Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Fakta Keluarga Freya 'JKT48', Keturunan Kerajaan dari Sang Ayah

Freya sudah mendapatkan gelar di namanya

Adinda Tasya Mutiara

JKT48 menjadi salah satu grup idola asal Indonesia yang berhasil melahirkan banyak perempuan muda berbakat melalui karya musiknya. Kali ini, salah satu anggota dari grup tersebut, Freya JKT48, tengah mencuri perhatian para penggemar dengan sebuah fakta menarik mengenai sang keluarga.

Pemilik nama asli Raden Roro Freyanashifa Jayawardana ini ternyata memiliki garis keturunan kerajaan dari Sri Sultan Hamengkubuwono II. Hal ini diungkap langsung oleh Freya saat menjadi bintang tamu di PodHub Close The Door. Alhasil, banyak penggemar yang penasaran dan mencari tahu latar belakang keluarga Freya tersebut.

Nah, berikut Popbela telah merangkum beberapa fakta keluarga Freya JKT48. Apa saja? Yuk, intip selengkapnya di bawah ini!

1. Keturunan Padang dan Palembang

TikTok/lovitausman_09

Freya 'JKT48' merupakan perempuan kelahiran 13 Februari 2006 dari pasangan suami-istri yang romantis, yakni Yani Lovita Usman asal Padang dan Daniel Oktaviani Jayawardana asal Palembang. 

Diketahui, Freya adalah anak perempuan pertama dan memiliki dua adik laki-laki dengan jarak umur yang cukup jauh. Mereka bertiga dibesarkan di Samarinda lantaran harus mengikuti sang ayah untuk dinas bekerja.

"Mama aku orang Padang, papa aku Palembang sananya lagi, ketemunya di Lampung. Nikahnya di Jakarta, anaknya dibesarkan di Samarinda," jelas Freya.

2. Miliki darah biru dari keluarga sang ayah

Instagram.com/jkt48.freya

Mengejutkannya, Freya ternyata merupakan keturunan Sri Sultan Hamengkubuwono II. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Freya dengan menjelaskan kalau dirinya benar memiliki keturunan dara biru dari garis keluarga besar sang ayah. Gelar Raden Roro pun berhasil disematkan di nama Freya tepat di usia 17 tahun, meskipun terlambat.

“Sebenarnya sekarang sudah sih, jadi kalau di KTP sudah ada gelarnya,” ucapnya.

3. Pernah belajar kehidupan kesultanan

Instagram.com/jkt48.freya

Freya 'JKT48' juga mengaku mendapat banyak pengetahuan tentang kehidupan kesultanan dari sang nenek. Sebelumnya Freya memang tidak mengetahui banyak tentang Kesultanan Jogja lantaran dibesarkan di Samarinda oleh kedua orangtuanya.

“Nenek yang cerita kalau aku pulang kampung. Nanti diceritain kayak kalau misalnya datang ke acara kerajaan gitu, jalannya harus jalan jongkok, sering diceritain kaya gitu," katanya.

Di sisi lain, Freya pun merasa sangat menyukai segala cerita yang diutarakan sang nenek mengenai latar belakang keluarga besarnya itu karena berhubungan dengan sejarah. Sayangnya, Freya hanya mendapatkan informasi tersebut saat sedang pulang kampung sajal

4. Orangtua yang mendukung pendidikan dan karier

Instagram.com/jkt48.freya

Menjadi seorang anggota JKT48 merupakan pencapaian terbahagia yang bisa Freya dapatkan. Hal ini tak luput dari dukungan kedua orangtuanya, yakni Yani Lovita dan Daniel Oktaviani, yang selalu memberikan semangat untuk menjadi seorang public figure

Ternyata, orangtua Freya juga sangat mendukung di bidang pendidikan, lho. Freya yang sangat menyukai Jepang itu pun disetujui untuk menempuh pendidikan perguruan tinggi di sana dengan mengambil jurusan Sastra Jepang.

“Papa Mama justru dukung kalau emang kamu bisa kuliah di luar negeri kenapa nggak," ungkapnya.

5. Ibunya suka main media sosial

TikTok/lovitausman_09

Yani Lovita merupakan seorang ibu yang cukup aktif bermain media sosial. Lewat berbagai platform, ibunda Freya itu suka mengunggah beberapa foto dan video kebersamaan dengan suami dan ketiga anaknya. Bahkan, ibunda Freya juga mendapatkan sekitar ribuan pengikut di akun TikTok-nya.

Itulah kelima fakta mengenai keluarga Freya 'JKT48'. Adakah informasi terbaru yang kamu dapatkan, Bela?

IDN Channels

Latest from Single