Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Mengatasi Bau Mulut yang Tidak Sedap 

Bisa dengan minum air dengan cukup hingga tidak merokok

Aulia Fitria

Bau mulut merupakan salah satu permasalahan yang cukup menjadi perhatian banyak orang. Sebab, tak hanya membuat orang-orang di sekitar merasa tidak nyaman, bau mulut yang tidak sedap juga bisa membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Perlu kamu ketahui bahwa bau mulut ini bisa disebabkan oleh banyak hal.

Mulai dari tidak menjaga kebersihan mulut, mulut kering, mulut infeksi, merokok, minum alkohol, mengonsumsi makanan tertentu, hingga mengidap penyakit seperti GERD, diabetes, gangguan pada hati dan ginjal, bronkitis, pneumonia, hingga sinusitis.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab Popbela sudah merangkum berbagai cara mengatasi bau mulut yang tidak sedap.

1. Minum air putih yang cukup

Image by pressfoto on Freepik

Salah satu dari sekian banyak penyebab terjadinya bau mulut adalah mulut yang kering. Penting untuk kamu ketahui bahwa air liur berfungsi membersihkan mulut dari sisa makanan dan bakteri yang menempel di dalam mulut. Apabila mulut kering, maka terjadi penumpukan sisa makanan dan bakteri dan hal ini menimbulkan bau mulut.

Agar mulut tidak kering, kamu bisa mengonsumsi air putih secukupnya setiap hari. Sebab, air putih diketahui dapat meningkatkan produksi air liur sehingga kamu terbebas dari masalah mulut kering.

2. Hindari makanan yang menyebabkan bau mulut

pexels.com/Karolina Grabowska

Selain mulut kering, bau mulut juga bisa disebabkan oleh makanan yang kamu konsumsi. Ada beberapa makanan yang ketika dikonsumsi bisa menyebabkan bau mulut. Makanan yang dimaksud ini adalah bawang-bawangan, ikan, serta makanan pedas.

Namun, hal ini bukan berarti kamu tidak diperbolehkan mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Hanya saja, apabila tidak ingin mulut berbau, batasi konsumsi makanan-makanan tersebut.

3. Menjaga kebersihan gigi

pexels.com

Bukan hanya kulit dan rambut saja yang kesehatannya perlu dijaga. Menjaga kebersihan gigi juga sama pentingnya. Langkah sederhana yang perlu kamu terapkan dan tentunya tidak boleh dilewatkan adalah menyikat gigi dengan bersih.

Selain menggosok gigi, kamu juga bisa melakukan flossing. Flossing ini membantu menghilangkan sisa-sisa makanan di area gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Agar gigi bersih dengan optimal, kamu juga bisa melakukan kontrol gigi setiap enam bulan sekali. Langkah ini juga membantu dokter untuk mengidentifikasi permasalahan gigi yang tengah kamu hadapi. Apabila gigimu tengah bermasalah, maka dokter bisa langsung mengatasinya.

4. Pakai obat kumur

freepik.com/freepik

Selanjutnya, kamu bisa berkumur dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur dinilai efektif untuk mengatasi bau mulut. Hanya saja, kamu tidak bisa sembarangan menggunakan obat kumur, sebab penggunaan obat kumur, terlebih ketika terdapat kandungan alkohol di dalamnya bisa membuat mulut kering.

Di samping itu, kamu tidak disarankan memakai obat kumur dan menggosok gigi di saat yang bersamaan. Sebab, cara ini dikhawatirkan dapat membuat obat kumur atau pasta gigi yang seharusnya dapat membersihkan gigi dan mulut, malah tidak bekerja dengan optimal.

5. Jangan merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Ya, merokok dapat merusak paru-paru. Tidak berhenti sampai di sana, merokok juga bisa menyebabkan stroke dan penyakit jantung.

Rokok juga diketahui dapat merusak gigi serta menimbulkan bau mulut.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Health