Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Ciri-ciri Kuku Tidak Sehat yang Perlu Kamu Ketahui

Kuku tampak pucat hingga tumbuh dalam waktu lama

Aulia Fitria

Tak hanya kulit dan rambut saja yang perlu kamu jaga keindahan serta kesehatannya, menjaga kesehatan kuku juga tak kalah penting. Pasalnya, ketika kuku kamu rusak tak hanya penampilan saja yang terganggu tetapi juga pertumbuhannya. Lebih dari itu, kukumu juga menjadi mudah patah.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menjaganya agar tetap sehat dengan mengaplikasikan krim pelembap kuku serta konsumsi makanan yang sehat. Lantas, bagaimana jika kuku kamu sedang tidak sehat? Yuk, cari tahu ciri-ciri kuku tidak sehat di bawah ini!

1. Kuku terlihat pucat

freepik.com/Racool_studio

Jika kukumu tampak pucat, maka kamu perlu waspada lantaran kuku pucat menandakan bahwa kuku kamu tengah tidak sehat. Anemia atau kekurangan sel darah merah menjadi salah satu penyebab kukumu menjadi pucat.

Apabila tak ingin kukumu pucat, maka kamu bisa menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang sehat, memenuhi asupan cairan hingga olahraga dengan teratur.

2. Kuku kering

freepik.com

Hal lain yang menandakan bahwa kukumu tidak sehat adalah kuku kering. Ya, tidak hanya kulit saja yang bisa mengering, kuku juga bisa mengalami hal tersebut. Ini terjadi lantaran terdapat masalah pada tubuhmu seperti kekurangan vitamin dan mineral, infeksi jamur hingga stres.

Selain memenuhi asupan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, kamu juga bisa mengoleskan pelembap kuku yang mengandung Vitamin E dan shea butter agar kutikula kamu ternutrisi.

3. Kuku terangkat

Freepik.com/freepik

Selanjutnya tanda kukumu tidak sehat adalah kuku yang terangkat atau kerap disebut sebagai onikolisis. Lantas, apa yang menyebabkan kuku terangkat? Infeksi jamur, mengidap psoriasis hingga luka akibat manikur berlebihan.

4. Kuku tipis

pexels.com

Tak hanya rambut yang bisa berubah menjadi tipis, kuku juga bisa mengalami hal yang sama. Kuku tipis atau sering disebut koilonychia umumnya disebabkan oleh kekurangan asupan zat besi.

Agar asupan zat besi kamu terpenuhi dengan optimal, maka kamu bisa mengonsumsi bayam, brokoli, daging, ikan, cokelat hitam hingga kacang edamame.

5. Kuku tumbuh lama

pexels.com/rdne-stock-project

Terakhir hal lain yang menandakan bahwa kuku kamu tidak sehat adalah kuku tumbuh dalam waktu yang lama. Ada beberapa hal yang menyebabkan kuku tumbuh lama seperti kekurangan nutrisi, terdapat trauma infeksi jamur, hingga faktor genetik.

Selain dengan memperbaiki pola makan, kamu juga bisa merawat kukumu dengan memilih produk perawatan kuku yang tepat dan yang tidak kalah penting lagi, kamu bisa menghindari kebisaan yang memperlambat pertumbuhan kuku seperti menggigit kuku misalnya.

IDN Channels

Latest from Health