Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Alasan Wanita Takut Menikah, Kamu Salah Satunya?

Katanya, "marriage is scary!"

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Menikah adalah salah satu keputusan besar dalam hidup yang melibatkan komitmen jangka panjang. Namun, tak sedikit perempuan yang merasa takut atau ragu untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Ada banyak faktor yang memengaruhi ketakutan ini, mulai dari pengalaman pribadi hingga pengaruh sosial.

Terlebih lagi, semakin banyak tren "marriage is scary" yang bertebaran di media sosial untuk membagikan kekhawatiran mereka tentang kehidupan rumah tangga. Lantas, apa sebenarnya alasan wanita takut menikah? Yuk, simak ulasannya.

1. Takut kehilangan kebebasan

Pexels.com/Vlada Karpovich

Alasan wanita takut menikah bisa terjadi karena takut pula kehilangan kebebasan. Menikah sering kali diartikan sebagai perubahan gaya hidup yang signifikan, ketika ada tanggung jawab lebih besar terhadap pasangan dan keluarga. Tak sedikit perempuan merasa khawatir bahwa pernikahan akan membatasi ruang gerak mereka, termasuk dalam hal karier, hobi, atau waktu pribadi.

2. Trauma dengan hubungan masa lalu

Pexels.com/cottonbro studio

Pengalaman buruk dalam hubungan sebelumnya, seperti perselingkuhan, kekerasan emosional, atau pengkhianatan, bisa menjadi alasan perempuan takut menikah. Hal ini biasanya didasari oleh rasa tidak percaya bahwa hubungan baru akan lebih baik atau berbeda dari yang sebelumnya.

3. Kekhawatiran tentang komitmen jangka panjang

Pexels.com/Alex Green

Pernikahan adalah komitmen yang diharapkan berlangsung seumur hidup. Banyak perempuan mungkin merasa takut akan tanggung jawab besar ini. Ada ketakutan apakah mereka dan pasangannya bisa saling setia, mendukung, dan menjaga hubungan tetap harmonis dalam jangka panjang.

4. Tekanan dan ekspektasi sosial

Pexels.com/Mental Health America (MHA)

Tekanan dari keluarga, teman, atau bahkan media sering kali membuat perempuan merasa terbebani dengan harapan, dan inilah alasan mereka takut menikah. Perempuan diharapkan untuk memiliki peran ideal sebagai istri dan ibu. Ekspektasi ini bisa menimbulkan kecemasan, karena banyak kaum perempuan merasa belum siap atau tidak mampu memenuhi standar tersebut.

5. Masalah finansial

Pexels.com/Karolina Kaboompics

Finansial sering menjadi sumber kekhawatiran dalam pernikahan. Beberapa perempuan takut menikah dengan alasan merasa belum stabil secara ekonomi atau takut terbebani oleh tanggung jawab finansial setelah menikah. Masalah ini bisa menjadi parah karena ketidakjelasan pembagian tanggung jawab keuangan antara suami dan istri.

6. Takut dengan perceraian

Pexels.com/Mikhail Nilov

Statistik perceraian yang tinggi menjadi salah satu alasan perempuan takut menikah. Mereka khawatir bahwa pernikahan yang dijalin dengan susah payah bisa berakhir dengan perceraian, yang tentu membawa dampak emosional, sosial, dan finansial yang besar.

7. Ragu dengan pasangan

Pexels.com/RDNE Stock project

Rasa ragu terhadap pasangan, baik itu karena perbedaan visi hidup, karakter, atau gaya hidup, dapat menjadi alasan perempuan takut menikah. Rasa tidak yakin apakah pasangan mereka adalah orang yang tepat juga menjadi alasan ketakutan mereka untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius.

8. Takut mengalami perubahan fisik dan emosional

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Pernikahan tidak hanya mengubah kehidupan sehari-hari, tapi juga dapat memengaruhi aspek fisik dan emosional. Perempuan yang khawatir akan perubahan dalam tubuh, emosi, atau bahkan dinamika hubungan dengan pasangan sering kali membuat mereka takut menikah

9. Takut kehilangan jati diri

Pexels.com/Engin Akyurt

Salah satu alasan perempuan takut menikah adalah khawatir bahwa pernikahan akan membuat mereka kehilangan jati diri. Peran sebagai istri atau ibu bisa terasa mendominasi, sehingga membuat mereka kehilangan diri sendiri yang sebelumnya bebas. Ketakutan ini sering muncul pada perempuan yang sangat mandiri dan mengutamakan pencapaian pribadi mereka.

10. Budaya patriarki yang masih kuat

Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Kepala Pusat Studi Wanita Universitas Gadjah Mada (UGM), Widya Nayati, menyatakan bahwa salah satu alasan mengapa perempuan takut menikah adalah karena masih banyak laki-laki yang belum sepenuhnya memahami konsep kesetaraan gender.

Meski kesetaraan gender kini sering menjadi topik yang dibahas dan diperjuangkan, menurutnya, banyak lelaki masih cenderung terjebak dalam zona nyaman dengan pola pikir yang masih konservatif. Inilah yang menyebabkan pasangan suami istri sering mengalami kurangnya komunikasi yang efektif dan ketidaksepahaman dalam menjalani rumah tangga.

Itulah berbagai macam alasan wanita takut menikah. Maka dari itu, pentingnya untuk bersikap selektif serta komitmen dan komunikasi terbuka. Pernikahan tidak akan menyeramkan jika bersama orang yang tepat!

IDN Channels

Latest from Married