Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Mengatasi Bibir Gelap, Dijamin Efektif!

Semuanya dimulai dari minum air putih yang cukup

Aulia Fitria

Hampir setiap wanita ingin memiliki bibir merah merona. Tak hanya tampak begitu fresh, memiliki bibir berwarna merah juga bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. 

Namun tak semua warna bibir selalu merah. Ada yang tampak sedikit lebih pucat, ada pula yang bibirnya tampak begitu gelap. Berbicara soal bibir gelap, ada beberapa faktor yang menyebabkan bibir seseorang menjadi gelap.

Paparan sinar matahari, merokok, mengonsumsi obat tertentu hingga mengidap kondisi kesehatan tertentu. Meski bukan hal yang mudah, kamu bisa mengubah warna bibirmu menjadi lebih cerah, lho. Lantas, bagaimana caranya? Simak cara mengatasi bibir gelap di bawah ini!

1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

freepik.com

Minum air putih merupakan rutinitas yang rasanya tidak mungkin dilewatkan oleh siapa saja. Air putih ini sangat dibutuhkan oleh tubuh lantaran dapat mencegah seseorang dari dehidrasi. Tidak berhenti sampai di sana, air putih juga dipercaya bisa mencegah terjadinya bibir kering dan pecah-pecah.

Itulah mengapa memenuhi asupan air putih dengan mengonsumsinya sebanyak dua liter setiap hari menjadi hal yang patut untuk dilakukan, terlebih bagi kamu yang ingin memiliki tubuh sehat.

2. Eksfoliasi

marthastewart.com

Tak hanya tubuh saja yang perlu dibersihkan dari sel-sel kulit mati, bibir juga perlu di eksfoliasi. Selain mengangkat sel-sel kulit mati, eksfoliasi bibir juga bisa membuat bibir kamu tampak lebih cerah. Buat kamu yang sehari-harinya menggunakan lipstik, eksfoliasi bibir juga bisa membuat lipstik yang kamu gunakan terlihat lebih apik.

Untuk eksfoliasinya, kamu bisa gunakan scrub yang diperuntukkan bagi bibir dan lakukan satu hingga dua kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal dan jangan lupa untuk selalu aplikasikan pelembap bibir pasca eksfoliasi.

3. Melindungi bibir dari paparan sinar matahari

freepik.com

Tak hanya kulit saja yang perlu dilindungi dari paparan sinar matahari, kamu juga perlu melindungi bibir dari paparan sinar matahari. Lantas, bagaimana caranya? Cukup aplikasikan pelembap bibir yang dilengkapi oleh SPF maka bibir kamu sudah bebas dari bahaya paparan sinar matahari.

Sama seperti saat kamu menggunakan tabir surya, kamu juga disarankan untuk mengaplikasikan ulang pelembap bibir yang dilengkapi oleh SPF untuk perlindungan yang lebih optimal.

4. Lengkapi perawatan bibirmu dengan lip mask

pexels.com

Kamu bisa melengkapi perawatan bibir dengan menggunakan lip mask. Lip mask ini tak hanya berfungsi melembapkan bibir secara mendalam saja, tetap juga bisa mencerahkan bibir, regenerasi hingga mengurangi garis-garis halus pada bibir kamu. Lantas, kapan saja kamu bisa memakai lip mask?

Kamu bisa menggunakan lip mask sesaat sebelum tidur, saat bibir begitu kering atau saat bibir kamu butuh perawatan lebih. Menggunakannya dua hingga tiga kali dalam seminggu juga sudah cukup, kok.

5. Berhenti merokok

Selain berdampak pada kesehatan tubuh, merokok juga ternyata memiliki efek samping pada kesehatan kulit. Ya, merokok dapat mempercepat terjadinya penuaan dini. Di samping itu, merokok juga bisa membuat bibir kamu berubah menjadi gelap. Oleh karena itu kamu disarankan untuk berhenti merokok apabila tak ingin hal tersebut terjadi padamu.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin