Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Bahaya Hipotermia dan Cara Mengatasinya

Jangan panik ya!

Emillia Wardhani

Kabar heboh datang dari media sosial mengenai seorang perempuan yang menaiki Gunung Rinjani dan mengalami hipotermia atau kedinginan. Namun yang menjadi membat hal ini menjai viral adalah karena cara penyelematan yang tidak lazim yaitu disetubuhi oleh rekan pendaki laki-laki yang katanya bertujuan agar suhu tubuh perempuan tersebut tetap hangat dan nyawanya terselamatkan.

Sebenarnya menurut Mapala Universitas Indonesia, Adi Seno Sosromulyono mengatakan bahwa salah satu cara mengatasi hipotermia bisa dengan skin to skin namun tidak disetubuhi melainkan dengan dipeluk dan mengganti pakaiannya agar lebih hangat. Untuk mengetahuhi lebih lanjut kira-kira bahaya dari hipotermia dan cara mengatasinya seperti apa ya? Simak dibawah dibawah ini ya!

1. Merasakan mati rasa

Healthline.com

Ketika terserang hiportemia, tubuh seseorang akan mengalami mati rasa dan menyebabkan warna kulit pucat dan hitam. Biasanya hal ini terjadi pada kaki sebab jaringan tubuh mengalami pembusukan akibat aliran darah yang berhenti. Dingin yang terlalu lama juga bisa bikin tubuh beku dan jalan terbaiknya adalah amputasi.

2. Pembuluh darah rusak

ATL.com

Hipotermia menyebabkan pembuluh darah bisa pecah sehingga bisa memicu virus untuk masuk lebih banyak dan memperburuk keadaan tubuh. Misalnya terjadi komplikasi seperti lumpuh.

3. Terserang amnesia

Thelocalswenden.com

Seseorang terkena hipotermia akan terganggu dengan daya ingat berupa kerusakan otak dan mudah lupa dengan peristiwa yang baru saja terjadi.

4. Gangguan pernapasan

Themuse.com

Penderita akan bernapas lebih cepat, jika hal ini berlanjut maka ia akan mengalami hiperventilasi dan berakhir pada ketidakseimbangan oksigen dan karbon dioksida.

5. Masalah jantung

Moneyandmentalhealth.org

Salah satu organ vital yang mudah dan cepat terkna adalah jantung. Kekurangan oksigen bisa menyebabkan otot jantung mengalami iskemi dan rusak pada jantung.

6. Kejang hingga koma

Theladders.com

Selain menderita amnesia, seseorang bisa menjadi kejang, penurunan kesadaran, sehingga koma.

7. Kematian

SBS.com

Dampak paling buruk dari hipotermia adalah kematian sebab ketika penderita suhu tubuhnya sangat rendah, maka organ tubuh akan berhenti bekerja.

Cara mengatasi hipotermia

Ketika kamu bertemu dengan orang yang mengalami hipotermia, langkah pertama adalah kamu harus pindahkan seseorang tersebut ke tempat lebih kering dan hangat. Harus hati-hati ya. Jika pakaiannya basah, cepat ganti dengan pakaian yang kering. Kemudian tutupi tubuhnya dengan selimut tebal, kamu juga bisa menambahkan mantel. 

Jika ia sadar, berikan minuman hangat dan manis lalu kompres dengan handuk hangat di area leher dan dada. Hindari air panas, bantal pemanas, atau lampu yang memanas, sebab hal itu dapat merusak detak jantung. Tunggu sampai bantuan medis tiba ya!

IDN Channels

Latest from Health