Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Romantis Adalah Unjuk Rasa Cinta, Ini 9 Ciri Sikapnya dalam Hubungan

Menurutmu, pasanganmu romantis nggak, nih?

Astri Amalia

Mendengar kata “romantis,” apa yang pertama kali muncul di dalam benakmu, Bela? Besar kemungkinan kamu langsung mengartikannya dengan sebuah sikap penuh rasa cinta dari seseorang kepada pasangannya. Pokoknya ketika seseorang melakukan hal yang bikin pasangannya merasa dicintai, itu sudah pasti romantis, deh!

Yes, benar sekali. Romantis adalah sesuatu hal yang berkaitan dengan rasa cinta, atau sebuah gestur, pikiran, maupun perasaan yang ditunjukkan pada orang lain yang didasari oleh rasa cinta. Maka dari itu, sebuah hubungan yang didasarkan dengan rasa cinta kasih disebut sebagai hubungan romantis.

Tapi, sebuah hubungan romantis bisa jadi terasa nggak romantis apabila pasanganmu nggak menunjukkan gestur keromantisannya padamu.

Memangnya, apa saja, sih ciri sikap romantis pasangan?

Berikut Popbela berikan jawabannya untukmu.

1. Memberimu hadiah

Pexels.com/Antoni Shkraba

Yang pertama, sikap romantis terlihat ketika pasanganmu memberimu hadiah atau hal lain yang bikin kamu bahagia. Mungkin itu sesuatu yang kamu inginkan dari lama, atau tiba-tiba membelikanmu buket bunga favorit.

Meski dia nggak memberimu barang mewah sekalipun, namun usahanya ini menunjukkan bahwa dia bukan saja sosok laki-laki yang romantis, tapi juga begitu menyayangi dan memedulikanmu.

2. Mendengarkanmu secara aktif

Pexels.com/August de Richelieu

Saat kamu tengah bercerita dan pasanganmu mau mendengarkanmu dengan saksama tanpa adanya interupsi atau memberikan sebuah solusi, ini sebenarnya sebuah gestur romantis yang mungkin jarang kamu sadari. Ini menyiratkan kalau pasanganmu paham bahwa kamu butuh seseorang untuk mendengarkan keluh kesahmu tanpa berniat untuk menyela pembicaraan, maupun mendengar untuk merespons.

3. Memberimu pelukan hangat

unsplash.com/Priscilla Du Preez

Sentuhan fisik seperti memberikan sebuah pelukan hangat sudah pasti termasuk ke dalam salah satu sikap romantis dalam hubungan. Terlebih ketika pasangan memelukmu, tubuhmu akan melepaskan hormon oxytocin alias hormon cinta yang memberimu perasaan nyaman, aman, serta rileks.

Pelukan juga memiliki beberapa manfaat dalam hubungan, di antaranya meningkatkan rasa percaya antar pasangan, serta memperkuat ikatan dalam hubungan. Apabila dilihat dari sisi kesehatan, pelukan ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan level stres.

4. Meluangkan waktu berkualitas bersama

Freepik.com/freepik

Ketika pasanganmu selalu meluangkan waktu berkualitas bersama, entah dengan mengajakmu pergi jalan-jalan ke mall, nonton bioskop di akhir pekan, atau menemani keinginanmu untuk pergi ke suatu tempat, nyatanya ini termasuk ke dalam sikap romantis. Sebab, dia melakukan ini tentunya dengan maksud menunjukkan rasa cintanya, atau ingin membuatmu merasa dicintai dan diperhatikan.

5. Memberikan kata-kata penegasan

unsplash.com/Edward Cisneros

Selanjutnya, sikap romantis adalah ketika pasanganmu bisa memberikan memberikan afirmasi atau kata-kata penegasan yang membuatmu merasa diperhatikan dan disayangi.

Seperti memberimu kalimat menenangkan di saat kamu tengah merasa cemas, atau memberikan kalimat dukungan di kala kamu merasa insecure. Ini adalah caranya dalam menunjukkan perasaan cinta, perhatian, serta kasih sayangnya untukmu.

6. Mengucapkan “I love you” setiap hari

Pexels/ cottonbro studios

Nah, hal ini tentunya sangat mudah dipahami sebagai sikap romantis oleh sebagian besar perempuan, mungkin termasuk juga dengan kamu.

Bagaimana tidak? Seseorang yang selalu menegaskan bahwa dia mencintaimu sangat menjelaskan kalau dia punya perasaan cinta dan kasih sayang yang besar untukmu.

Apalagi, perempuan kerap kali ingin mendengarkan kalimat semacam ini berulang kali dari pasangannya untuk benar-benar merasa dicintai. Betul nggak, Bela?

7. Mengirimkan pesan teks yang penuh cinta

Pexels.com/Karolina Kaboompics

Pasangan yang punya sikap romantis adalah dia yang suka mengirimkan pesan teks penuh cinta, setuju?

Misalnya, sesederhana menggunakan emotikon yang menegaskan rasa cinta padamu, tidak terlihat ‘dingin’ ketika chat sama kamu, hingga mengirimkan pesan betapa bahagianya dia karena memilikimu sebagai pacarnya.

8. Menjadi pendukung nomor satu untukmu

Freepik.com/freepik

Apabila pasanganmu menjadi pendukung nomor 1 untukmu, ini juga termasuk gestur romantis lainnya. Entah kamu akan menghadapi ujian, wawancara kerja, atau hal lain yang membutuhkan dukungannya, dia selalu menjadi orang terdepan dalam memberikannya padamu.

Dia juga kerap berusaha memberimu keyakinan bahwa kamu mampu melalui hal sulit yang tengah kamu hadapi.

9. Berusaha hadir ketika kamu membutuhkannya

unsplash.com/Jonathan Borba

Apakah pasanganmu selalu berusaha hadir saat kamu membutuhkannya? Jika iya, tandanya dia telah menunjukkan sikap yang romantis, Bela.

Karena dia memperlihatkan usahanya supaya kamu merasa diperhatikan dengan menemanimu.

Bayangkan saja, pasanganmu mungkin sedang sibuk dengan urusannya, tapi mengetahui kamu sangat membutuhkan kehadirannya, dia gercep datang untukmu. Kurang romantis apalagi coba, kan?

Itulah pengertian dari romantis serta beberapa ciri sikapnya yang ditunjukkan pasangan dalam hubungan. Apa sikap paling romantis yang dilakukan pasangan menurut versi kamu nih, Bela?

IDN Channels

Latest from Dating