Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Pantai Balangan, Bali: Lokasi, Rute Wisata, & Aktivitas Seru

Keseruan berselancar di Pantai Balangan, Bali

Nindi Widya Wati

Bali memang dikenal sebagai pulau yang memiliki banyak pantai dengan keindahannya. Termasuk, saat kamu mencari pantai dengan pemandangan ciamik dan tidak terlalu ramai wisatawan, maka cobalah berkunjung ke Pantai Balangan. 

Cukup menarik perhatian wisatawan, ketika melihat Pantai Balangan yang lokasinya tersembunyi di antara dua tebing curam. Selain bisa melihat keindahan sunset di Pantai Balangan, para wisatawan juga bisa menjajal aktivitas olahraga air seperti berselancar. 

Kalau ingin tahu informasi lebih lengkap tentang Pantai Balangan, mari simak dalam artikel berikut ini, Bela! 

Lokasi Pantai Balangan

Instagram.com / aquabingin

Pantai Balangan menjadi salah satu pantai yang berada di bagian selatan Pulau Bali, atau beralamat di Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan. Bila kamu berangkat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, setidaknya menempuh waktu sekitar 35 menit dengan naik mobil. 

Rute menuju Pantai Balangan

Instagram.com / padangpadangsurfcampbali

Perjalanan menuju Pantai Balangan, dapat dimulai dengan melewati Jalan Uluwatu, kemudian belok kanan menuju Jalan Pantai Balangan. Saat di sepanjang Jalan Pantai Balangan, kamu akan melewati jalanan yang sempit, berkelok-kelok, dan sejumlah bagian menanjak.

Namun, kondisi jalannya sendiri tergolong masih bagus dan beraspal. Lalu, kamu perlu memarkirkan kendaraan untuk berjalan menuruni sejumlah anak tangga selama 5 menit menuju area Pantai Balangan.

Gratis masuk ke Pantai Balangan

Instagram.com / mi.marchetti

Siapa sangka, keindahan alam Pantai Balangan bisa dinikmati para wisatawan secara gratis. Lantaran, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli tiket masuk ke Pantai Balangan. Area wisata pantai ini, masih tergolong baru dan belum dikelola secara resmi. 

Bila biaya masuk ke Pantai Balangan tidak dikenakan biaya, maka perlu diingat kalau wisatawan harus membayar biaya parkir kendaraan. Jika kamu mengendarai motor akan dikenakan biaya Rp5.000, sedangkan untuk mobil dikenakan biaya parkir Rp15.000. 

Keindahan alam di Pantai Balangan

Instagram.com / abe2go

Ketika tiba di Pantai Balangan, pada bagian timur pantai di batasi oleh tebing tinggi dengan lekukan di bagian bawahnya karena terkikis gelombang. Sementara pada bagian barat, Pantai Balangan di batasi oleh tebing tinggi yang dipenuhi tanaman, terutama pohon palem.

Kalau kamu berjalan menuju tebing bagian barat, terdapat cottage untuk menikmati pantai dari ketinggian. Jangan lewatkan momen saat air laut surut di Pantai Balangan, karena ada akses menuju Pantai Dreamland yang dapat dilakukan dengan berjalan kaki di sepanjang pantai barat. 

Aktivitas seru saat berada di Pantai Balangan

Instagram.com / bradhassurfbali

Saat sampai di Pantai Balangan, wisatawan bisa mencoba aktivitas selancar karena ombak lautnya yang cukup tinggi. Sedangkan, bila air laut sedang surut, kamu dapat bermain air atau berendam di antara batuan karang.

Lalu, saat menuju sore hari, kamu bisa duduk santai di pasir putih Pantai Balangan sembari menikmati matahari terbenam dengan deburan ombak. Kalau ingin berburu kuliner di sekitar Pantai Balangan, kamu bisa menjajal kelezatan nasi jinggo, rujak bulung, hingga lumpiang. 

Pantai Balangan kerap jadi lokasi foto prewedding

Instagram.com / balifolder

Meski lokasi Balangan cukup terpencil, namun keindahan pantainya membuat siapapun ingin berkunjung kesana. Bahkan, biasanya Pantai Balangan dijadikan tempat untuk melakukan foto prewedding. Saat foto prewedding di Pantai Balangan, bisa mengabadikan momen dengan keindahan laut biru serta berada di atas bukit.

Itulah informasi mengenai wisata Pantai Balangan. Kalau ada informasi lain yang kamu tahu, bisa tulis lewat kolom komentar, Bela!

IDN Channels

Latest from Travel