Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Wisata Alam Semarang Terbaru yang Indah dan Nyaman

Cocok untuk healing

Nafi' Khoiriyah

Semarang merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak destinasi wisata alam. Hal itu dikarenakan beberapa dari wilayahnya berada di kawasan lereng gunung. 

Wisata alam Semarang berikut ini bisa kamu jadikan referensi kalau berencana untuk liburan ke Semarang. Mulai dari Umbul Sidomukti sampai Pantai Marina, lihat pilihan destinasi lengkapnya di bawah ini. 

1. Umbul Sidomukti

instagram.com/umbul.sidomukti

Umbul Sidomukti jadi wisata alam Semarang pertama yang tak boleh kamu lewatkan. Destinasi ini berada di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1.200 mdpl. Tak heran jika pengunjung bisa merasakan hawa yang dingin dan sejuk saat berada di sini.

Bukan hanya itu saja, keistimewaan lainnya dari Umbul Sidomukti adalah adanya kolam renang dengan mata air alami. Pengunjung bisa berenang sambil melihat pemandangan alam dari kolam tersebut. 

Alamat Umbul Sidomukti: Umbul Sidomukti, Manggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661.

2. Candi Gedong Songo

instagram.com/visit.candigedongsongo

Seperti namanya, Candi Gedong Songo tentu saja merupakan candi yang berasal dari peninggalan budaya Hindu. Namun berbeda dari candi lainnya, lokasi Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran. 

Terdapat sembilan buah candi yang terletak di lereng berketinggian 1.200 mdpl. Pengunjung bisa melihat candi sekaligus menikmati pemandangan alam yang indah saat berwisata ke sini. 

Alamat Candi Gedong Songo: Jl. Ke Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614.

3. Taman Bunga Celosia

instagram.com/newcelosia

Taman Bunga Celosia berada di kawasan Bandungan yang terkenal dengan udaranya yang sejuk. Tempat ini menawarkan pemandangan kebun bunga yang indah dengan berbagai wahana permainan yang menarik. 

Jika berkunjung ke Taman Bunga Celosia, jangan lupa untuk mengambil foto di berbagai spot yang indah. Pengunjung juga bisa menikmati kuliner di area yang sudah disediakan. 

Alamat Taman Bunga Celosia: Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614.

4. Kampung Kopi Banaran

google.com/maps/Ken Cono

Wisata alam Semarang selanjutnya adalah Kampung Kopi Banaran. Tempat ini cocok dikunjungi oleh para pencinta kopi karena mereka bisa melihat proses pengolahan kopi secara langsung. 

Bukan hanya restoran saja, di Kampung Kopi Banaran kamu juga bisa menikmati sejumlah wahana yang menarik di sini. Wahana tersebut antara lain ada ATV, paintball, flying fox, dan masih banyak lainnya. 

Alamat Kampung Kopi Banaran: Jl. Raya Bawen - Solo KM 1,5 Bawen, Gentong, Asinan, Kec. Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 5066.

5. Rawa Pening

instagram.com/bolang_rawapening

Rawa Pening sebenarnya merupakan danau alami yang berada di empat kecamatan, yakni Ambarawa, Tuntang, Bawen, dan Banyubiru. Lokasinya juga berada di antara Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, dan Gunung Merbabu sehingga pemandangannya sangat indah. 

Di kawasan wisata Rawa Pening juga terdapat aneka wahana bermain. Ada pula rumah makan apung dan sewa perahu yang bisa dinikmati pengunjung. 

Alamat Rawa Pening: Jalan Lingkar Selatan KM 3, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

6. Gunung Ungaran

google.com/maps/Tito Aditya

Destinasi yang selanjutnya akan cocok untuk para pendaki, yakni Gunung Ungaran. Gunung ini memiliki ketinggian 2.050 mdpl yang cocok untuk pendaki pemula. 

Puncak Gunung Ungaran sendiri ada tiga, yakni Botak, Gendol, dan Ungaran. Pendaki bisa melalui jalur Medini, Promasan, atau Gedongsongo untuk mencapai puncak tersebut. 

Alamat Gunung Ungaran: Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. 

7. Pantai Marina

instagram.com/pantaimarinasemarang

Meski kebanyakan wisata alam Semarang berada di pegunungan, tetapi ada pula wisata pantai di sana. Salah satu pantai di Semarang adalah Pantai Marina. 

Pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga cocok untukmu yang mencari ketenangan. Kamu juga bisa melihat pemandangan kapal yang berlabuh karena lokasinya tak jauh dari Pelabuhan Tanjung Mas. 

Alamat Pantai Marina: Tawangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144. 

8. Agrowisata Kopeng Gunungsari

instagram.com/agrowisata.kopeng

Agrowisata Kopeng Gunungsari berada di lereng Gunung Merbabu. Hal itu membuat tempat ini memiliki pemandangan alam yang memukau. Agrowisata Kopeng Gunungsari menawarkan pemandangan yang sangat indah dari 4 gunung sekaligus. 

Keempat gunung itu adalah Gunung Telomoyo, Gunung Andong, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro. Selain melihat pemandangan, pengunjung juga bisa camping dan mengabadikan foto dengan pemandangan indah di sini. 

Alamat Agrowisata Kopeng Gunungsari: Jl. Umbul Songo, Kopeng, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50774.

9. Goa Kreo

kemenparekraf.go.id

Goa Kreo merupakan wisata alam Semarang yang cukup misterius dan tersembunyi. Berada di Kecamatan Gunungpati, gua ini dipercaya merupakan tempat persemedian Sunan Kalijaga. 

Di sini, kamu bisa melihat banyak kera sambil melihat pemandangan alam yang indah. Jangan khawatir saat berkunjung ke sini, sebab sudah ada fasilitas yang memadai di Goa Kreo. 

Alamat Goa Kreo: Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Kec. Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222. 

10. Gunung Telomoyo

wikipedia.org

Terakhir, Gunung Telomoyo merupakan wisata alam yang terkenal dengan pemandangan di atas awannya. Lokasi wisata ini berada di perbatasan antara Kabupaten Semarang dan Magelang. 

Keunikan dari Gunung Telomoyo adalah puncaknya yang bisa ditempuh dengan sepeda motor atau mobil jeep. Pengunjung juga bisa melakukan paralayang dan berkemah di ini. 

Alamat Gunung Telomoyo: Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Kumpulan wisata alam Semarang di atas cocok dijadikan destinasi untuk healing atau liburan bersama keluarga. Suasana yang sejuk dan pemandangan indahnya akan membuat liburanmu makin sempura. 

IDN Channels

Latest from Travel