Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kandungan Ini Bantu Jaga Kulit dari Polusi Udara

Mulai dari antioksidan hingga green tea.

Aulia Fitria

Polusi udara kini masih mengancam keberlangsungan hidup masyarakat, sebab polusi udara berdampak buruk pada kesehatan. Tak hanya membuat mata dan hidung mengalami iritasi, polusi udara bisa membuat seseorang menderita bronkitis, pneumonia, autoimun, hingga parahnya bisa menyebabkan kanker paru-paru.

Selain berdampak pada kesehatan tubuh, polusi udara juga bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit, mulai dari timbul jerawat, flek hitam, rusaknya kolagen kulit, hingga kanker kulit. Namun, kini kamu tidak perlu khawatir, sebab kandungan yang terdapat di dalam produk perawatan kulit bisa melindungimu dari bahaya polusi udara.

Lantas, kandungan apa saja yang bisa menjaga kulit dari polusi udara?

1. Antioksidan

pexels.com

Melansir dari Healthline, sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang rutin menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan yakni vitamin C, vitamin E, dan asam ferulic mampu mencegah kerusakan kulit akibat polusi. 

Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi mengatasi dampak buruk radikal bebas. Selain vitamin C, vitamin E, dan asam ferulic, ada beberapa kandungan lain yang masuk ke dalam kategori antioksidan seperti niacinamide, flavonoid, polyphenol, astaxanthin, glutathione, dan resveratrol.

2. Ceramide

pexels.com/Anna Tarazevich

Kandungan salah satu jenis asam lemak yang bisa kamu temukan dengan mudah di dalam kandungan produk perawatan kulit. Namun, tahukah kamu bahwa ceramide juga terkandung secara alami di dalam kulit?

Namun, apabila ingin kulit terlindungi dari paparan polusi kamu bisa mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung ceramide. Tidak hanya itu, ceramide juga membantu meningkatkan fungsi skin barrier.

3. Hyaluronic acid

intothegloss.com

Bela, pasti sudah tidak asing dengan kandungan yang satu ini, kan? Ya, hyaluronic acid. Hyaluronic acid merupakan kandungan yang mampu menjaga dan melindungi kulit dari kerusakan.

Salah satu cara yang bisa kamu terapkan apabila ingin kulit terlindungi dari polusi adalah dengan menjaga kelembapan kulit. Sebab, kulit yang lembap meminimalisir potensi polutan untuk menembus kulit. 

4. Probiotik

Unsplash.com/Fleur Kaan

Kandungan probiotik pada produk perawatan kulit umumnya bisa kamu temukan di dalam serum. Kandungan yang satu ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit, mulai dari mengobati jerawat, meregenerasi kulit, mencegah penuaan dini, hingga menghilangkan bekas luka.

Lebih dari itu, kandungan probiotik juga mampu menangkal polusi. Perlu kamu ketahui bahwa polusi dapat berpengaruh terhadap mikrobioma kulit. Dengan mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung probiotik, kulit bisa memperoleh kembali keseimbangan mikroorganismenya.

5. Green tea

unsplash.com/Laårk Boshoff

Green tea merupakan kandungan yang mampu mencegah penuaan dini, mengobati jerawat, hingga mengobati masalah kulit seperti rosacea. Lebih dari itu, green tea nyatanya mampu menjaga kulit dari bahaya polusi.

IDN Channels

Latest from Skin