Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Jangan Kaget, Ini Fashion Item Termahal yang Pernah Dilelang

Mengingatkan kita pada kasus pelecehan seksual

Rara Peni Asih

Membeli fashion items koleksi terbaru dan teranyar terdengar biasa saja. Tapi bagaimana jika membeli gaun atau pakaian 'bekas' yang dilelang dengan harga miliaran?

Tentu sangat menarik jika fashion items 'second hand' yang dilelang justru mempunyai nilai sejarah. Seperti pakaian yang pernah dipakai selebritas tersohor yang melegenda, inilah fashion item termahal yang pernah dilelang.

1. Gaun 'Happy Birthday' Milik Marilyn Monroe: 4,8 juta dolar atau Rp69 miliar

rollingstone/dw.com/Reuters

Gaun termahal yang pernah dilelang adalah gaun 'Happy Birthday' yang dipakai Marilyn Monroe. Gaun ini dipakai olehnya saat menyanyikan lagu "Happy Birthday" versi menggoda kepada Presiden John F. Kennedy pada 1962.

2. Gaun Subway Grate 'Seven Year Itch' Marilyn Monroe: 4,5 juta dolar atau Rp64,6 miliar

thetimes.co.uk

Awalnya, gaun 'Seven Year Itch' pernah jadi fashion item paling mahal yang pernah dilelang. Namun pada 2016, gaun 'Seven Year Itch' terkalahkan dengan gaun 'Happy Birthday'. Gaun paling ikonis yang dipakai Marilyn Monroe ini sebetulnya wardrobe film 'The Seven Year Itch', dan berhasil dilelang pada 2011 di Beverly Hills.

3. Gaun Eliza Doolittle's 'My Fair Lady': 4,4 juta dolar atau Rp63 miliar

summitmedia-digital.com

Gaun yang dipakai oleh Audrey Hepburn ini menjadi bagian dari film "My Fair Lady" pada 1964. Gaun mewah ini diketahui dimiliki oleh aktris legendaris layar lebar bernama Debbie Reynolds yang akhirnya diputuskan untuk dilelang pada 2011.

Bahkan Debbie Reynolds dikenal sebagai kolektor berbagai adibusana, dan karya fotografi. Ia pun sering mengadakan lelang dari koleksi yang dimiliki.

4. Jaket 'Thriller' Milik Michael Jackson : 1,8 juta dolar atau Rp25 miliar

wardrop7348.blogspot.com/Douglas Kirkland

Jaket kulit warna merah milik Michael Jackson yang ikonis ini dilelang pada 2011 dan menghasilkan Rp25 miliar. Nggak heran jika sangat bernilai, karena pada 1982 saat Michael Jackson merilis album "Thriller", jaket merah yang sangat kontras ini langsung booming pada zamannya.

5. Gaun Dorothy dari Film 'The Wizard of Oz': 1,6 juta dolar atau Rp23 miliar

insider.com

Pada 2015, siapa sangka gaun sederhana yang dipakai Judy Garland saat berakting di film 'The Wizard of Oz' ini bisa laku Rp23 miliar? Namun, jika dilihat dari kesuksesan kariernya, ternyata gaun inilah yang membuat nama Judy Garland melambung tinggi.

Namun gaun ini juga mengingatkan kita kepada kisah miris Judy Garland saat proses produksi film tersebut.

Ia dikabarkan menjadi korban pelecehan seksual oleh lawan mainnya, belum lagi tim produksi film tersebut memberinya obat terlarang agar ia bisa berakting sesuai yang diminta para kru.

Kejam sekali ya, nggak heran kalau Judy Garland merasa pengalamannya berakting di film 'The Wizard of Oz' adalah sebuah mimpi buruk.

Kira-kira di antara fashion item di atas, mana yang paling worth it banget nilainya, Bela?

IDN Channels

Latest from Style & Trends