Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Manfaat Menggunakan Clay Mask yang Wajib Kamu Ketahui! 

Mengecilkan pori-pori hingga mencegah timbulnya komedo hitam

Aulia Fitria

Mengaplikasikan masker merupakan salah satu rangkaian perawatan kulit yang tak jarang dilewatkan oleh para perempuan. Sebab, masker wajah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Dari sekian banyak jenis masker, ada satu jenis masker yang belakangan ini tengah populer digunakan untuk merawat kulit, yakni clay mask. Clay mask adalah masker berbahan dasar tanah liat. Masker ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, terutama bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat.

Clay mask mampu mengecilkan pori-pori wajah, menyeimbangkan kadar minyak di kulit, menyerap minyak berlebih, mencerahkan wajah, hingga mencegah komedo hitam. Untuk mencari tahu manfaat clay mask lebih lengkap, simak artikel di bawah ini!

1. Mengecilkan pori-pori wajah

bustle.com

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab besarnya pori-pori seseorang, seperti perubahan hormon, paparan sinar matahari, pori-pori tersumbat, jarang melakukan double cleansing, hingga menggosok wajah terlalu kasar.

Namun, pori-pori wajah bisa mengecil apabila kamu mengaplikasikan clay mask. Ya, perlu kamu ketahui bahwa clay mask mampu mengecilkan pori-pori dengan menarik serta mengikat kotoran keluar pori-pori. Clay mask juga dapat membersihkan kotoran pada kulit yang berlebih.

2. Menyeimbangkan kadar minyak

stylecaster.com

Minyak berlebih merupakan salah satu masalah kulit yang terbilang cukup mengganggu. Namun, clay mask bisa mengatasi masalah kulitmu yang mengganggu itu!

Tak hanya menarik keluar kotoran yang ada di dalam pori-pori, clay mask juga mampu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit tanpa mengurangi kadar air di dalam kulit sehingga kamu tidak perlu khawatir bahwa kulit akan kering akibat penggunaan masker wajah yang satu ini.

3. Menyerap minyak berlebih

cutypaste.com

Seperti yang kamu ketahui ada banyak faktor yang menyebabkan kulit memproduksi minyak dalam jumlah yang banyak, mulai dari gangguan hormon hingga tubuh kerap berkeringat. Clay mask ini tak hanya mampu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit, tetapi juga dipercaya mampu menyerap minyak berlebih.

4. Mencerahkan wajah

pexels.com

Ada banyak sekali rangkaian perawatan kulit yang bisa mencerahkan wajah, yakni dengan menggunakan tabir surya, serta mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C dan niacinamide.

Tidak berhenti sampai di sana, kamu juga bisa menggunakan clay mask untuk membuat kulit tampak lebih cerah. Ya, kamu bisa menyamarkan noda bekas jerawat juga dengan clay mask, sebab clay mask bekerja dengan mengangkat lapisan kulit terluar.

5. Mencegah komedo hitam

pexels.com/ Sam Lion

Komedo hitam merupakan masalah kulit yang bisa timbul akibat penyumbatan folikel rambut di kulit akibat penumpukan sel kulit mati dan minyak berlebih. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan clay mask.

Ya, penggunaan clay mask yang tepat ini bisa mencegah timbulnya komedo hitam pada wajah. Kamu tidak perlu mengaplikasikannya setiap hari, cukup gunakan clay mask dua kali dalam seminggu saja.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin