Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

6 Penyebab WhatsApp Kena Spam dan Solusinya

Nggak pelru panik, pasti ada bisa diatasi, kok!

Audia Natasha Putri

Salah satu masalah yang kerap dihadapi pengguna WhatsApp adalah mengalami spam dari seseorang yang tidak dikenal. Pasalnya, kejadian ini turut merugikan pengguna WhatsApp.

Lantaran akses akun WhatsApp yang terindikasi spam akan dibatasi bahkan diblokir oleh pihak WhatsApp. Beberapa alasan bisa membuat akun WhatsApp bisa terindikasi spam.

Misalnya, mengirim pesan dalam jumlah banyak sekaligus ke nomor yang tidak dikenal, menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi, atau menerima banyak laporan spam dari pengguna lain.

Lantas, bagaimana cara mengatasi WhatsApp kena spam? Nggak perlu khawatir, Popbela sudah sajikan ulasannya di bawah ini.

Penyebab WhatsApp kena spam

unsplash.com/Amanz

Ada beberapa faktor mengapa akun WhatsApp bisa ditandai sebagai spam, sehingga tidak bisa diakses, di antaranya:

  1. Penggunaan aplikasi modifikasi tidak resmi seperti GB WhatsApp, WhatsApp Delta, dan Mod WhatsApp.
  2. Adanya aktivitas mencurigakan di dalam grup. Misalnya, mengirim pesan yang berlebihan atau konten yang tidak pantas seperti pornografi atau konten sadis (pembunuhan, kekerasan, penyiksaan).
  3. Mengirim pesan berantai atau spam ke banyak kontak sekaligus dalam satu waktu (broadcast message). Hal ini dinilai sebagai spam dan melanggar kebijakan penggunaan WhatsApp.
  4. Pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan WhatsApp, seperti menyebarluaskan konten ilegal, membuat akun palsu, penipuan, dan membuat terlalu banyak grup.
  5. Diblokir oleh terlalu banyak orang pada saat yang bersamaan sehingga sistem WhatsApp pun mencurigainya sebagai spam.
  6. Membagikan konten yang mengancam di antara orang-orang secara luas.
  7. Mengirimkan tautan phishing dan malware melalui file apk.
  8. Meniru orang lain dengan membuat akun palsu.
  9. Bergabung grup WhatsApp dengan pengguna yang tidak dikenal dan mencurigakan. Hal ini meningkatkan risiko terkena spam dan sering digunakan spammer untuk menyebarkan pesan spam ke banyak orang sekaligus.
  10.  Memasukkan nomor telepon ke situs web yang mencurigakan atau tidak terpercaya. Hal ini dapat membuat datamu bocor dan diretas oleh spammer.

Cara mengatasi WhatsApp kena spam

Ciri WhatsApp terkena spam adalah munculnya pop-up pesan "Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam". Ini menandakan bahwa nomor WhatsApp telah diblokir sementara atau permanen dari penggunaan layanan tersebut.

Tapi tenang, Popbela sudah merangkum 6 cara mengatasi WhatsApp kena spam. Simak lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Memperbarui WhatsApp

Gizchina.com

Untuk menghindari WhatsApp kena spam, kamu perlu rutin melakukan pembaharuan. Langkah ini bisa meningkatkan stabilitas, meningkatkan keamanan, dan menambahkan fitur-fitur baru.

Saat melakukan pembaruan, biasanya WhatsApp akan menghentikan dan menghapus kesalahan di aplikasi versi lama, seperti akun tidak diizinkan untuk menggunakan WhatsApp.

2. Uninstall aplikasi ilegal

Dok. Malavida

Demi menunjang pengalaman pemakai, beberapa pengembang telah merilis versi modifikasi WhatsApp. Biasanya versi ini rilis dalam bentuk aplikasi dan dilengkapi dengan fitur tambahan yakni meliputi perubahan tema, warna, font, dan ikon aplikasi sesuai dengan selera pengguna.

Sayangnya, versi modifikasi ini tidak disahkan oleh pengembang aslinya dan dapat membahayakan keamanan dan privasi perangkat. Hal inilah yang membuat sistem resmi WhatsApp melihat versi modifikasi ini sebagai ancaman.

