. Usahakan untuk tidak menggunakan produk haircare tersebut dan cobalah gunakan hair serum atau hair tonic .

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Hair