Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Essential Oil Ini Dapat Membantu Meredakan Nyeri Punggung

Mulai dari peppermint oil hingga minyak kayu putih.

Aulia Fitria

Nyeri punggung merupakan masalah yang kerap dielu-elukan oleh hampir setiap orang. Terlebih bagi mereka yang menghabiskan waktu lama untuk beraktivitas. Selain itu, nyeri punggung juga bisa terjadi apabila kamu jarang melakukan aktivitas fisik dan kerap kali merasa stres.

Selain tidur dengan posisi yang benar, dan mengonsumsi obat pereda nyeri, kamu bisa mengaplikasikan essential oil untuk meredakan nyeri punggung. Lantas, essential oil apa saja, ya, yang bisa bantu meredakan nyeri punggung? 

1. Minyak peppermint

healthline.com

Melansir dari Healthline, minyak peppermint dikenal dengan aroma mentholnya yang menyegarkan. Minyak peppermint ini tak hanya mengurangi kram perut saat menstruasi saja, minyak peppermint juga diyakini bisa meredakan nyeri punggung.

Minyak peppermint juga dikenal memiliki analgesik yang kuat. Inilah mengapa minyak peppermint dapat digunakan untuk mengatasi masalah nyeri punggung.

2. Minyak serai

Greeners.co

Kerap digunakan untuk mengatasi stres dan cemas, minyak serai juga ternyata bisa mengatasi nyeri punggung. Meskipun manfaatnya belum terbukti pada manusia, tak ada salahnya bagi kamu untuk mengaplikasikan minyak serai pada area yang terdampak.

Di samping itu, minyak serai juga bisa kamu gunakan untuk mengobati masalah pencernaan.

3. Minyak jahe

anibee.tv

Jahe memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meredakan nyeri akibat menstruasi, mengurangi reaksi alergi, mencegah resiko terkena penyakit jantung, serta menurunkan berat badan.

Lebih dari itu, jahe juga bisa meredakan nyeri punggung. Hal ini berkat sifat antiinflamasi yang dimilikinya. Bahkan sebuah studi menemukan bahwa jahe bisa mengobati rheumatoid arthritis.

4. Minyak lavender

pexels.com

Kerap digunakan untuk meningkatkan suasana hati dan membuat tidur lebih nyenyak, minyak lavender nyatanya memiliki manfaat lain, yakni meredakan berbagai rasa nyeri. Ya, lavender bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala dan nyeri otot serta punggung.

5. Minyak kayu putih

pexels.com/Tara Winstead

Minyak kayu putih merupakan minyak yang tak kalah populer dan bermanfaat. Minyak kayu putih kerap digunakan untuk meredakan sakit kepala, meredakan hidung tersumbat, dan batuk.

Lebih dari itu, minyak kayu putih juga dapat meredakan nyeri punggung. Ini berkat sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dimiliki oleh minyak kayu putih.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Health