Maka dari itu disarankan untuk meng-uninstall aplikasi semacam itu serta menggunakan WhatsApp resmi yang tersedia di App Store maupun Play Store.

3. Membuka WhatsApp Web

Dok. WhatsApp

Cara mengatasi WhatsApp kena spam kamu bisa beralih ke WhatsApp web di komputer atau laptop. Jika pesan tidak dapat dibuka, ini pertanda kalau WhatsApp-mu diblokir sementara atau diblokir secara permanen.

Bila ini terjadi, maka tunggulah selama beberapa hari sampai WhatsApp kembali pulih dan pesan dapat dilihat.

4. Unduh ulang WhatsApp

unsplash.com/Dimitri Karastelev

Mengunduh ulang bisa jadi solusi apabila WhatsApp kena spam. Cara ini cukup solutif apabila akun WhatsApp tidak dapat digunakan. 

Langkah ini mengizinkan pengguna untuk menghapus semua data aplikasi lalu menghapus installan WhatsApp. Kamu bisa melakukan metode ini dengan meng-uninstall lalu mengunduh kembali WhatsApp.

5. Hapus cache WhatsApp

Guidingtech.com

Langkah satu ini cukup praktis untuk memperbaiki berbagai masalah WhatsApp. Cache yang menumpuk perlu dihapus karena menyebabkan masalah kinerja. Menghapus cache berfungsi untuk mengatur ulang dan menghilangkan potensi eror.  

6. Menghubungi WhatsApp

pexels.com/Anton

Apabila WhatsApp kena spam, pengguna perlu membuat laporan kepada WhatsApp. Caranya mudah, kamu bisa langsung klik menu "Minta Tinjauan" atau "Ajukan Peninjauan" yang tertera pada layar bagian bawah di akun WhatsApp yang terblokir.

Jelaskan masalah yang dialami WhatsApp-mu sedetail mungkin. Kamu bisa menulisnya dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, misalnya seperti:

"Akun WhatsApp ini dengan nomor 081234567890 tidak melakukan pelanggaran kebijakan penggunaan WhatsApp. Saya hanya mengirim pesan ke teman dan keluarga untuk memberitahu nomor baru saya, tetapi sistem mengindikasi spam. Saya tidak tahu bahwa harus hati-hati saat mengirim pesan menggunakan nomor baru. Mohon kembalikan akun tersebut seperti sedia kala. Terima kasih."

Alternatif lainnya, kamu juga bisa membuat laporan melalui whatsapp.com/contact. Pastikan tidak mengirimnya berulang-ulang supaya tidak terindikasi spam, ya.

Setelah membuat laporan, pihak WhatsApp akan melakukan peninjauan terhadap aktivitas yang terjadi di akun WhatsApp-mu. Ini bisa memakan waktu 24 jam, namun juga bisa lebih cepat. Nantinya, kamu akan menerima notifikasi saat pemeriksaan oleh WhatsApp sudah selesai, kok.

Untuk mencegah akun terblokir lagi karena spam, disarankan untuk tidak langsung log in, ya. Tunggulah beberapa jam untuk meminimalisir indikasi spam yang terjadi di akun WhatsApp kamu.

Tips mencegah akun WhatsApp kena spam

unsplash.com/Christian Wiediger

Cara mengatasi WhatsApp yang terblokir kerena spam tidak sulit, kan? Supaya kejadian tersebut tidak terulang lagi, pastikan untuk lebih berhati-hati dan terapkan tips berikut:

  • Jangan mengklik tautan yang mencurigakan dari orang yang tidak dikenal atau tidak dipercaya.
  • Bergabung dengan grup WhatsApp yang kamu kenal dan percayai‌.
  • Jangan membagikan nomor telepon ke situs web atau layanan yang tidak terpercaya.‌
  • Laporkan ke WhatsApp apabila agar dapat ditindaklanjuti.
  • Gunakan aplikasi WhatsApp resmi yang diunduh dari Google Play Store atau App Store.

WhatsApp kena spam memang meresahkan. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa solusi yang praktis dan mudah. Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Bela.

IDN Channels

Latest from Working Life