Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Tips Merawat Rambut Balayage yang Bisa Kamu Terapkan 

Mudah untuk diterapkan, kok, Bela!

Aulia Fitria

Balayage menjadi salah satu tren mewarnai rambut yang tengah populer dan banyak diadaptasi oleh para perempuan untuk tampil kian memukau. Tidak berhenti sampai di sana, teknik mewarnai rambut yang satu ini juga bisa memberi kesan yang kalem pada rambutmu.

Sebab, teknik balayage ini menciptakan highlight yang tampak menyatu dengan warna rambut naturalmu sehingga penampilanmu juga tidak terkesan berlebihan. Sama seperti rambut berwarna lainnya, kamu juga perlu merawat rambut balayage agar rambutmu tidak rusak dan warnanya tidak pudar. Lantas, bagaimana cara merawat rambut balayage yang bisa kamu terapkan?

1. Hindari terlalu sering keramas

freepik.com/tonefotografia

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah hindari keramas terlalu sering, karena hal ini berpengaruh terhadap perubahan warna rambutmu yang sudah diwarnai. Kamu bisa keramas tiga kali dalam satu minggu agar warna rambutmu tetap terjaga. 

Di samping itu, hindari keramas menggunakan air panas, melansir dari Byrdie, air panas dapat membuka kutikula rambut dan melepaskan molekul warna dengan cepat. Alih-alih keramas dengan air panas, kamu bisa keramas dengan air hangat atau air dengan suhu yang normal.

2. Gunakan shampo khusus

freepik.com

Selanjutnya, saat keramas kamu bisa memilih shampo yang diformulasikan khusus untuk pemilik rambut berwarna. Shampo ini biasanya memiliki kandungan khusus yang bisa menjaga warna rambutmu agar tidak pudar. Di samping itu, shampo khusus rambut berwarna juga memiliki kegunaan lain.

Lantas, apa saja kegunaan lain shampo yang diformulasikan untuk rambut berwarna? Shampo ini dipercaya bisa mencegah rambut dari kekeringan, shampo ini juga bisa membuat rambut kamu tampak berkilau, terakhir shampo tersebut juga bisa menjaga keseimbangan pH rambutmu.

3. Hindari paparan panas berlebih

freepik.com/jcomp

Saat rambut kamu tengah di balayage sebaiknya hindari paparan panas berlebih. Seperti yang kamu ketahui kalau panas itu bisa memengaruhi warna rambutmu, begitu pula dengan panas yang berasal dari matahari. Oleh karena itu, hindari menghabiskan waktu berlama-lama di bawah panas matahari.

Di samping itu, alat styling rambut seperti hair curler bersifat panas dan alat tersebut bisa merusak rambutmu yang baru diwarnai. Oleh karena itu usahakan untuk tidak menggunakan alat styling rambut selama 48 jam setelah rambutmu diwarnai. Kemudian, ketika kamu ingin menggunakan alat tersebut, gunakanlah heat protector untuk rambutmu. 

4. Gunakan masker rambut

sishair.com

Masker rambut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan keindahan rambut. Kandungan pelembap yang ada di dalamnya membuat rambut menjadi terhidrasi. Di samping itu, masker rambut juga bisa membuat rambut tampak halus sehingga mudah untuk ditata. 

Lalu, apabila kamu memiliki masalah rambut yang lain seperti rambut rontok, maka tak ada salahnya untuk mulai mengaplikasikan masker rambut satu hingga dua kali dalam seminggu, tergantung jenis dan kondisi rambutmu saat itu.

5. Beri rambut hidrasi tambahan

pexels.com/Jill Burrow

Selain menggunakan masker rambut, kamu bisa memberi rambut hidrasi tambahan seperti mengaplikasikan serum dan minyak rambut yang berfungsi melembapkan rambutmu. Langkah ini dilakukan agar rambut bebas rusak serta mengurangi rambut yang rapuh. Di samping itu, produk tersebut juga bisa membantu mempertahankan warna rambut dan memberi kilau rambut.

TOPIC

    IDN Channels

    Latest from Hair