Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film Horor Asia Berlatar Sekolah: Saatnya Menguji Solidaritas

Bikin nggak betah lama-lama di sekolah

Nabila Damaan

Sekolah menjadi tempat menimba ilmu sekaligus tempat paling seru untuk berinteraksi. Setiap orang pasti pernah memiliki kenangan semasa sekolah, baik kenangan indah maupun kenangan buruk sekalipun. Itulah mengapa banyak film maupun drama yang dibuat dengan latar belakang sekolah, begitu pula dengan film-film horor.

Tempat yang hanya ramai di kala siang dan nggak berpenghuni di malam hari ini memang memiliki nuansa mencekam yang mendukung. Apalagi ditambah dengan legenda ataupun cerita horor turun temurun yang biasanya ada di beberapa negara di Asia. 

Dikemas dengan cerita yang menarik, berikut adalah 10 film horor Asia berlatar sekolah  yang dapat Popbela rangkum untukmu.

1. Death Bell 2: Bloody Camp (Gosa 2)

Negara: Korea

Durasi: 90 menit

Tanggal rilis:  28 Juli 2010

Pemain: Park Ji Yeon, Yoon Shi Yoo, Hwang Jung Eum, Kim Su Ro, dan Park Eun Bin

Peristiwa mengerikan menimpa sekelompok siswa sekolah menengah dan seorang guru muda. Mereka terkunci di dalam gedung sekolah setelah insiden seorang instruktur renang yang ditemukan tewas terbunuh.

Guru bersama ke-30 murid yang tergabung dalam “Kelas Belajar” ini dihantui oleh sosok tak dikenal. Mereka diharuskan mencari tahu siapa pembunuh instruktur renang tersebut dan penyebab kematiannya.

Begitu banyak teror hingga kematian yang mengerikan terjadi pada malam itu. Hingga berbagai keburukan yang terjadi di sekolah itu pun kian terkuak.

2. Be with Me (Ghost)

asianwiki.com

Negara: Korea Selatan

Durasi: 108 menit

Tanggal rilis: 10 Juni 2010

Pemain: Lee Tae Ri, Shin Ji So, Han Ye Ri, Choi Hye Kyung, Kim Kkot Bi, dan Bae Soo Bin

Be with Me atau Ghost adalah film omnibus asal Korea. Film berdurasi hampir 2 jam ini dibagi menjadi 4 bagian cerita dengan latar sekolah. Di mulai dari Chapter pertama bertajuk “Tell Me Your Name” sebagai prolog yang memperlihatkan tiga orang gadis, Seo Hee, Nam Hee, dan Lan yang  sedang memegang kartu tarot.

Lalu, dilanjutkan pada bagian kedua, yakni “Tarot 1: Ghost Boy” yang kisahnya berkisar pada seorang siswa menengah yang bisa melihat hantu. Dilanjutkan pada bagian kedua “Tarot 2: Attached”, yang kali ini membahas seputar Nam Hee dan So Young, serta bagian ketiga “Tarot 3: The Unseen” yang berkisah seputar Lan dan kedua sahabatnya.

3. Re/member

Negara: Jepang

Durasi: 103 menit

Tanggal rilis: 14 Oktober 2022

Pemain: Kanna Hashimoto, Gordon Maeda, Maika Yamamoto, Fuju Kamio, Kataro Daigo, dan Mayuu Yokota

Enam orang pelajar ditempatkan dalam situasi yang terus berulang setiap hari. Hingga suatu ketika mereka menyadari bahwa ada sesuatu yang nggak beres terjadi ketika mereka bermimpi.

Keenam siswa-siswi tersebut memiliki misi untuk menemukan 8 anggota tubuh seorang gadis bernama Haruka yang dibunuh secara tragis. Keenam siswa tersebut haruslah menyusun rencana agar gadis merah berhenti meneror mereka.

4. Mourning Grave (Sonyeogoedam)

Negara: Korea Selatan

Durasi: 90 menit

Tanggal rilis: 2 Juli 2014

Pemain: Kim So Eun, Kang Ha Neul, Jeong Tae Kim, Hye Rin Han, dan Doo Sik Park

Film horor asal Korea ini berkisah tentang kehilangan misterius yang terjadi di kalangan siswa sekolah sesaat setelah hadirnya seorang murid baru bernama In Soo. Siswa baru itu ternyata memiliki kemampuan spesial, yaitu dapat melihat hantu. 

Karena kemampuan itu, In Soo sempat dikucilkan oleh teman-temannya di sekolah lama, dan memutuskan untuk memulai kehidupan baru di pedesaan pinggiran kota Seoul. Di sekolah barunya itu, ia bertemu dengan sosok hantu perempuan dan menjalin persahabatan dengan hantu tersebut. Semenjak bersahabat dengan hantu perempuan itu, satu per satu murid hilang secara misterius.

5. Toire no Hanako-san: Shin Gekijoban

asianwiki.com

Negara: Jepang

Durasi: 95 menit

Tanggal rilis: 29 Juni 2013

Pemain: Yuuka Ueno, Ayame Misaki,  Seia Yasuda, Akika Tanaka, Rina Yamakawa, Haruna Shijo, dan Ryoma Baba

Di Jepang terdapat sebuah urban legend tentang sosok perempuan bergaun merah yang kerap berada di toilet sekolah, bernama Hanako-san. Begitu banyak film horor Jepang yang mengangkat cerita masyarakat tentang Hanako-san ini.

