Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Rosa Akhirunnisa Bagi Waktu antara Keluarga dan Pekerjaan

Kuncinya adalah menyusun jadwal anak

Astri Amalia

Sebagai seorang perempuan yang telah berkeluarga dan juga berkarier, nyatanya membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan jadi salah satu tantangan bagi Parenting & Childhood Enthusiast, Diploma Montessori, dan sosok di balik platform 'The Learning Parents', Rosa Akhirunnisa.

Dalam sesi talk show di acara BeautyFest Asia Yogyakarta day-3, Rosa membagikan cara bagaimana ia bisa membagi waktunya antara keluarga serta pekerjaan. Tanpa panjang lebar lagi, yuk, langsung simak obrolan Popbela bersama Rosa berikut ini, Bela!

Dimulai dari memahami prioritas utama

Dok. IDN Media

Menurut Rosa, ia bisa membagi waktu antara keluarga dan pekerjaannya dengan baik karena bantuan orang-orang terdekatnya, yakni suami, anak, serta teman-teman dari 'The Learning Parents' ditambah dengan memahami betul apa prioritas utamanya.

"Wah ini jadi sebuah challenge, ya, kan life full of challenge, ya, kalau nggak ada challenge ya bukan hidup. Jadi, cara satu kami itu mempunyai mimpi ya kan dan aku tidak sendiri, dikelilingi oleh support system yang hebat, terima kasih buat suami saya juga yang sudah mendukung, lalu di sini teman-teman dari TLP juga sangat hebat sekali gitu lho. Nah jadi cara untuk membuat dan men-develop TLP ini kok rasanya tuh sangat mudah, gitu. Dan membagi waktunya aku tuh selalu nge-set priority utama, terus planning, apalagi aku Virgo, ya," ujar Rosa.

Ternyata, menyusun jadwal anak adalah kunci penting agar ia mampu membagi waktu dengan baik

Dok. IDN Media

Selain itu, Rosa mengatakan bahwa kunci sukses dalam membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan adalah dengan menyusun jadwal bagi anaknya. Putranya yang baru berusia 1,5 tahun ternyata sudah mengerti ketika diberitahu tentang jadwal hariannya.

"Even sampai sekarang, dia tahu bangun jam setengah 5, subuh ke masjid sama babanya, terus dia tahu dia mau ke mana. Jadi itu tuh kunci kita," Kata Rosa.

Membuat jadwal bagi anak nyatanya bukan hanya membuat Rosa lebih luwes dalam membagi waktunya, tapi juga membantu anak supaya tidak mudah cranky alias mudah marah. Rosa juga memberitahu kepada audiens bahwa meski anak masih bayi, tapi mereka sudah sangat pintar untuk tahu jadwal dan diajarkan sebuah kebiasaan.

"Nah jadi, ketika udah ada jadwal pengatur, anak tuh jadi lebih less cranky, jadi dia nggak kekurangan sensori juga, karena dia tahu 'aku habis ini mau ngapain', kekurangan aktivitas lah. Dan mempermudah sekali aku dan suami relate sama pekerjaan, ya. Dan di luar TLP, aku juga develop dua brand lagi, tapi Alhamdulillah sekali kita dikeliingi support system yang sangat-sangat hebat, dan aku juga terima kasih banget anakku ini sangat mendukung, maksudnya aku ajak keluar happy, sangat-sangat ekstrovert, ya," ujar Rosa. 

Itulah cara Rosa Akhirunnisa bagi waktu antara keluarga dan pekerjaannya. Bagaimana menurutmu?

IDN Channels

Latest from Married