Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

3 Basic Skincare Routine yang Wajib Dilakukan

Jangan pernah skip ketiga langkah ini!

Shavira Annisa

Selain menjaga kulit dari dalam, pengunaan skincare juga penting untuk menjaga kulit tetap sehat dan terawat. Nggak harus mengaplikasikan berlapis-lapis rangkaian produk, ternyata kamu cukup gunakan tiga basic skincare, lho. 

Buat yang belum tahu, tiga basic skincare ini merupakan rangkaian perawatan kulit dasar yang terdiri dari tiga langkah utama, yakni membersihkan, menutrisi, dan melindungi kulit. Dengan rangkaian dasar tersebut, kebutuhan perawatan kulit sudah tercukupi. 

Nah, lewat artikel ini Popbela akan menjelaskan tiga basic skincare yang harus kamu ketahui. Yuk, simak baik-baik, ya!  

1. Membersihkan

byrdie.com/3 Basic Skincare

Membersihkan kulit merupakan langkah pertama dan paling penting dalam perawatan kulit. Tujuannya untuk mengangkat kotoran, minyak berlebih, bahkan sisa makeup. Jika tidak membersihkan kulit secara seksama, akan membuat pori-pori tersembat, munculnya jerawat, sampai berbagai masalah kulit lainnya. 

  • Double cleansing: Metode membersihkan wajah ini terdiri dari dua langkah, yakni menggunakan minyak (oil-based cleanser) lalu dilanjutkan dengan facial wash (water-based cleanser). Ketika kamu beraktivitas di luar ruangan atau gunakan makeup, wajib melakukan metode ini untuk memastikan kulit dalam keadaan bersih maksimal. 
  • Pilih pembersih yang sesuai dengan kulit kamu: Penting untuk gunakan pembersih yang ditujukan untuk jenis kulit kamu. Pilih produk yang nyaman dan tidak menyebabkan kulit menjadi kering. Sehingga Ph kulit kamu selalu terjaga, sehingga tidak menimbulkan terjadinya iritasi. 

2. Melembapkan

realsimple.com/3 Basic Skincare

Apapun jenis kulit, menggunakan pelembap itu harus dilakukan agar kulit tetap kenyal dan sehat. Jika kulit kamu cenderung berminyak, pelembap akan membantu menjaga keseimbangan produksi sebum alami kulit. 

  • Pilih pelembap yang sesuai: Ya, semua jenis kulit memang membutuhkan pelembap. Tapi penting untuk gunakan pelembap yang sesuai dengan kondisi kulut kamu. Jika berminyak, pilih produk dengan tekstur gel yang mudah menyerap. Nah, jika kering, tekstur pelembap yang thick bisa menjadi pilihan. 
  • Gunakan pelembap setiap hari: Jangan pernah skip penggunaan pelembap. Kamu harus mengaplikasikan pelembap setiap pagi dan malam setelah membersihkan wajah. Oleskan secara merata ke seluruh wajah dengan gerakan memikat untuk membantu proses penyerapan. 

3. Melindungi

vogue.com/3 Basic Skincare

Setelah membersihkan dan melembapkan, jangan lupa untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Paparan sinar UV dari matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit, mulai dari munculnya tanda-tanda penuaan dini, hiperpigmentasi, hingga risiko kanker kulit.

  • Pilih sun protection yang cocok untuk kulit: Ada banyak sekali jenis sun protection yang bisa kamu temukan di pasaran. Mulai dari berbagai tekstur, kandungan SPF, hingga ditujukan untuk jenis kulit tertentu. Pastikan untuk memilih sun protection yang sesuai dengan kulit dan kebutuhan kamu. 
  • Gunakan sun protection setiap hari: Aplikasikan sun protection setiap saat bahkan saat cuaca mendung atau di dalam ruangan. Nyatanya, sinar UV dapat menembus awan dan jendela, sehingga mudah terpapar kulit. Selain itu, oleskan ulang sun protection setiap dua jam sekali, terutatama jika kamu berada di luar ruangan atau di bawah sinar matahari langsung. 

So, itu dia tiga basic skincare yang terdiri dari membersihkan, melembapkan, dan melindungi kulit. Jika rutin dilakukan, maka kesehatan kulit akan tetap terjaga dan terawat. Jangan pernah skip tiga basic skincare ini, ya! 

IDN Channels

Latest from Skin