Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tren Pernikahan Tahun 2024, dari Konsep hingga Dekorasi

Penggunaan visual dan film untuk abadikan momen

Natasha Cecilia Anandita

Tahun 2024 segera datang dan disambut bahagia. Apalagi untuk kamu yang ingin melangsungkan pernikahan di tahun genap ini. Dari tahun ke tahun, tren pernikahan selalu berubah, mulai dari konsep megah sampai intimate, serta warna-warna yang akan dipakai. 

Tahun ini diperkirakan warna-warna bold yang kuat akan menjadi pilihan, seperti warna rose, ungu, bahkan hingga hitam yang dipadukan dengan dekorasi lain. Penggunaan multimedia, LED, efek visual, atau permainan lighting juga mungkin akan diminati. 

Mengumpulkan data dari budaya pop, berikut tren pernikahan yang ada di tahun 2024. Penasaran apa saja kira-kira? Berikut deretan trennya. 

1. Foto bergaya doku atau candid

pexels.com/анна-хазова

Di tahun 2024 ini sepertinya foto bergaya doku atau candid akan lebih disukai. Ini memperlihatkan momen kebersamaan yang lebih realistis dan natural. Tapi, foto pose akan tetap ada. Foto-foto tersebut bisa diambil langsung oleh fotografer atau dari para tamu undangan, maupun dengan kamera polaroid milik pribadi. 

2. Banyak detail berukuran mini

vogue.co.uk

Semua yang mini-mini atau kecil akan lebih disukai. Mulai dari kue pengantin yang mini tapi tetap estetik, gaun pengantin pendek, sampai karangan bunga pengantin yang sederhana. Tak perlu bermegah-megah untuk melangsungkan pernikahan, banyak hal kecil juga yang bisa menjadi cantik untuk menemani hari bahagia. 

3. Hiburan yang bisa dirasakan langsung

brides.com

Mendengarkan lagu-lagu romantis di hari pernikahan yang dibawakan oleh band pengiring mungkin sudah biasa. Di tahun 2024, kemungkinan ada hiburan lain yang menjadi tren. Salah satunya menghadirkan pelukis, baik yang melukis di kanvas atau pelukis pasir, untuk memperlihatkan perjalanan cinta dari sang pengantin. Bisa juga pelukis tersebut melukis para tamu undangan yang nantinya dapat menjadi suvenir yang unik.

4. Penuh teknologi

vogueballroom.com.au

Di zaman yang semakin canggih ini, banyak hal terjadi menggunakan teknologi. Begitu juga dengan pernikahan di tahun 2024. Kemungkinan penggunaan LED, efek visual, multimedia atau permainan lighting, akan ditampilkan. 

Pengantin juga bisa menggunakan teknologi dalam menyusun pernikahannya. Seperti membuat undangan digital untuk dibagikan, buku tamu digital, bahkan dengan buku audio digital untuk memberikan ucapan selamat, serta siaran langsung pemberkatan/akad nikah untuk tamu yang tak dapat hadir. 

5. Pembuatan film pre-wedding dan wedding

pexels.com/rene-asmussen

Berkat teknologi juga, kini para pengantin lebih suka membuat film pre-wedding yang mungkin menceritakan perjalanan cinta mereka, sampai after movie di hari pernikahan. Semuanya dibungkus secara estetik oleh sang vendor.

Terkait film tersebut, kini trennya adalah mengabadikan momen melalui drone yang terlihat dari berbagai sudut dan estetik, apalagi untuk kamu yang merencanakan menikah di luar ruangan. 

6. Menyempatkan waktu berkualitas sebelum pernikahan

brides.com

Berbeda dengan zaman dulu, sepertinya para calon pengantin akan banyak menyempatkan waktu berkualitas dengan pasangannya sebelum hari pernikahan. Mungkin mereka masih bertemu di malam harinya untuk dinner romantis berdua sebelum menjadi suami istri. Bisa juga menyempatkan waktu untuk makan malam dan bermain bersama dengan orang-orang terdekat untuk merayakan pernikahan. 

7. Kue pengantin yang bertekstur

pexels.com/taha-samet-arslan

Tren lainnya adalah tentang kue pengantin. Selain memilih yang mini-mini, tren lainnya kue yang bertekstur. Kue yang berlipat-lipat, berenda, atau pola stensil maupun ruffles yang meniru gaun pengantinmu akan terlihat lebih menarik. 

8. Intimate atau lebih banyak bangku dan kursi

pexels.com/jonathan-borba

Di tahun depan, kemungkinan intimate wedding masih menjadi salah satu pilihan populer. Kamu bisa mengundang beberapa sahabat terbaik untuk hadir dipernikahan. Konsep outdoor dengan lebih banyak bangku dan meja juga menjadi pilihan. 

9. Motif bunga, warna bold, sampai vintage di dekorasi

greenweddingshoes.com

Untuk tren dekorasi pernikahan di tahun 2024, sepertinya warna-warna bold akan mendominasi. Baik warga ungu bit, rose, merah muda seperti viva magenta, sampai hitam monokrom juga menjadi pilihan. Warna-warna ini akan membuat pestamu semakin ceria, meriah, berkesan, dan berani. 

Aksen pola dan floral juga menarik perhatian yang membuat hari bahagiamu meninggalkan kesan yang mendalam, baik kamu sebagai pengantin maupun para tamu undangan. Kesan-kesan vintage era 80-an juga akan kian digemari yang selaras dengan tren warna. 

10. Menerapkan keberlanjutan dan organik

vogue.com

Tren selanjutnya adalah pernikahan yang menerapkan program keberlanjutan serta hal-hal organik. Selain bersenang-senang, hari pernikahanmu juga bisa sebagai momen mewujudkan kepedulianmu dengan lingkungan. 

Pernikahan keberlanjutan bisa diisi dengan penggunaan undangan digital dibandingkan undangan kertas, memilih tempat yang memprioritaskan keberlanjutan, atau memilih makanan dan bunga yang bersumber dari lokal. Kamu juga bisa menggunakan barang antik, seperti gaun dan cincin, yang tidak hanya menambah sentuhan nostalgia, tetapi juga mengurangi permintaan akan produk baru.

Sementara itu, pernikahanmu juga bisa merangkul keindahan alam sekitar dengan pengaturan gaya organik. Tren ini adalah tentang menciptakan hubungan dengan alam dan menggabungkan bahan dan bentuk alami dan organik ke dalam dekorasi pernikahan.

Contohnya, menggunakan meja kayu dan tanaman hijau dalam dekorasi. Tren gaya organik ini begitu memperlihatkan kesederhanaan dan keaslian, menciptakan suasana yang terasa hangat, mengundang, dan selaras dengan alam.

Tren ini akan cocok banget buat kamu yang suka dengan alam, tak suka berpesta dengan banyak orang, tapi lebih mementingkan kehangatan bersama orang-orang terkasih sambil melihat hal yang indah. 

Dari 10 tren pernikahan tahun 2024 di atas, mana yang akan kamu terapkan dalam pernikahanmu, Bela?

IDN Channels

Latest from Married