Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Contoh Ceramah Maulid Nabi yang Menyentuh Hati dan Bermakna

Bermakna dan menyentuh hati

Nafi' Khoiriyah

Maulid Nabi diperingati setiap 12 Rabiul Awal tahun Hijriah. Tahun ini, Maulid Nabi yang merupakan tanggal kelahiran Nabi akan jatuh pada 16 September 2024.

Biasanya pada momen tersebut, umat Islam memperingatinya dengan menyelenggarakan ceramah atau pengajian. Ceramah tersebut diisi oleh para guru jika di sekolah ataupun tokoh agama yang ada di lingkungan sekitar.

Di bawah ini adalah 5 contoh ceramah Maulid Nabi yang menyentuh hati untuk menjadi referensi.

1. Ceramah Maulid Nabi

scribd.com

Ceramah Maulid Nabi yang menyentuh hati yang pertama di atas diawali dengan membaca hamdalah dan doa terlebih dahulu. Setelah itu, ceramah kemudian dibuka dengan membaca shalawat yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. 

2. Ceramah Maulid Nabi

scribd.com

Supaya peringatan Maulid Nabi makin terasa, jangan sampai lupa untuk menyampaikan materi yang berkaitan dengan peringatan ini. Seperti pada contoh di atas, kamu bisa menyampaikan ceramah tentang bagaimana cara meneladani Nabi Muhammad SAW. 

3. Ceramah Maulid Nabi

scribd.com

Supaya ceramah Maulid Nabi yang menyentuh hati makin bermakna, jangan sampai lupa untuk menyelipkan ayat-ayat Al-Qur'an maupun hadis di dalamnya. Ayat tersebut tentunya harus berkaitan dengan Maulid Nabi atau materi yang kamu bawakan saat ceramah. 

4. Ceramah Maulid Nabi

scribd.com

Ceramah di atas memang bukan menjadi yang inti disampaikan oleh ustaz. Namun, kamu bisa memakainya sebagai pengantar untuk ceramah utama. Sama seperti yang lainnya, ceramah dibuka dan ditutup dengan salam. 

5. Ceramah Maulid Nabi

scribd.com

Contoh ceramah yang terakhir bisa menjadi ceramah yang lengkap untuk peringatan hari lahir Rasulullah SAW. Ceramah dimulai dengan pembukaan, kemudian disampaikan bagaimana peringatan Maulid Nabi dilakukan sampai saat ini. 

Itulah 5 contoh ceramah Maulid Nabi yang menyentuh hati untuk dijadikan sebagai referensi. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kondisi jemaah maupun pendengar ceramah yang hadir pada saat acara. 

IDN Channels

Latest from Inspiration