Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Kesalahan dalam Menggunakan Minyak Rambut

Salah satunya adalah tidak segera membilas rambut.

Aulia Fitria

Minyak rambut merupakan salah satu rangkaian produk perawatan rambut yang kerap digunakan untuk menjaga kelembapan dan menutrisi rambut. Lebih dari itu, minyak rambut juga kerap dipilih sebagai produk perawatan rambut agar rambut tumbuh dengan lebat.

Namun, manfaat dari minyak rambut tidak benar-benar bisa kamu rasakan apabila kamu melakukan kesalahan-kesalahan ini dalam mengaplikasikan minyak rambut. Melansir dari berbagai sumber, ini kesalahan dalam mengaplikasikan minyak rambut yang perlu kamu hindari.

1. Tidak segera membilas rambut

pexels.com

Kesalahan pertama dalam mengaplikasikan minyak rambut adalah tidak segera membilas rambut, bahkan ada juga yang membiarkannya hingga esok hari. Hal ini tentu membuat pori-pori menjadi tersumbat.

Alih-alih membiarkannya semalaman, cukup gunakan minyak rambut maksimal empat jam saja.

2. Mengaplikasikan minyak rambut saat rambut sedang dalam kondisi berminyak

skinkraft.com

Minyak rambut tidak disarankan untuk diaplikasikan ketika rambutmu sedang dalam kondisi berminyak. Sebab, ketika kamu mengaplikasikan minyak rambut pada rambut yang berminyak, pori-pori akan tersumbat dan hal ini dikhawatirkan membuat area kulit kepala menjadi infeksi.

Untuk itu, pastikan kamu menggunakannya ketika rambut sedang dalam kondisi yang bersih.

3. Menyisir rambut setelah mengaplikasikan minyak rambut

pexels.com

Bela, apakah kamu pernah menyisir rambut setelah menggunakan minyak rambut? Ternyata kebiasaan tersebut dapat merusak rambut. Alih-alih menyisir setelah mengaplikasikan minyak rambut, kamu bisa menyisir sebelum mulai menggunakannya.

Cara itu juga disebut-sebut dapat memudahkan proses pengaplikasian minyak rambut.

4. Mengaplikasikannya terlalu banyak

healthline.com

Alih-alih memberi manfaat lebih untuk rambut, mengaplikasikan minyak rambut terlalu banyak malah menambah masalah pada rambut. Selain membuat rambut menjadi berminyak, mengaplikasikan minyak rambut terlalu banyak bisa membuat pori-pori tersumbat.

Gunakanlah minyak rambut sesuai dengan panjang dan ketebalan rambut.

5. Membungkus rambut dengan handuk

Facetofeet.com

Kesalahan lain yang tanpa kamu sadari bisa merusak rambut adalah membungkus rambut dengan handuk setelah mengaplikasikan minyak rambut. Alih-alih membungkusnya dengan handuk, kamu bisa membaluti rambut dengan kain berbahan katun agar minyak rambut dapat menyerap dengan maksimal.

IDN Channels

Latest from Hair