Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Begini Cara Mengatasi Rambut Rusak Akibat Bleaching  

Ketika tidak dirawat dengan baik, rambut menjadi mudah rusak

Aulia Fitria

Bleaching rambut merupakan proses memudarkan warna rambut alami yang bertujuan memudahkan proses pemberian warna rambut baru. Umumnya, bleaching dilakukan apabila seseorang ingin mewarnai rambutnya dengan warna-warna yang terang.

Namun, kamu tidak bisa sembarangan melakukan bleaching rambut sebab teknik mewarnai rambut yang satu ini disebut-sebut dapat berpotensi merusak rambut, terlebih ketika rambut sedang berada di kondisi yang tidak sehat dan mudah patah.

Perlu kamu ketahui juga bahwa rambut yang sudah di bleaching, namun tidak dirawat dengan baik ini akan lebih mudah untuk mengalami kerusakan. Namun, kamu tidak perlu khawatir sebab ada cara-cara yang bisa ditempuh untuk mengatasinya. 

1. Cuci rambut dengan shampo khusus

pexels.com

Alih-alih menggunakan shampo biasa, kamu disarankan untuk menggunakan shampo khusus. Shampo ini kerap disebut sebagai purple shampoo. Purple shampoo adalah shampo toning berwarna ungu yang digunakan untuk mencegah rambut kusam. 

Shampo yang satu ini juga berfungsi mempertahankan warna rambut agar tidak mudah pudar, serta membuat warna rambut tampak begitu terang. Gunakan purple shampoo dua hingga tiga kali dalam seminggu saja.

2. Gunakan masker rambut

goodhousekeeping.com

Di samping memakai shampo khusus, perawatan tambahan lainnya seperti menggunakan masker rambut juga tak boleh kamu lewatkan, Bela. Masker rambut tak hanya berfungsi menjaga rambut agar tetap lembap saja, tetapi membuat rambut tampak lembut dan tentunya membuat rambut tampak sehat.

Tidak perlu mengaplikasikannya setiap hari. Cukup satu kali dalam seminggu saja untuk hasil yang optimal.

3. Hindari menggunakan alat styling selama proses pemulihan

Shutterstock/paulaphoto

Apabila kamu terbiasa menggunakan alat styling seperti catokan serta pengeriting rambut untuk membuat rambut tampak indah, sebaiknya saat proses pemulihan sedang berlangsung, hindari menggunakan peralatan tersebut terlebih dahulu.

Sebab suhu panas bisa membuat rambut menjadi semakin rusak. Kamu bisa kembali menggunakan alat styling dua bulan setelah proses pemulihan rambut selesai. 

4. Potong ujung rambut

pexels.com

Cara lainnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan memotong ujung rambutmu. Memotong ujung rambut setiap beberapa minggu sekali dipercaya bisa mempercepat proses pemulihan rambutmu yang rusak. 

Sebab, rambut bagian ujung mudah bercabang dan ketika tidak segera ditangani, rambut menjadi mudah rapuh.

5. Hindari membilas rambut dengan air panas

pexels.com

Tidak hanya terpapar panas dari alat styling saja, membilas rambut dengan air panas juga tidak disarankan. Sebab, uap dari air panas memicu kutikula rambut terbuka dan membuatnya bertambah rusak.

Alih-alih keramas dengan air panas, kamu bisa keramas dengan air yang suhunya dingin. 

Rambut yang di bleaching harus dirawat dengan saksama, sebab apabila tidak, rambut mudah mengalami kerusakan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena rambut yang rusak akibat bleaching bisa diatasi dengan keramas dengan purple shampoo, masker rambut, tidak menggunakan alat styling selama proses pemulihan, memotong rambut bagian ujung, hingga membilasnya dengan air dingin.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Hair