Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Wisata Alam di Tasikmalaya, Seru dan Berkesan

Ada sebuah curug di Tasikmalaya yang membuatmu enteng jodoh

Audia Natasha Putri

Bila mendengar Jawa Barat, kota populer seperti Bogor, Cirebon, dan Bandung yang punya kawasan wisata mengesankan akan terpintas. Namun selain ketiga kota itu, Jawa Barat juga punya beberapa kota underrated yang tak kalah keren.

Tasikmalaya misalnya, yang punya pesona alamnya rekreasi yang indah dan autentik. Ragam bentang alam mulai dari pantai, sungai, dan pegunungan bisa jadi pilihan buat kamu untuk mengisi waktu liburanmu

Jika kamu tertarik untuk liburan di Tasikmalaya, berikut Popbela rangkum 8 tempat wisata alam di Tasikmalaya yang wajib kamu jajal.

1. Tonjong Canyon

Atourin

Daya tarik berupa pemandangan tebing batu kecoklatan yang spektakuler, menjadikan Tonjong Canyon sukses memikat para traveller. Wisata alam berupa tebing tinggi dan sungai yang jernih menjadi lokasi terbaik untuk berenang di Tasikmalaya.  Airnya jernih dan menyegarkan, belum lagi tantangan adrenalin berupa terjun bebas dari tebing ke sungai menambah pengalaman serumu selama di sana.

Selain berenang dan mendaki tebing, kamu juga bisa menjajal aktivitas alam lainnya. Seperti berkemah, bersantai menikmati alam, atau sekadar bernarsis ria dengan latar bentang alam yang menakjubkan.

Tonjong Canyon terletak di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya. Tiket masuknya tidak dipungut biaya, sehingga kamu hanya perlu menyiapkan uang parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil, serta sewa ban Rp 5.000. 

2. Karaha Bodas

Instagram.com/atinatsh

Melipir ke Karaha Bodas, kamu akan disambut oleh panorama kawah gunung api muda yang penuh bau belerang. Ini terjadi karena kawah gunung tersebut menghasilkan panas bumi serta menjadi lokasi fenomena fumarol dan solfatar.

Fumarol ditandai dengan keluarnya uap air panas dan gas alami seperti karbon dioksida, sulfur dioksida, asam hidroklorik, dan hidrogen sulfida.  Sedangkan solfatar adalah sebuah lubang alam yang mengembuskan gas gunung api, terutama belerang. Banyak sumber air panas belerang di sekitarnya yang bisa kamu coba untuk merendam kaki atau cuci muka.

Kalau tertarik ke sini, kamu perlu membayar HTM Rp 10.000 per orang, tarif parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Kawah Karaha Bodas terletak di Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya. 

3. Pantai Karang Tawulan

Disparbud Jabarprov

Pantai Karang Tawulan terbilang cukup eksotis, karena berhiaskan sejumlah tebing yang menjorok ke tengah laut. Belum lagi hamparan laut biru dan pasir hitamnya menambah cantik pemandangan pantai satu ini.

Maka tak heran, jika setiap musim liburan Pantai Karang Tawulan selalu dipadati oleh para wisatawan. Pantai ini merupakan salah satu bentangan Samudra Hindia yang punya bebatuan karang menawan yang bisa kamu jadikan latar foto Instagrammable.

Fasilitas publik untuk menunjang wisatawan pun tergolong lengkap, dengan adanya musola, toilet, warung makan, gazebo, dan camping ground. Lokasinya ada di Desa Cimanuk, Kalapagenep, Tasikmalaya. Jikalau kesini, sediakan budget untuk HTM Rp 3.500 per orang, tarif parkir Rp 5.000 untuk motor, dan Rp 10.000 untuk mobil, ya.

4. Gunung Galunggung

Wisata alam di Tasikmalaya terbilang cukup variatif. Dari pantai, tebing, sampai pegunungan pun ada. Nah, kalau kamu adalah si penyuka hiking, cobalah mampir ke Gunung Galunggung yang terkenal akan pemandangan pegunungan yang indah dan megah.

Gununt Galunggung bertempat dari 17 km pusat kota Tasikmalaya dan punya ketinggian 2.167 mdpl. Kelebihan gunung ini daripada gunung lainnya adalah hadirnya Kawah Hijau Galunggung yang bisa kamu capai dengan menapaki 620 anak tangga.

