Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Dokter Detektif, Sosok Viral yang Jadi Sorotan

Mengundang pro dan kontra

Shavira Annisa

Dunia skincare Tanah Air kembali ramai usai munculnya Dokter Detektif atau DokTif. Viral di TikTok, Dokter Detektif membongkar sisi lain skincare yang tengah hangat dibicarakan masyarakat. Tentu, unggahannya tersebut mengundang berbagai komentar netizen atau pun skincare owner, apalagi baru-baru ini ia melakukan uji test terhadap beberapa produk dan menemukan hasil yang tidak sesuai dengan klaim. 

Profil singkat Dokter Detektif

TikTok/Dokter Detektif

Dalam salah satu unggahannya di akun TikTok, Dokter Detektif menyebutkan bahwa ia lulus tahun 2007 dan saat itu langsung bekerja di klinik kecantikan. Kala itu, atasannya memberikan kesempatan kepada Dokter Detektif untuk handle klinik kecantikan tersebut. Untuk itu, DokTif mulai belajar meracik formulasi sendiri sejak tahun 2007. 

"Jadi kalau dihitung-hitung, dari tahun 2007 sampai 2024, ternyata DokTif sudah 17 tahun," ujarnya dalam salah satu konten. 

Alasan Dokter Detektif melakukan pengujian pada skincare

TikTok/Dokter Detektif

Kemunculannya di TikTok memang langsung menyita perhatian. Bagaimana tidak, DokTif tanpa ragu mengungkapkan hasil uji lab beberapa produk, dan diantaranya melakukan over claim, yakni apa yang disampaikan oleh brand kecantikan tidak sesuai dengan komposisinya.

Untuk itu, konten yang dibuat oleh Dokter Detektif membantu costumer untuk lebih selektif menggunakan skincare dan tidak termakan janji manis marketing sebuah brand kecantikan. 

Mengundang pro dan kontra

TikTok/Dokter Detektif

Meski tujuannya untuk mengedukasi, konten yang dibuat DokTif ini sukses mengundang pro dan kontra dari netizen. Tak sedikit yang setuju dengan konten yang dibuat oleh DokTif, namun tak sedikit yang mengungkapkan bahwa sebaiknya hasil tes tersebut langsung disampaikan oleh pihak terkait. Menurut kamu seperti apa, Bela? 

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin