Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Fungsi NFC Pada Handphone, Bisa Mengontrol Smart Home

Fitur NFC menunjang kehidupan sehari-hari

Nindi Widya Wati

Kecanggihan ponsel memang makin menunjang kehidupan sehari-hari, apalagi saat kini banyak ponsel memiliki fitur NFC (Near Field Communication). Bukan hanya berguna untuk top up atau cek saldo e-money, ternyata NFC juga bisa digunakan untuk transfer data hingga mengontrol smart home. 

Fitur NFC awalnya hanya tersedia di ponsel kelas menengah atas. Namun, mulai tahun 2021, fitur ini sudah tersedia di ponsel android dengan harga mulai dari Rp2 jutaan. Lantaran memiliki banyak fungsi, fitur NFC rencananya bakal jadi fitur standar untuk setiap ponsel.

Lantas, seperti apa fungsi NFC pada ponsel? Yuk, simak informasinya berikut ini, Bela! 

Pengertian fitur NFC

Pexels.com

Near Field Communication atau NFC sebenarnya berkembang sejak akhir dekade tahun 1990-an hingga awal tahun 2000-an. NFC dikenal sebagai fitur ponsel yang dapat menghubungkan dua perangkat dalam jarak dekat tanpa harus menggunakan kabel. Bahkan, jarak paling jauh untuk terhubung dengan NFC hanya 4 cm.

Saat ini memang tidak semua ponsel mendukung penggunaan fitur NFC. Biasanya, hanya ponsel keluaran terbaru atau ponsel yang memang sudah dirancang oleh produsen smartphone untuk mendukung NFC saja yang bisa menggunakannya.

Fungsi NFC pada ponsel

Pexels.com

Kalau NFC kerap disebut mirip fitur bluetooth karena bisa mengirim berbagai data, maka sebenarnya NFC memiliki banyak fungsi yang di antaranya sebagai berikut.

1. Top up uang elektronik

Pexels.com

Uang elektronik kini banyak digunakan untuk bayar tol, naik transportasi umum, sampai belanja di mini market. Maka, keberadaan NFC pada ponsel bisa untuk top up dan cek saldo uang elektronik. Sehingga, saat saldo uang elektronik habis, kamu bisa top up kapan saja tanpa harus ke mini market atau ATM. 

2. Alat pembayaran transaksi digital

Pexels.com

Selain berguna untuk mengisi dan mengecek saldo e-money, NFC juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran untuk transaksi digital. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu menempelkan ponsel pada mesin sensor yang memiliki fitur NFC. 

3. Berbagi foto dan video

Pexels.com

Fungsi NFC pada ponsel juga untuk mengirim foto dan video secara nirkabel. Caranya lebih cepat, cukup tempelkan bagian belakang ponsel ke logo NFC di perangkat dengan NFC. Fitur NFC bisa memindahkan foto dan video berukuran besar dalam waktu singkat.

Kamera DSLR kelas profesional atau mirrorless biasanya sudah dilengkapi NFC. Fungsinya untuk memudahkan fotografer memindahkan foto dan video berukuran besar ke perangkat lain yang mendukung NFC seperti printer dan ponsel.

4. Memindai informasi dari smart poster

Pexels.com

Smart poster jadi salah satu jenis media kreatif yang kini banyak digunakan oleh brand. Smart poster memiliki chip NFC di dalamnya, sehingga bisa menampilkan konten promosi yang lebih dinamis, biasanya digunakan untuk beli tiket konser, mendapat diskon, atau memberi donasi. Saat menempelkan ponsel di chip NFC pada poster, kamu bisa melihat halaman web atau informasi rinci lainnya. 

5. Akses Wifi dari Wifi porter

Pexels.com

NFC di ponsel juga bisa digunakan untuk berbagi koneksi Wifi. Pemilik Wifi bisa berbagi koneksi internet ke perangkat ponsel lainnya, dengan mendekatkan bodi belakang dan melakukan pemindaian chip NFC. Fungsi NFC pada ponsel sangat berguna untuk bisa memberi akses internet tanpa membagikan password.

6. Koneksi speaker secara nirkabel

Pexels.com

Produk speaker mobile kini banyak diluncurkan tanpa menggunakan kabel. Maka dari itu, kalau kamu punya speaker dengan fitur NFC, bisa berfungsi menyambungkan ponsel ke speaker, hanya dengan meletakkan ponsel di atas speaker. Koneksi nirkabel dari ponsel ke speaker biasanya jadi lebih stabil dan lebih aman dari gangguan sinyal.

7. Berbagi kontak

Pexels.com

Kehadiran fitur NFC juga bisa memudahkan kita untuk berbagi kontak atau nomor telepon ke ponsel lain. Jadi, kamu tidak perlu menyebut nomor hp, menulis nama kontak, email, dan lainnya. 

Berbagi kontak melalui NFC bisa mengirim semua data di kontak, mulai dari nama, nomor ponsel, email, foto, dan informasi lainnya. Kontak yang dikirim akan disimpan di daftar kontak dan bisa langsung dihubungi dan sync ke WhatsApp.

8. Membuka kunci digital

Pexels.com

Fungsi NFC pada hp berikutnya adalah untuk membuka kunci rumah, hotel, atau kantor. Syaratnya, kamu perlu menggunakan smart lock yang kompatibel dan mendukung fitur NFC untuk menyimpan kunci digital pada ponsel.

9. Mengontrol smart home

Pexels.com

Bila kamu memiliki aplikasi atau perangkat smart home yang sudah dilengkapi voice assistant seperti GoogleAssistant, Apple HomKit, hingga Samsung Bixby, kini juga sudah mendukung fitur NFC. Kamu bisa mengontrol perangkat atau automasi lainnya dengan cara menyetel tag NFC ke gadget smart home.

10. Mengisi daya smartphone

Pexels.com

Perkembangan fitur NFC juga bisa digunakan untuk mengisi daya ponsel tanpa harus menghubungkan listrik dengan kabel. Namun, sebelum menggunakan fitur ini, kamu perlu memiliki wireless charger atau power bank yang mendukung penggunaan NFC.

Cara penggunaan NFC di ponsel

Pexels.com

NFC tersedia pada sejumlah perangkat berbasis android maupun iOS, berikut ini cara penggunaan NFC di ponsel. 

1. Cara kerja NFC di ponsel Android

Pexels.com
  • Buka aplikasi Pengaturan
  • Ketuk 'Koneksi'
  • Ketuk 'NFC' dan 'Pembayaran nirsentuh'
  • Ketuk tombol untuk mengaktifkan NFC
  • Kini NFC telah diaktifkan di perangkat, pengguna dapat mengubah pengaturan untuk pembayaran nirsentuh
  • Ketuk 'Pembayaran nirsentuh'
  • Ketuk tombol di sebelah Android Beam untuk menyalakannya
  • Pilih layanan pembayaran seluler yang ingin dipilih, dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pengaturannya.

2. Cara kerja NFC di ponsel iOS

Pexels.com
  • Buka aplikasi Pintasan
  • Ketuk tab 'Otomatisasi' di bagian bawah layar
  • Ketuk 'Buat Otomatisasi Pribadi'
  • Gulir ke bawah dan pilih NFC
  • Ketuk 'Pindai'
  • Letakkan iPhone di dekat tag NFC
  • Masukkan nama untuk tag pengguna
  • Ketuk 'Tambah Tindakan'.

Itulah, fungsi NFC pada ponsel lengkap dengan cara penggunaannya. Kalau ada informasi lain yang kamu tahu, bisa tulis lewat lewat kolom komentar, Bela! 

IDN Channels

Latest from Working Life