Film kali ini berpusat kepada seorang murid baru bernama Sayo yang pindah dari Tokyo ke pedesaan untuk tinggal bersama sang nenek. Hari pertama kepindahannya ke sekolah baru, ia melihat salah satu kelasnya, Maho mengalami perundungan dan dikunci dalam toilet sekolah. Hanya saja Sayo tidak bisa membantu Maho.

Sesampainya di rumah, Sayo terus memikirkan keadaan Maho yang masih terkunci di dalam toilet sekolah, hingga akhirnya ia memberanikan diri menghampiri Maho dan mendapati Maho telah meninggal.

6. Siam Square

Negara: Thailand

Durasi: 113 menit

Tanggal rilis: 3 Mei 2017

Pemain: Thanabordee Jaiyen, Eisaya Hosuwan, Ploy Sornarin, dan Purim Rattanaruangwattana

Berawal dari rasa penasaran, berujung teror-teror yang mematikan. Film horor asal Thailand ini mengisahkan tentang sekelompok remaja yang ingin membuktikan sebuah mitos. Mitos “kursi benang merah” itu dipercaya bisa meningkatkan kesempatan untuk lulus ujian masuk perguruan tinggi.

Tidak percaya dengan mitos tersebut, sejumlah siswa berniat untuk menguji kebenarannya. Setelah menyusuri beberapa sekolah di pusat kota Thailand, Siam, akhirnya mereka menemukan “kursi benang merah” dan melakukan ritual persembahan tanpa mengetahui malapetaka yang akan menimpa mereka.

7. Dorm (Dek hor)

Negara: Thailand

Durasi: 110 menit

Tanggal rilis: 2 Februari 2006

Pemain: Charlie Trairat, Chintara, dan Sukapatana

Berkisah mengenai seorang anak laki-laki bernama Ton. Ia dikirim oleh sang ayah ke sebuah asrama dengan niat mendapatkan nilai yang lebih baik. Setelah berada di asrama, Ton merasa seperti anak buangan, ia sangat merindukan keluarga dan teman-teman lamanya.

Rasa ketidaknyamanan terus menghantui Ton apalagi ditambah teman-teman barunya selalu menceritakan cerita-cerita seram yang terjadi di sekitar asrama, seperti cerita tentang anak laki-laki yang tewas di kolam renang, hingga kisah tentang perempuan hamil yang melakukan bunuh diri.

8. The Haunted School (Hau mo chu)

Negara: Hong Kong

Durasi: 95 menit

Tanggal rilis: 15 Maret 2007

Pemain: Tsui Tin Yau, Theresa Fu, Steven Cheung, Amanda Lee, Dennis Mak, dan Don Li

Film asal Hong Kong ini berpusat di sebuah sekolah asrama Narranmoda. Selain dikenal dengan aturan yang ketat, sekolah asrama ini juga menyimpan banyak misteri. Hal tersebut bermula ketika kepala sekolah menerima empat orang murid laki-laki untuk meningkatkan pendapatan sekolah. 

Keempat murid laki-laki tersebut berada di bawah pengawasan Nona Fong dan seorang siswi Ho Yat Man. Di sekolah asrama itu, terdapat sebuah urban legend yang mengatakan bahwa sekolah itu berhantu dan ketika ada yang melakukan pelanggaran, mereka akan dipanggil ke kantor direktur, dan secara misterius akan menghilang atau ditemukan tewas.

9. Sunyi

Negara: Indonesia

Durasi: 91 menit

Tanggal rilis: 19 April 2019

Pemain: Amanda Rawles, Angga Aldi Yunanda, Arya Vasco, Naomi Paulinda, dan Teuku Ryzki

Kali ini ada film horor asal Indonesia, bertajuk Sunyi yang merupakan adopsi dari film Korea Selatan, Whispering Corridors (1998). Film ini berkisah tentang Alex (Angga Yunanda) yang berhasil diterima sebagai murid sekolah bergengsi, SMA Abdi Bangsa.

Di balik branding sekolah yang mencetak banyak murid berprestasi, sekolah ini memiliki tradisi senioritas yang masih berlaku, sehingga membuat Alex merasa frustasi. Apalagi ditambah dengan Alex yang merupakan anak seorang paranomal terkenal.

Ia kerap kali diganggu oleh para senior untuk melakukan ritual pemanggilan roh, hingga suatu hari beberapa senior yang merundung Alex ditemukan tidak bernyawa. 

10. As the Gods Will

Negara: Jepang

Durasi: 91 menit

Tanggal rilis:  2014

Pemain: Sota Fukushi ∙ Hirona Yamazaki ∙ Ryūnosuke Kamiki ∙ Mio Yūki ∙ Shōta Sometani

Film ini diawali dengan kisah murid SMA bernama Shun Takahata (Sota Fukushi) yang menjalani kehidupan normal. Shun bahkan berpendapat kalau kehidupannya  sangatlah  membosankan, tapi semua itu berubah ketika mendadak muncul boneka daruma hidup di kelasnya.

Seisi kelas lalu dipaksa memainkan game tradisional daruma. Shun yanga walnya tidak tertarik dengan permainan tersebut terpakasa menyelesaikannya agar bisa selamat dari kutukan.

Mau nonton yang mana duluan nih, Bela?

IDN Channels

Latest from Inspiration