Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kesalahan dalam Mewarnai Rambut yang Perlu Kamu Hindari

Bleaching berlebihan hingga membilasnya dengan air panas

Aulia Fitria

Mewarnai rambut merupakan opsi bagi mereka yang ingin mengubah tampilannya menjadi lebih fresh dan menawan. Apabila tak ingin hasilnya gagal maka kamu bisa mewarnainya di salon, sebab kamu akan ditangani oleh para profesional. Namun, kamu juga bisa mewarnai rambut sendiri di rumah.

Banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh ketika mewarnai rambut di rumah. Mulai dari biaya yang dikeluarkan hingga waktu penyelesaian yang tergolong lebih singkat. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mulai mewarnai rambut sendiri di rumah, terlebih ketika kamu belum pernah melakukannya, sebab memperbaiki kesalahan dalam mewarnai rambut ini bukan hal yang mudah.

Lantas, apa saja kesalahan dalam mewarnai rambut yang perlu kamu hindari?

1. Bleaching berlebihan

pexels.com

Bleaching rambut merupakan langkah yang jarang dilewatkan oleh mereka yang ingin mengubah warna rambutnya. Bleaching sering kali dilakukan sebelum mewarnai rambut dengan warna terang, sebab warna tersebut sulit untuk dihasilkan pada rambut yang belum melalui proses ini. 

Namun tahukah kamu bahwa bleaching berlebihan tak hanya merusak rambut, tetapi juga bisa membuat kulit kepala menjadi lebih sensitif, rambut menjadi mudah patah, ketika dilakukan dengan cara yang tidak tepat warna rambut menjadi tidak merata serta tekstur rambut cenderung menjadi kasar.

2. Memilih warna rambut sesuka hati

freepik.com

Undertone kulit tak hanya menjadi acuan bagi para perempuan untuk memilih warna complexion dan lipstik yang ingin kamu gunakan saja, undertone juga bisa menjadi acuan seseorang untuk memilih warna rambut. Pasalnya, ketika kamu memilih warna rambut tanpa menyesuaikannya dengan undertone kulit bisa membuat wajah tampak menjadi kusam.

3. Cat rambut mengenai kulit kepala

www.hairstory.com

Kulit kepala merupakan salah satu bagian tubuh yang terbilang cenderung sensitif. Ya, beberapa orang mengalaminya ketika mereka tidak cocok dengan produk perawatan rambut seperti shampo, kondisioner, hingga cat rambut yang mereka aplikasikan. Itulah mengapa saat ingin mewarnai rambut kamu perlu hati-hati agar tidak mengenai kulit kepala.

Di samping itu cat rambut memiliki kandungan bahan kimia yang tergolong tinggi. Apabila cat rambut terkena kulit kepala berpotensi membuat kulit kepala mengalami kemerahan dan gatal akibat iritasi serta alergi. Untuk itu, aplikasikan cat rambut dengan hati-hati, ya!

4. Mengabaikan instruksi pemakaian

Freepik

Membaca instruksi pemakaian pewarna rambut merupakan langkah sederhana yang tak boleh kamu abaikan, terlebih ini merupakan pertama kalinya kamu mewarnai rambut sendiri. Sebab, kesalahan dalam mengaplikasikan pewarna rambut ini dapat membuat warna rambut yang baru ini tidak keluar dengan maksimal. 

5. Membilas rambut dengan air panas

freepik.com/jcomp

Selain membuat rambut berubah menjadi kering, membilas rambut dengan air panas ketika kamu baru saja mewarnai rambut malah membuat warna rambut barumu itu menjadi mudah pudar.

Alih-alih membilas rambut dengan air panas, kamu bisa gunakan air dengan temperatur yang normal. Hal ini dilakukan agar warna rambut baru menyatu sempurna dengan rambut naturalmu.

IDN Channels

Latest from Hair