Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Penyebab Kerutan Leher yang Wajib Kamu Ketahui 

Ada faktor lain selain pertambahan usia

Aulia Fitria

Hampir setiap perempuan yang sudah menginjak usia 30 tahun sudah mulai mengeluhkan kemunculan tanda-tanda penuan. Dari sekian banyak tanda penuaan yang muncul, satu yang kerap membuat perempuan merasa tidak percaya diri adalah kerutan di area leher.

Selain pertambahan usia, ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya kerutan di leher seperti terpapar oleh sinar matahari, terkena polusi udara, terdapat tekanan berlebih di area leher hingga menerapkan pola hidup yang tidak sehat seperti merokok. Untuk mencari tahu penyebabnya lebih lanjut, simak informasi di bawah ini!

1. Terpapar oleh sinar matahari

pexels.com/Maggie Zhan

Sinar matahari memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh. Namun, apabila kamu terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama maka bisa timbul masalah yang mana akan berdampak pada kesehatan dan juga penampilan kamu seperti timbul kerutan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, pasalnya ini bisa kamu cegah dengan rutin mengaplikasikan tabir surya dan mengulangnya dalam jangka waktu dua jam. Kamu juga bisa gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30.

2. Terkena polusi udara

Freepik.com

Buat kamu yang banyak beraktivitas di lapangan, melindungi kulit dari paparan polusi udara merupakan langkah selanjutnya yang tak kalah penting untuk kamu terapkan. Pasalnya bukan hanya paparan sinar matahari saja yang bisa membuat kulit di leher kamu menjadi berkerut, tetapi juga paparan polusi udara.

Perlu kamu ketahui bahwa racun yang terkandung di dalam polusi udara berpotensi meningkatkan potensi stres oksidatif pada tubuh, yang mana hal ini berpengaruh terhadap produksi kolagen dan elastin. Di samping itu, polusi udara juga memicu terjadinya peradangan dan kulit kering.

3. Tekanan berlebih di area leher

pexels.com/Vlada Karpovich

Tekanan berlebih di area leher punya pengaruh terhadap timbulnya kerutan di area leher. Ketika leher kamu mendapat tekanan berlebih melalui berbagai aktivitas yang memberatkan leher kamu sehingga lehermu harus bekerja dengan ekstra maka jangan heran apabila lehermu timbul kerutan.

Ini bisa terjadi lantaran protein yang berfungsi menjaga elastisitas kulit berubah menjadi rusak. Untuk itu, penting bagi kamu menjaga postur tubuh saat tengah beraktivitas. Kamu juga bisa menjaga area lehermu agar bebas dari kerutan dengan rutin mengaplikasikan pelembap.

4. Merokok

Selain punya dampak negatif terhadap kesehatan tubuh, kebiasaan merokok juga ternyata berpengaruh terhadap kulitmu. Ya, kebiasaan merokok bisa mempercepat proses penuaan dini termasuk di area kulit. Ini terjadi lantaran kandungan nikotin yang terdapat di dalam rokok membuat pembuluh darah mengalami penyempitan sehingga mengurangi oksigen serta nutrisi yang masuk ke dalam kulit.

5. Pertambahan usia

freepik.com

Seiring pertambahan usia tentunya ada beberapa perubahan yang terjadi pada kulit, salah satunya adalah muncul kerutan di area tertentu termasuk leher. Masalah tersebut tentunya bisa dicegah selagi kamu masih menginjak usia produktif dengan rutin mengaplikasikan tabir surya dan menggunakan produk perawatan kulit yang mencegah penuaan dini.

Di samping itu, kamu juga perlu waspada akan kebiasaan-kebiasaan yang kamu lakukan, pasalnya ada beberapa kebiasaan yang tanpa kamu sadari memicu timbulnya kerutan pada kulit.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Skin