Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Ciri Vampir Energi, Suka Menghisap Energi Orang Lain!

Keberadaannya bikin energi orang di sekitarnya terkuras

Astri Amalia

Pernah dengar istilah vampir energi, Bela? Kalau belum, vampir energi merupakan istilah yang disematkan kepada seseorang yang suka 'menghisap' energi orang lain, demi meningkatkan energi dirinya sendiri.

Seseorang dengan vampir energi mungkin sering kali nggak menyadari bahwa perilakunya ternyata bisa menguras energi orang-orang di sekitarnya.

Lantas, apa ciri dari seseorang dengan vampir energi?

Berikut Popbela rangkum ciri vampir energi, yang di kutip dari laman Fatherly. Kira-kira, kamu termasuk orang dengan vampir energi nggak, nih?

1. Sikapnya sinis

Pexels.com/Jefferson Lima

Orang dengan vampir energi sering kali bersikap sinis dengan orang-orang di sekeliling mereka. Nggak hanya itu, mereka kerap memberikan komentar kepada orang lain, meski nggak diminta sama sekali, serta berupaya untuk menjatuhkan orang lain yang bersikap optimis pada mimpi-mimpi mereka.

2. Selalu mengarahkan percakapan tentang diri sendiri

Pexels.com/RODNAE Productions

Seorang dengan vampir energi nyatanya selalu ingin mendominasi atau mengarahkan setiap percakapan. Daripada mencoba mendengarkan orang lain berbicara, mereka lebih baik mencari cara agar topik utama percakapan adalah tentang dirinya sendiri.

Orang lain yang kerap bersinggungan dengan mereka pasti merasa energinya terkuras habis karena terus-terusan 'dipaksa' mendengar tanpa diberi ruang untuk berbicara.

3. Ingin menjadi pusat atensi orang lain

Pexels.com/Tim Douglas

Sebenarnya wajar saja apabila kita ingin mendapatkan atensi dari orang lain untuk mendapatkan suntikan energi.

Namun, akan berbeda halnya jika kita bergantung pada atensi orang lain secara terus-menerus.

Inilah yang terjadi pada orang-orang dengan vampir energi.

Mereka akan membicarakan masalah mereka saja untuk mendapatkan perhatian, tapi enggan memberi dukungan pada orang lain.

Jika Anda hanya membicarakan masalah dan keyakinan Anda dan tidak meminta atau mendukung orang lain–jika hal ini sering kali mengarah pada Anda, orang lain akan merasakan dampaknya,” ungkap Simon Rego, Psy.D., seorang kepala psikolog di Montefiore Medical Center dan seorang associate professor di jurusan ilmu psikiatri dan perilaku di Perguruan Tinggi Albert Einstein College of Medicine di kota New York.

4. Sering merasakan aura ketegangan ketika bertemu orang lain

freepik.com/drobotdean

Seseorang dengan vampir energi mungkin akan menyadari bahwa hampir di setiap interaksi mereka, selalu dipenuhi dengan ketegangan.

Anda mungkin merasakan ketegangan,” kata Randy Rolfe, JD, MA, seorang terapis keluarga dan penulis.

Anda ingin bersama mereka, tetapi mereka merasa tidak nyaman, dan Anda juga tidak merasa nyaman,” tuturnya.

Sementara menurut Simon Rego, orang-orang yang berada di dekat si vampir energi ini akan merasakan kelelahan, stres, dan aura negatif. Karena hal itu, mereka akan membatasi waktu untuk beraktivitas bersama dengan sang vampir energi.

5. Orang lain mulai menghindarimu

pexels.com/cottonbro studio

Ciri yang paling terlihat jika kamu orang dengan vampir energi ialah teman-temanmu mulai menghindarimu. Misalnya, saat kamu mulai berbicara dengan mereka, ada saja alasan mereka untuk meninggalkan percakapan di antara kalian.

Selain itu, mungkin kamu melihat teman lainnya menetapkan batasan yang lebih jelas dengan blak-blakan menyebut bahwa berinteraksi denganmu menguras energi mereka.

Jadi itulah ringkasan mengenai 5 ciri vampir energi. Setelah membacanya, apakah salah satu cirinya ada pada dirimu, Bela?

IDN Channels

Latest from Single