Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

8 Cara Mengubah HTS Jadi Pacar, Nggak Pakai Ribet!

Jangan mau kelamaan terjebak dalam hubungan tanpa status!

Astri Amalia

Di zaman sekarang, cukup banyak orang yang terjebak dalam hubungan tanpa status alias HTS. Pacaran, sih nggak, tapi kalau disebut hanya berteman, sepertinya terlampau mesra, deh. Bingung, kan?

Tapi, kok bisa, ya banyak yang terjebak dalam hubungan seperti ini?

Ternyata, hal ini disebabkan karena seseorang sangat menginginkan kedekatan dengan lawan jenis, tapi merasa belum siap dengan komitmen.

Apabila hal ini terjadi padamu, tentunya ini bisa sangat merugikanmu, Bela. Coba kamu bayangkan, dengan tidak adanya status, orang yang menjadi HTS-an kamu nggak mempunyai tanggung jawab untuk menjaga hatimu. Dia bisa saja pergi sesuka hati kalau dirasa sudah tidak cocok denganmu.

Nah, supaya kamu bisa mengubah HTS jadi pacar, simak 8 caranya berikut ini ya, Bela. Keep scrolling!

1. Ungkapkan perasaanmu padanya

Pexels.com/Shvets Production

Cara mengubah HTS jadi pacar yang pertama adalah dengan mengungkapkan perasaaanmu padanya. Yes, komunikasi adalah kunci bagi kesuksesan setiap hubungan, terlebih dalam hubungan pacaran, Bela. Kalau kamu nggak memberi tahu dia tentang perasaanmu, ada kemungkinan dia bakal tetap merasa ‘nyaman’ dalam hubungan tanpa status ini.

Kendati cukup rentan untuk mengatakan bahwa kamu menyukainya, namun tanpa adanya tindakan ini, akan sulit untuk mengubah status hubunganmu tersebut.

2. Bertemu dengannya lebih sering

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Supaya kamu dan dia resmi berpacaran, maka cobalah untuk bertemu dengannya lebih sering. Sebab, koneksi yang sesungguhnya hanya bisa dirasakan jika kamu banyak menghabiskan waktu bersamanya. Sesekali, ajak dia untuk pergi bertemu dan menghabiskan waktu berdua denganmu. Oh, iya gunakan kesempatan tersebut untuk ngobrol lebih banyak dari hati ke hati dengannya juga, ya.

3. Jadilah pendukungnya

Pexels.com/Artem Podrez

Kalau kamu mau mengubah HTS jadi pacar, kamu perlu menjadi pendukung nomor satunya. Jadilah orang yang mendukung segala hal yang berdampak positif bagi kehidupannya. Misalnya dari segi pekerjaan, pendidikan, ataupun pengembangan diri.

Dengan menunjukkan dukungan, ini akan membuat dia semakin yakin untuk memiliki hubungan romantis yang ‘berstatus,’ bukannya hanya bertahan dalam hubungan yang tidak jelas ke mana arahnya.

4. Coba bangun koneksi emosional dengannya

Freepik.com/freepik

Membangun koneksi emosional dengan HTS-an kamu itu amatlah penting. Sebab, adanya keterhubungan emosional merupakan kunci sukses dalam hubungan romantis.

Lalu, bagaimana, sih cara untuk memulainya?

Kamu bisa mulai dengan menunjukkan empati padanya. Contohnya, ketika ia sedang bercerita, dengarkanlah ia secara saksama. Hindari untuk menghakimi ataupun memberi solusi kalau tidak diminta. Coba juga untuk menempatkan dirimu seolah-olah berada di dalam posisinya. Ini dapat membangun kepercayaan di antara kamu dan dia.

5. Tanyakan intensinya di dalam hubungan

Pexels/ cottonbro studios

Mengubah HTS menjadi pacar juga akan cukup sulit kalau kamu nggak mau menanyakan intensinya dalam hubungan. Sadari kalau kamu membutuhkan kepastian dan nggak mau ‘digantung’ dalam hubungan yang nggak jelas statusnya.

Memang, sih, akan ada saja kemungkinan jawaban bahwa dia sebenarnya belum siap untuk berpacaran atau berkomitmen dalam hubungan. Tapi, kalau pembicaraan ini nggak dimulai, ingatlah bahwa pihak yang paling dirugikan biasanya adalah perempuan, Bela, mengingat perempuan cenderung didominasi oleh perasaan, bukanlah logika seperti halnya laki-laki.

6. Hindari untuk mengejarnya

Freepik.com/katemangostar

Yup, kalau mau hubungan tanpa statusmu itu berubah menjadi berpacaran, maka kamu perlu mengindari untuk mengejarnya.

Lho, kok begitu?

Sebab, laki-laki pada dasarnya tidak suka dikejar, ia memilih untuk mengejar perempuan yang memang dirasa sesuai untuknya. Mengejar laki-laki bukan hanya dapat menurunkan harga dirimu, tetapi menghabiskan banyak energi.

Mengejar di sini meliputi menghubunginya di setiap waktu, atau selalu menginisiasi acara kencan.

Eits, bukan berarti kamu nggak boleh mengajaknya berkencan sama sekali ya, Bela, akan tetapi jangan melakukannya setiap saat. Karena, nantinya kamu malah terlihat sangat putus asa di matanya, dan rentan membuat dia mempermainkanmu.

7. Kurangi intensitas bertukar pesan teks

Freepik.com/tirachardz

Mengubah HTS jadi pacar juga bisa dilakukan dengan mengurangi intensitas chatting alias bertukar pesan teks. Karena, chatting-an akan menciptakan rasa kedekatan yang palsu, tidak seperti saat kamu dan dia berbicara dengan tatap muka secara langsung.

Konselor hubungan di MyTherapist New York, Tzlil Hertzberg, berkata, "Dalam pesan teks, Anda bisa diabaikan, nada bicara jadi hilang, dan alur serta waktu percakapan bisa berkurang."

Tzlil lalu menambahkan bahwa seseorang yang mau punya hubungan romantis yang sebenarnya, perlu menghabiskan waktu bersama, "Selain itu, memasuki hubungan yang sebenarnya berarti menghabiskan lebih banyak waktu bersama. Jadi, persiapkan diri sejak awal." 

8. Tetapkan batasan

freepik.com/benzoix

Terakhir, kamu harus menetapkan batasan dengan HTS-an kamu itu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, selain menanyakan intensi, cobalah untuk tidak selalu tersedia untuknya. Contoh penetapan batasan yang sederhana, seperti saat kamu telah mempunyai rencana, jangan pernah membatalkan rencanamu hanya karena ingin bertemu dengannya.

Kalau kamu terus-terusan mengiyakan permintaannya untuk bertemu sampai mengorbankan rencanamu, ataupun bertemu karena ajakannya yang mendadak dan memaksa, maka kamu hanya akan memberinya sinyal kalau kamu memiliki batasan yang longgar dan sangat mudah untuk ia atur sesukanya.

Nah, itulah 8 cara mengubah HTS jadi pacar. Gimana, kamu siap untuk mencobanya, Bela?

IDN Channels

Latest from Dating