Selain menikmati sejuknya udara dan asrinya alam berupa lautan hutan dan pegunungan yang menakjubkan, para pngunjung dapat berendam di pemandian air panas yang mengandung belerang. Tarif masuknya sebesar Rp 15.000 per orang. Jangan lupa sediakan uang parkir berjumlah Rp 2.000 untuk motor dan Rp 6.000 untuk mobil.

5. Batu Paraga Salopa

Instagram.com/rhtren.co

Kalau daftar wisata alam sebelumnya belum menarik minatmu, mungkin Batu Paraga Salopa adalah untukmu. Kenapa? Karena wisata perbukitan batu yang rapi dan artistik ini tergolong sebagai hidden gem, karena belum banyak orang menyambanginya.

Walau merupakan satu tempat yang sama, penyebutan wisata alam ini berbeda, tergantung kamu bertanya kepada siapa. Jika kamu mencarinya di Google Maps, maka kamu perlu mengetikkan Paraga Stone di kolom pencarian. Tapi kalau bertanya ke warga lokal di wilayah Mulyasari, Salopa, Tasikmalaya, kamu cukup menyebutjan Batu Paraga Salopa.

Saat datang ke sini, para wisatawan bisa bermain air dan berenang di sungainya yang jernih dan dingin. Bukan hanya berenang, kamu juga bisa berjalan setapak dan berfoto ria dengan latar yang keren. Wisata ini gratis dan tidak dipungut biaya masuk.

6. Curug Dengdeng

Salsa Wisata

Kalau kamu sedang ikhtiar mencari pasangan hidup, maka berendamlah di Curug Dengdeng yang berada di Cikatomas, Tawang, Kecamatan Pancatengah, Tasikmalaya. Konon, siapa pun yang berendam di air terjun ikonik di Tasikmalaua ini, kelak akan menjadi pribadi enteng jodoh.

Terdapat pilihan tiga tingkat air terjun dengan masing-masing ketinggian yaitu 9 meter, 11 meter, dan 13 meter. Semakin mempesona, air terjun ini juga dikelilingi pepohonan rindang yang hijau nan menyejukkan.

Harga tiket masuk Curug Dengdeng adalah Rp 5.000 per orang. Tarif parkir Rp 2.000 bagi kendaraan roda dua, Rp 5.000 untuk roda empat, dan Rp 10.000 untuk roda enam.

7. Pemandian Air Panas Cipatuh

Liburanyuk.com

Tak perlu terbang ke Jepang untuk menikmati mandi di onsen yang autentik. Di Tasikmalaya, ada Pemandian Air Panas Cipatuh yang menawarkan fasilitas menakjubkan berupa pengalaman berendam di alam terbuka. Lengkap dengan airnya yang jernih dan hangat, kamu juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto di spot Instagramable di sini.

Jika tertarik, kamu bisa menuju ke sini dengan 2 jalur yang bisa diakses. Pertama, kamu bisa melewati jalan Ciawi-Singaparna ke arah Cigorowong. Bisa juga melalui Jalan Raya Wanaraja Garut dengan tujuan Wisata Air Panas Talaga Bodas, lalu lanjut sekitar 1 kilometer ke arah Wisata Air Panas Cipatuh.

Fasilias yang tersedia pun cukup lengkap, mulai gazebo, warung, toilet, tempat ibadah, bahkan tempat parkir yang strategis pun ada. Letaknya berada di Desa Sundakerta, Kecamatan Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya dengan harga tiket masuk Rp 10 ribu per orang. Curug ini buka selama 24 jam, sehingga kamu bisa datang kapan pun yang kamu mau.

8. Curug Apun

Instagram.com/amazingtasikmalaya

Surganya pecinta adrenalin, karena di Curug Apun terkenal akan spot canyoning yang menantang nyali. Tebingnya cukup curam dan terjal, pilihan terbaik untuk kamu yang sedang mendalami hobi climbing. Semakin memanjakan, kamu akan didampingi oleh crew yang berpengalaman dengan pakaian pengaman super lengkap saat melakukan aktivitas ekstrem ini.

Pamornya yang eksis di tengah pecinta olahraga ekstrem, menjadikan Curug Apun sangat ramai. Oleh karena itu, kamu perlu  melakukan booking terlebih dahulu melalui agen tour jika ingin menikmati segala aktivitas di sini.

Berlokasi di Desa Cikukulu, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya dan buka setiap hari dari pukul 07.00—17.00 WIB.

Itulah 8 destinasi alam yang seru untuk amu kunjungi ketika di Tasikmalaya. Jadi bagaimana, sudah tentukan destinasi mana yang bakal kamu datangi, Bela?

IDN Channels

Latest from Travel