Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Biar Nggak Nyesal, Ini Lho Model Poni yang Cocok dengan Rambutmu  

Sebelum telranjur motong rambut, ya 'kan?

Dina Lathifa

"Menurutmu, aku perlu potong poni, nggak?" Sudah berapa kali kamu melontarkan pertanyaan itu pada orang-orang di sekitarmu tahun ini, Bela? Rambut depan atau poni yang sudah tumbuh memanjang memang sangat mudah diatur. Kamu bisa menatanya ke samping, atau menyisirnya ke belakang dan mengikatnya. Namun, nggak jarang kamu merasa bosan dengan gaya rambut yang sama sehingga kamu mulai merasa ingin memotong poni. Tapi, cocok, nggak, ya?

Poni nampak terlihat cantik dalam berbaga gaya dan bentuk, namun semuanya terlihat berbeda pada masing-masing orang. Mungkin kamu melihat gaya poni ini cantik di orang lain, namun itu nggak terlihat bagus padamu. Kemudian, kamu menyesal telah memotong rambutmu. Hmm, lalu, poni seperti apa yang cocok dengan gaya dan tekstur rambutmu? Melansir dari Marie Claire, ini panduan yang bisa kamu coba!

1. Poni untuk rambut pendek

bustle.com

Hanya karena memiliki rambut pendek, bukan berarti nggak cocok menggunakan poni. Faktanya, penata gaya artis Ted Gibson mengatakan kalau poni panjang dengan rambut pendek memiliki kontras yang kurang baik. "Poni terbaik untuk rambut pendek adalah sedikit lebih panjang dan menyamping untuk menambahkan tekstur," ujarnya.

Sedangkan menurut Matrix Celebrity Stylist George Papaniklolas, rambut pendek dapat dipadankan dengan berbagai jenis gaya poni depan. "Jika wajahmu cukup tegas, pilihan terbaik adalah cropped short bangs atau micro bangs, seperti Katy Perry atau Cara Delevingne," tuturnya.

2. Poni untuk rambut panjang

popsugar.com

"Poni yang tebal, membingkai wajah, dan terinspirasi dari gaya Bridgette Bardot, adalah gaya poni yang sangat menarik untuk pemilik rambut panjang, dan cocok untuk rambut dengan tekstur lurus serta sedikit ikal," ujar Papaniklolas, "Dengan ujung yang sedikit meruncing halus, poni gaya ini dapat menyeimbangkan bentuk wajah apapun."

Meskipun rambut panjang cocok dengan semua model poni, pastikan potongan rambut depan cocok dengan bentuk wajahmu. Karena itu, kamu perlu meminta saran dari penata rambut. Namun, kunci yang perlu diingat adalah jangan memadankan poni pendek dengan rambut panjang karena itu akan membuat gaya rambut terlihat kurang alami. Jika bingung dan menginginkan alternatif yang aman, pilih side swept bang. Potongan poni seperti ini aman dan cocok untuk bentuk wajah apapun.

3. Poni untuk rambut keriting

refinery29.com

Poni rambut keriting sedang menjadi tren dan banyak yang menginginkannya. Namun faktanya, menata poni untuk rambut keriting agak tricky. Tipsnya adalah jangan memotongnya sependek yang kamu pikirkan. Biarkan poni keritingmu 3 cm lebih panjang dari yang kamu inginkan. "Sebab, keriting alami rambut akan membuat poni memendek. Karena itu, kamu perlu menyisakan panjang poni lebih dari yang kamu bayangkan," ujar Matrix Celebrity Stylist Nick Stenson.

Selain itu, tips lain yang perlu diingat adalah memotong lebih jauh ke belakang dan tebal sehingga dapat membaur dengan rambut dan membingkai wajah dengan sempurna. Jika terlalu tipis, poni akan menghilang.

4. Poni untuk rambut tipis

hairstylesweekly.com

Tampilan rambut yang terlihat santai dan kasual adalah gaya terbaik untuk pemilik rambut tipis. Untuk menambahkan dimensi pada rambut, poni yang cocok adalah model yang bervolume dan acak-acakan. Untuk mendapatkan gaya poni seperti itu, pastikan menggunakan produk styling yang bagus sehingga mampu mengangkat poni dari akarnya dan menambahkan volume-nya. Jadi kuncinya ada pada penataannya, seperti menambahkan tekstus, dan memberikan kesan rambut yang lebih tebal.

Pemilik rambut tipis juga perlu mengambil rambut belakang untuk memotongnya menjadi poni sehingga terlihat lebih tebal. Sebab, poni model see-through hanya akan membuat rambut tipis, semakin tipis. Namun, jangan pula untuk menata poni depan secara penuh hingga menutup kening.

5. Poni untuk rambut tebal

Sedangkan untuk pemilik rambut tebal, poni yang tebal dan penuh seperti Hannah Simone adalah model yang paling cocok. Semakin tebal, semakin baik, terutama jika rambutmu lurus, Bela. Jika tekstur rambutmu bergelombang, akan membutuhkan beberapa produk penataan untuk menjaga gaya poni tersebut.

Alternatif lainnya, kamu juga bisa mencoba poni side-swept sehingga memungkinkanmu untuk tetap bisa menatanya sesuai keinginanmu.

Apapun model poni yang akan kamu pilih, pada akhirnya harus sesuai dengan gayamu sendiri, Bela. Baik itu rambut panjang, rambut pendek, rambut tebal, rambut tipis, maupun rambut keriting. Sebab, potongan poni yang sesuai dengan gaya pemiliknya adalah penampilan terbaik yang bisa kamu miliki.

IDN Channels

Latest from Hair