Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Begini Cara Merawat Kulit Kepala Sensitif

Langkahnya tidak sulit untuk diterapkan, kok, Bela!

Aulia Fitria

Rambut kering, dan berketombe serta mudah patah merupakan masalah rambut yang kerap dihadapi oleh hampir setiap orang.Namun, di samping itu ada masalah lain yang tanpa kamu sadari bisa membuat area di sekitar rambut, seperti kulit kepala menjadi cenderung iritasi, yakni kulit kepala sensitif.

Bukan tanpa alasan, kulit kepala yang sensitif bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari ketidakcocokan terhadap produk perawatan rambut yang digunakan, terpapar sinar matahari dan polusi, pola makan yang tidak sehat, tidak bisa mengelola stres dengan baik, hingga terdapat perubahan hormon.

Tetapi jangan putus asa, Bela. Sebab, kulit kepala yang sensitif ini bisa diatasi dengan mudah. Lantas, bagaimana cara mengatasinya, ya? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

1. Memilih shampo sesuai dengan permasalahan rambut yang kamu hadapi

pexels.com/Polina Tankilevitch

Langkah pertama yang mudah untuk diterapkan dalam mengatasi kulit kepala sensitif adalah dengan memilih shampo yang tepat. Ya, memilih shampo berdasarkan jenis dan masalah rambut yang tengah kamu hadapi ini merupakan hal yang tak boleh luput dari perhatian.

Sebab, ketika kamu salah memilih shampo bisa berujung pada timbulnya ketombe yang membuat rambut gatal. Ketika rasa gatal tidak kunjung hilang, maka keinginan untuk menggaruk kulit kepala semakin bertambah dan hal tersebut membuat kulit kepala menjadi iritasi.

2. Gunakan produk perawatan rambut yang dilengkapi oleh SPF

Image by gpointstudio on Freepik

Selain mengatasinya dengan menggunakan shampo yang tepat, kamu juga disarankan untuk mengaplikasikan produk perawatan rambut yang dilengkapi oleh SPF setiap ingin beraktivitas di luar rumah.

Kamu juga bisa melindungi area kulit kepala yang sensitif dengan menggunakan pelindung seperti topi, scarf, atau payung ketika cuaca sedang terik.

3. Aplikasikan minyak atsiri di area kulit kepala yang sensitif

Minyak atsiri memiliki segudang manfaat yakni untuk menangkal gigitan nyamuk, meredakan nyeri, hingga memperbaiki suasana hati. Di samping itu, minyak atsiri juga disebut-sebut dapat mengatasi kulit kepala yang sensitif.

Untuk tata cara penggunaannya juga mudah. Kamu bisa kombinasikan minyak atsiri dengan minyak pembawa, kemudian aplikasikan di area kulit kepala, dan diamkan selama 15 menit. Setelahnya, bersihkan secara menyeluruh dengan shampo.

4. Hindari keramas dengan air panas

pexels.com

Apabila kulit kepalamu cenderung sensitif, maka kamu tidak disarankan untuk keramas dengan air panas, sebab, air panas dapat menghilangkan kelembapan pada kulit sehingga berpotensi membuat kulit kepala mudah iritasi.

Alih-alih keramas dengan air panas, kamu bisa gunakan suhu air yang normal.

5. Gunakan sisir yang lembut

pexels.com

Sisir dengan ujung yang tajam tidak disarankan oleh kamu yang memiliki kulit kepala sensitif, sebab, ujung sisir yang tajam bisa memicu rasa gatal pada kulit kepala. Alih-alih menggunakan sisir dengan ujung yang tajam, kamu bisa gunakan sisir dengan bulu yang lembut.

Itulah cara mudah merawat kulit kepala sensitif yang bisa kamu coba di rumah. Semoga membantu, ya!

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Hair