Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Idola K-pop yang Keturunan Bangsawan, Pesonanya Bikin Kamu Terpana!

Siapa saja mereka?

Ajenk Rama

Di dunia hiburan yang glamor, masih ada segelintir idola K-pop yang tidak hanya memukau secara penampilan, namun juga memiliki keturunan bangsawan. Leluhur mereka adalah sosok yang berpengaruh di Negeri Ginseng atau Luar Negeri pada zamannya. 

Meski mengalir darah biru di jiwanya, idol K-pop ini memilih untuk tidak membongkar jika dirinya masih keturunan bangsawan kepada publik. Memancarkan pesona karismatik yang membuat terpana, Popbela akan mengungkap siapa saja idol K-pop yang memiliki darah bangsawan di bawah ini. 

1. Dita Karang 'Secret Number'

Instagram.com/secretnumber.official

Nama Dita Karang tentu sudah familiar di telinga penikmat musik K-pop. Perempuan yang lahir pada 25 Desember 1996 ini merupakan idol perempuan pertama asal Indonesia yang sukses merintis karier di dunia hiburan Korea Selatan. 

Ia debut bersama Jinny, Soodam, Lea, Denise (mantan anggota), Zuu, dan Minzy di grup Secret Number. Lulusan Akademi Musik dan Drama Amerika ini memiliki nama asli Anak Agung Ayu Puspa Aditya Karang, yang berasal dari keturunan bangsawan.

Dilihat dari namanya, Anak Agung Ayu adalah keturunan kasta tertinggi kedua di Bali. Sang Ayah yang bernama lengkap Anak Agung Chandra Karang, ternyata merupakan keturunan Raja dari Kerajaan Karangasem Bali atau Puri Karangasem. 

2. V 'BTS'

Instagram.com/thv

Bernama asli Kim Taehyung ini memiliki margam Kim yang sangat eksklusif dan berkaitan erat dengan anggota Kerajaan terdahulu. Usut punya usut, V 'BTS' memiliki garis keturunan dari klan Kim Gwangsan, klan yang sama dengan keturunan Jin 'BTS.'

Kim Gwangsan merupakan salah satu klan tersohor di zaman Dinasti Joseon. Para Klan ini adalah keturunan langsung dari Raja Sinmu dari Silla, yang pernah memerintah Kerajaan Korea Silla sebagai Raja ke-45. Pantas saja auranya bak pangeran, ya!

3. Jin 'BTS'

Instagram.com/jin

Garis keturunan anggota tertua BTS tidak kalah keren dari anggota lain. Ia diyakini punya hubungan darah dengan seorang ilmuan Kerajaan ternama, serta penulis terkemuka di zaman tersebut. 

Meski belum ada konfirmasi resmi dang Kim Seok-jin, tetapi banyak orang menyakini sang idoal berasal dari klan yang sama dengan V 'BTS', yaitu keturunan Kim Heung-gwang dari pangeran ketiga Raja Sinmu dari Silla dan raja ke-45 Dinasti Silla. Keren banget, kan!

4. Solar 'MAMAMOO'

Instagram.com/solarkeem

Leader MAMAMOO, yakni Solar atau Kim Young-sun juga memiliki garis keturunan yang sama dengan anggota dua BTS. Dalam jiwa Solar mengalir darah biru dari klan Kim Gwang san, yaitu klan Kim terbesar ketiga di Korea Selatan. 

Klan Kim Gwangsan ini merupakan keturunan dai putra mahkota ketiga Raja Sinmu dari Silla bernama Kim Heung-gwang. 

5. Mingyu 'SEVENTEEN'

Instagram.com/min9yu_k

Satu lagi, idol K-pop keturunan bangsawan klan Kim Gwangsan, yaitu Mingyu 'SEVENTEEN' yang satu leluhur dari pangeran Korea kuno. Klan Kim Gwangsan ini bermarkas besar di Gwangsan, yang kini dikenal sebagai Gwangju. 

Anggota klan Kim Gwangsan merupakan keturunan pangeran ketiga Raja Sinmu dari Silla bernama pangeran Kim Heung-gwang. Meski Kim Heung-gwang tak pernah menjadi Raja, tapi ia menghasilkan banyak ilmuwan seperti Kim Jang-saeng, Kim Jip, dan Kim Manjung, yang terkenal lewat novelnya berjudul The Cloud Dream of the Nine, sebuah karya sastra Korea pertama dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris pada tahun 1922.

6. Sunny 'SNSD'

Instagtam.com/515sunnyday

Di balik kepribadian cerahnya dan kerja keras bersama SNSD selama puluhan tahun, Sunny 'SNSD' sebenarnya masih memiliki garis keturunan dari klan Jeonju Lee. Tak hanya itu, Ia juga keturunan langsung dari Pangeran Agung Horyeong. 

Pangeran Agung Horyeong adalah putra kedua dari Raja Taejong dari Joseon dan istrinya, Ratu Wonkyeong. Raja Taejong merupakan kakak dari Raja Sejong, penguasa keempat dari Joseon di Korea dan dikenang sebagai penemu Hangeul.

7. Beomgyu 'TXT'

Instagram.com/bamgyuuuu

'Si Happy Virus', Beomgyu 'TXT' mengikuti jejak San 'ATEEZ' dan Jisoo 'BLACKPINK' yang berasal dari kalangan bangsawan. Ketiganya merupakan keturunan dari klan terpanjang dan paling mulia, yaitu Gyeongju. 

Klan Gyeongju ini pernah memimpin Kerajaan Silla dengan masa kepemimpinan paling lama dalam sejarah Korea (57 SM-935 M). Sang pemilik marga Choi sempat memakai hanbok berwarna kuning bersama Huening Kai saat tampil di Inkigayo pada 2023. 

Hanbok kuning tidak boleh sembarang digunakan, sebab hanbok itu hanya dapat dipakai oleh orang-orang yang berdarah Kerajaan. Pemakaian hanbok tersebut mengisyiratkan bahwa mereka berdarah biru. 

8. Choi San dan Hongjoong 'ATEEZ'

X.com/etherealsanie

Anggota ATEEZ yang juga memiliki keturunan darah bangsawan, yaitu Choi San dan Hong-joong. Di salah satu aplikasi komunikasi antara idola dan penggemar, San mengonfirmasi jika marga Choi dalam namanya merupakan bagian dari garis keturunan klan Gyeongju. 

Klan ini dianggap paling terhormat, mulia, dan paling lama memimpin. Banyak dari klain ini yang berprofesi sebagai cendekiawan dan penulis novel tersohor Korea Selatan. Tak hanya itu, manner dan kepribadian klain Gyeongju juga sangat baik, terlihat dari kedua anggota ATEEZ yang memiliki manner bak pangeran muda. 

Itulah deretan Idol K-pop yang memiliki keturunan bangsawan. Apakah ada idola kamu, Bela?

IDN Channels

Latest from Inspiration