Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Agar Sehat, Begini Cara Merawat Rambut Saat Cuaca Panas

Rambut cenderung kering saat cuaca panas.

Aulia Fitria

Menjaga kesehatan rambut sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh dan kulit, terlebih ketika rambutmu ini kerap kali terpapar bahan kimia dan alat styling rambut yang sifatnya panas. 

Pergantian cuaca juga mengharuskan kamu untuk merawat kesehatan rambut secara ekstra. Hal ini dikarenakan rambut cenderung mengalami berbagai masalah saat pergantian cuaca. Ketika musim panas misalnya, rambut menjadi mudah rontok lantaran terpapar panasnya sinar matahari.

Berbicara soal cuaca, saat ini Indonesia tengah dihadapkan oleh cuaca panas yang ekstrem dan hal ini membuat kamu harus menjaga kesehatan tubuh, kulit, dan rambut secara ekstra.

Melansir dari berbagai sumber, berikut kiat-kiat dalam merawat rambut saat cuaca panas. Yuk, langsung saja simak caranya di bawah ini!

1. Lindungi setiap helaian rambutmu dengan tabir surya

freepik.com

Tak hanya diaplikasikan ke kulit saja, penting untuk menjaga kesehatan rambutmu dengan mengaplikasikan perawatan rambut yang dilengkapi dengan kandungan UV filter baik itu dalam bentuk spray hingga krim.

Tidak berhenti sampai di sana, kamu juga bisa memberi perlindungan tambahan dengan menggunakan topi setiap ingin beraktivitas di luar rumah.

2. Gunakan shampo yang mampu melembapkan rambutmu

pexels.com

Ketika cuaca panas, rambut cenderung lebih kering dari biasanya. Agar tidak bertambah parah, kamu bisa gunakan shampo yang bisa membuat rambutmu lembap sepanjang hari. 

Agar rambut bebas dari tumpukan kotoran dan sisa-sisa zat kimia dari produk perawatan rambut yang kamu gunakan, cuci rambutmu dengan clarifying shampoo satu kali dalam seminggu.

3. Keramas dua hari sekali

pexels.com

Cuaca yang panas membuat kulit kepala semakin berminyak. Namun, dalam kondisi ini, kamu tidak disarankan untuk keramas setiap hari, Bela. 

Sebab, ketika kamu keramas setiap hari, dikhawatirkan minyak alami pada rambut akan hilang, mudah berketombe, dan rambut juga perlahan-lahan akan menjadi kering bahkan patah.

Alih-alih melakukannya setiap hari, kamu bisa keramas dua hari sekali saja.

4. Batasi penggunaan alat styling

Shutterstock/paulaphoto

Saat cuaca panas, sebaiknya batasi penggunaan alat styling. Hal ini dilakukan agar rambut yang kerap kali terpapar sinar matahari tidak mudah rusak. Alih-alih menggunakan alat styling rambut, kamu bisa mencari alat alternatif yang tidak merusak rambut, seperti hair roller.

Di samping itu, kamu juga bisa menata rambutmu agar tampak bergelombang dengan menguncirnya dengan scrunchie semalaman.

5. Potong ujung rambut

fashioinbox.com

Agar rambut tampak sehat dan indah, kamu bisa potong ujung rambutmu. Cara ini dilakukan untuk mengatasi kerusakan rambut akibat rambut yang bercabang lantaran kekeringan. 

Kamu tidak perlu memotongnya terlalu banyak, cuma dua hingga tiga centimeter saja.

6. Banyak konsumsi air putih

popsugar.com

Merawat rambut dari luar saja tidak cukup, memberi tubuh asupan yang menyehatkan juga tak kalah penting. Ya, ketika tengah dihadapkan oleh cuaca panas, penting untuk mengonsumsi air putih yang banyak.

Selain dapat mencegah dehidrasi, air putih juga berperan dalam menjaga kesehatan rambut.

IDN Channels

Latest from Hair