Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Kupas Tuntas Mata Sayu, dari Penyebab dan Cara Mengatasi 

Bikin kepercayaan diri kamu berkurang

Shavira Annisa

Kurang tidur dan stres menjadi dua penyebab mata sayu. Ya, mata sayu merupakan kondisi di mana mata tampak lelah dan redup, sehingga terlihat kurang bersemangat. Meski bukan masalah kesehatan yang serius, namun mata sayu bisa memengaruhi penampilan dan mengurangi kepercayaan diri. 

Untuk itu, Popbela akan kupas tuntas penyebab dan cara mengatasi mata sayu agar penampilan kamu selalu bersinar. Simak baik-baik, ya! 

Apa itu mata sayu?

foreo.com

Mata sayu merupakan kondisi di mana kelopak mata terlihat menurun atau bengkak. Kondisi ini bisa membuat wajah terlihat lelah dan kurang segar, sehingga sangat memengaruhi penampilan. Meski, beberapa orang mungkin memiliki mata sayu karena faktor genetik, namun mata sayu juga bisa muncul akibat kebiasaan buruk atau kondisi tertentu. 

Ini penyebab mata sayu

beautyheaven.com.au

Penting untuk mengetahui penyebab mata sayu, diantaranya: 

  • Kurang tidur
    Kurang tidur adalah salah satu penyebab utama mata sayu. Saat kurang tidur, pembuluh darah di bawah mata melebar, membuat kantung mata yang memberikan efek mata tampak lelah. Selain itu, tidur yang tidak berkualitas juga dapat menyebabkan penumpukan cairan di area sekitar mata, yang menyebabkan bengkak.
  • Stres
    Nyatanya stres bisa memengaruhi kesehatan fisik, termasuk mata. Stres dapat memicu kelelahan fisik, yang umumnya terlihat pada tampilan mata. Mata yang stres menjadi lebih sensitif, kemerahan, atau tampak lelah. 
  • Dehidrasi
    Kekurangan cairan dapat membuat kulit di sekitar mata tampak kering. Hal ini menyebabkan mata tampak sayu. Minum air yang cukup setiap hari sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit, termasuk kulit di area mata.
  • Paparan gadget berlebihan 
    Terlalu lama menatap layar bisa menyebabkan digital eye strain. Kebiasaan ini dapat membuat mata terasa lelah, kering, dan sayu. Mengurangi waktu menatap layar dapat membantu mengurangi efek ini.
  • Faktor genetik 
    Beberapa orang mungkin memiliki bentuk mata atau struktur kelopak yang tampak  sayu sejak lahir. Ini bukanlah masalah kesehatan, melainkan karakteristik fisik yang alami. 

Cara mengatasi mata sayu secara alami

visionaryeyecentre.com

Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menagatasi mata sayu, diantaranya: 

  • Tidur yang cukup
    Tidur adalah kunci untuk menjaga kesehatan mata. Usahakan tidur selama 7-8 jam setiap malam untuk menghindari mata lelah. Tidur yang cukup membantu mengurangi lingkaran hitam, sehingga membuat tampilan mata lebih segar.  
  • Kompres dingin 
    Irisan mentimun atau kantong teh hijau yang didinginkan bisa digunakan sebagai kompres mata untuk mengurangi bengkak dan memberikan efek segar, lho. Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan sifat antioksidan, sementara teh hijau mengandung kafein yang dapat membantu mengurangi pembengkakan.
  • Melakukan pijat ringan di area mata
    Memijat area mata dengan lembut dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tampilan mata sayu. Kamu bisa gunakan jari manis untuk memberikan pijatan. Gunakan minyak alami seperti minyak kelapa atau minyak zaitun untuk memberikan kelembapan saat melakukan pemijatan. 
  • Gunakan tetes mata 
    Jika mata kamu sering terasa kering dan sayu, jangan ragu untuk gunakan tetesan mata. Ya, tetes mata ini membantu menghidrasi mata dan mengurangi kemerahan, membuat mata terlihat lebih segar.
  • Perbanyak minum air
    Tubuh yang terhidrasi dengan baik mampu menjaga kelembapan kulit dan mencegah dehidrasi. Dalam sehari, disarankan untuk minum delapan gelas untuk membantu menjaga elastisitas kulit di sekitar mata. 

Mata sayu memang sangat memengaruhi penampilan dan kepercayaan diri kamu. Tapi nggak perlu khawatir lagi karena kamu bisa aplikasikan cara mengatasi mata sayu seperti di atas. Langsung aplikasikan dan rasakan perbedannya, ya! 

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Health