Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Mampu melindungi kulit hingga mengatasi jerawat.

Aulia Fitria

Antioksidan adalah zat yang dapat membantu mencegah terjadi proses kerusakan pada sel-sel kulit. Antioksidan bisa kamu temukan pada berbagai jenis sayur dan buah, yakni bayam, brokoli, kale, jeruk, stroberi, bingga bluberi. 

Selain memperoleh asupan antioksidan dari dalam tubuh, kamu juga bisa memaksimalkan manfaat kandungan yang satu ini untuk menjaga kesehatan dan mempercantik kulit lewat mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan. 

Lantas, apa saja manfaat yang bisa kamu peroleh dari antioksidan untuk kesehatan dan kecantikan kulit?

1. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

pexels.com/Maggie Zhan

Meskipun disinyalir baik untuk kesehatan kulit, terpapar sinar matahari secara berlebihan bisa menyebabkan kulit berubah menjadi kemerahan dan parahnya bisa menimbulkan iritasi. 

Dengan mengonsumsi dan mengaplikasikan produk perawatan kulit yang kaya akan antioksidan, maka kulit terbebas dari bahaya paparan sinar matahari, sebab antioksidan bersifat anti-inflamasi. Kandungan yang bersifat anti-inflamasi ini mampu mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

2. Mencerahkan kulit

pexels.com

Hampir setiap perempuan ingin memiliki kulit yang cerah. Selain mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mampu mencerahkan kulit seperti niacinamide, untuk memperoleh kulit yang cerah kamu juga bisa mengaplikasikan produk perawatan kulit yang kaya akan antioksidan seperti vitamin C.

Perlu kamu ketahui vitamin C juga mampu menghambat enzim yang bekerja memproduksi melanin.

3. Mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan

pexels.com/cottonbro studio

Seiring pertambahan usia, tanda-tanda penuaan pada kulit seperti garis halus dan kerutan akan semakin terlihat. Terlebih pada seseorang yang jarang atau bahkan tidak sama sekali mengaplikasikan produk perawatan kulit yang bekerja mencegah penuaan dini.

Apabila tidak ingin hal ini terjadi padamu, maka mulailah gunakan produk perawatan kulit yang kaya akan antioksidan. Sebab, salah satu manfaat antioksidan adalah meningkatkan produksi kolagen.

4. Mengobati melasma

pexels.com/Anna Shvets

Melasma adalah bercak-bercak berwarna kecokelatan yang muncul pada kulit akibat paparan sinar matahari, masalah hormonal, stres, penggunaan kosmetik yang mengandung pewangi berlebihan, hingga penggunaan obat-obatan tertentu.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab melasma bisa diobati dengan mengaplikasikan produk perawatan kulit yang kaya akan antioksidan, seperti vitamin C misalnya. 

5. Mengurangi jerawat

freepik.com/freepik

Jerawat menjadi masalah kulit yang paling mengganggu. Selain bisa diatasi dengan benzoyl peroxide, jerawat juga bisa diatasi dengan mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin A. 

Usut punya usut, vitamin A merupakan antiosksidan yang tergolong cukup kuat. 

IDN Channels

Latest from Skin